Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 29 April 2019 / Redaksi

Moms, Ini 6 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, ibu hamil memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan penuh nutrisi. Tak hanya dari sayuran, tetapi juga buah-buahan segar. Nah, Indonesia yang merupakan negara tropis terkenal memiliki banyak buah-buahan yang punya manfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk buat ibu hamil. Salah satunya adalah buah manggis.

Buah manggis yang memiliki kulit berwarna ungu gelap dan tebal tersebut memang memiliki bentuk buah yang tidak terlalu besar di bagian dalam. Bahkan, bijinya bisa lebih besar dibandingkan daging dari buah tersebut. Namun,  rasanya yang masam dan manis menyegarkan ini nyatanya memiliki beragam nutrisi, di antaranya vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, kalsium, kalium, natrium, fosfor, zinc, tembaga, karbohidrat, protein, dan serat.

Banyaknya kandungan di dalam buah manggis ini pun akan memberikan manfaat berlimpah untuk Moms dan perkembangan janin. Berikut beberapa manfaat manggis untuk ibu hamil.



 

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh ibu hamil biasanya mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh karena adanya perubahan hormon, sehingga lebih mudah terserang penyakit. Jika mengonsumsi obat sembarangan, maka bisa berdampak buruk pada perkembangan janin dalam kandungan.

Mengonsumsi buah manggis yang mengandung vitamin C tinggi serta xanthones bisa menjadi solusi. Sistem kekebalan tubuh atau imunitas Anda pun bisa meningkat secara optimal. Selain itu, buah manggis juga mampu menstimulasi produksi dan fungsi leukosit serta membantu melawan radikal bebas yang berbahaya.

 

2. Meredakan Sembelit

Masalah yang paling sering dialami seorang ibu hamil adalah terjadi gangguan pencernaan, yaitu sembelit atau kesulitan buang air besar (BAB). Selain dipengaruhi oleh perubahan hormon, rahim yang membesar hingga mampu menekan usus juga menjadi penyebab lainnya.

Kandungan serat dalam buah manggis sebanyak 3,7 gram, yang menjadi salah satu buah dengan kadar serat cukup tinggi. Karenanya, menikmati buah manggis sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi sembelit saat hamil.

 

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Perut yang semakin membesar seiring pertumbuhan janin membuat kulit di sekitarnya menjadi merenggang. Akhirnya, muncullah stretchmark yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat Anda tidak percaya diri.



Dengan mengonsumsi buah manggis, kulit Anda bisa lebih lentur. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalamnya dapat menjadi solusi meredekan stretchmark. Kandungan antioksidan di dalamnya pun mampu mengurangi jerawat dan menjaga kesehatan kulit Anda selama masa kehamilan.

 

4. Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Kesehatan janin yang terus berkembang perlu Moms jaga. Sebab, kesalahan kecil bisa meningkatkan risiko cacat lahir pada janin, seperti bibir sumbing dan down syndrome. Buah manggis yang kaya akan folat sangat membantu mengurangi risiko tersebut dan bayi lahir sehat.

Kandungan asam folat dalam buah manggis sebesar 31 mg, yang ada dalam setiap 100 gram daging manggis yang dikonsumsi. Jumlah ini sama dengan 8 persen dari kebutuhan folat yang dianjurkan setiap harinya. Sehingga mampu mencukupi kebutuhan asam folat dalam tubuh bumil.

 

5. Pembentukan Tulang pada Janin Optimal

Jika Anda cukup banyak mengonsumsi buah manggis, maka pembentukan tulang rawan dan sistem rangka pada janin menjadi lebih maksimal. Hal ini dikarenakan kandungan mineral, seperti mangan, tembaga, dan magnesium yang cukup tinggi di dalam buah manggis. Memiliki sifat anti-inflamasi, buah manggis dapat membantu mengatasi linu pada panggul yang biasa dirasakan saat masa kehamilan. Selain itu, usahakan untuk tidak terlalu lama saat duduk atau berdiri agar tidak terlalu cepat lelah.

 

6. Menjaga Irama Jantung

Manfaat lain yang bisa didapatkan juga ketika Anda mengonsumsi buah manggis adalah dapat menjaga irama dan detak jantung ibu hamil. Sebab, sistem tekanan darah akan diperbaiki oleh nutrisi yang didapatkan. Dengan mengonsumsinya secara rutin dan teratur, tentu memberikan dampak positif pada kehamilan Anda. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Lebih Nyaman pada Masa Kehamilan dengan Totok Aura

Ini Aktivitas yang Dilakukan Janin dalam Sehari

Tips dari Ahli untuk Mengatasi Masalah Kehamilan (3)

OTHER ARTICLES

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut Bayi Anda

5 Gaya Hidup Sehat yang Semakin Dilupakan Orang-Orang

Saat Penghasilan Istri Lebih Besar Ketimbang Suami

Saat Bayi Anda Menyusu Tiada Henti, Mesti Bagaimana?

Kram Kaki saat Hamil? Ini Tips untuk Mengatasinya