Mother&Baby Indonesia
Lebih Nyaman pada Masa Kehamilan dengan Totok Aura

Lebih Nyaman pada Masa Kehamilan dengan Totok Aura

Jangan biarkan morning sickness, mood swing, dan kekhawatiran akan perubahan bentuk tubuh membuat Anda tak bisa 'menikmati' masa kehamilan, Moms. Yuk, coba totok aura guna menghalau semua itu.


Metode Totok Aura

Perlu diketahui, totok tidak sama dengan pijat lho, Moms. Pada dasarnya, prinsip totok mirip dengan akupuntur, yaitu menstimulasi titik-titik yang ada di sepanjang meridian tubuh. Hanya saja totok tidak menggunakan jarum seperti halnya akupuntur, melainkan ujung jari-jemari tangan sembari mengalirkan energi pada tubuh.



Aliran tersebut bersifat hangat sehingga bisa masuk ke peredaran darah dan bisa menghancurkan lemak. Alhasil, darah pun dapat mengalir dengan lebih lancar.

Tak sedikit wanita yang mengira, totok hanya bisa dilakukan saat tidak dalam keadaan hamil.  Itu salah Moms, totok aura juga bisa ditujukan kepada para ibu yang tengah mengandung.

Totok aura bisa membantu Anda meredakan stres. Perawatan ini bukan sekadar membuat Moms semakin 'ringan' menjalani masa kehamilan, tapi juga memberikan manfaat bagi kecantikan fisik Anda.

Menurut Salma Dian Priharjati, pemilik gerai perawatan Dian Kenanga, totok aura merupakan suatu metode terapi yang menggabungkan ilmu atau tenaga prana (bioenergi) dengan teknik pemijatan. Dengan menggunakan media bioenergi, prana dialirkan melalui teknik penekanan jari pada titik-titik acupressure yang ada di tubuh Anda.

Totok aura akan dilakukan pada titik-titik yang akan menyeimbangkan yin dan yang. Saat Anda ditotok, setidaknya ada 14 jalan meridian dan terdapat ribuan titik yang berhubungan langsung dengan organ utama tubuh, seperti jantung, paru-paru, dan lambung.

Jika totok aura dilakukan secara rutin, kondisi ideal fungsi organ tubuh akan tercapai. Keadaan ideal ini akan mengantarkan Anda pada level aura atau energi dinamis yang menjadikan Anda sehat. Sementara itu, fase relaksasi akan membuat emosi Anda lebih stabil sehingga lebih nyaman selama masa kehamilan.




Membuat Hamil Lebih Mudah

Jenis totok aura biasanya disesuaikan dengan usia kehamilan. Pada trisemester pertama masa kehamilan, totok aura wajah bisa Anda lakukan satu kali dalam seminggu. Untuk wanita hamil, tentu saja dilakukan beberapa penyesuaian dalam pijatan totok aura.

Yang paling utama adalah pengurangan tenaga dalam penekanan saat menotok dan perhatian khusus pada titik-titik tertentu. Misalnya, titik yang bermuara pada lambung untuk membantu Anda lebih mudah saat makan. Dengan begitu, masalah gizi karena morning sickness yang berlebihan akan teratasi.

Totok aura juga akan memperlancar peredaran darah sehingga lingkar hitam pada mata dan produksi minyak berlebihan pada kulit wajah bisa diatasi. Sebagai catatan, kedua masalah tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil.

Saat memasuki trisemester kedua, disarankan Anda melakukan totok aura getar syaraf. Ada beberapa titik, yaitu pada organ jantung, limpa, perut, getah bening, dan pinggul yang akan dimaksimalkan fungsinya.

Keadaan ideal fungsi-fungsi organ tersebut akan membuat asupan oksigen optimal, sirkulasi darah menjadi lebih lancar, dan daya serap nutrisi lebih baik. Efeknya, tubuh akan lebih fit.

Memasuki trisemester terakhir, Anda bisa mencoba totok aura payudara. Pemijatan pada beberapa titik yang ada di sekitar payudara akan membantu memperlancar dan memaksimalkan produksi ASI.

Disarankan, Moms kembali menjalani perawatan totok aura payudara setelah melahirkan. Pijatan pada payudara akan memperbaiki penampilan fisik, menjaga kekencangan, dan kekenyalan payudara seperti sebelum Anda hamil. 

Last but not least, tidak semua salon atau klinik perawatan menyediakan jasa totok aura, khususnya untuk ibu hamil. Di kawasan jabodetabek, salah satu penyedia jasa totok yang cukup terkenal adalah Dian Kenanga. Salon perawatan tubuh ini memiliki empat cabang, yaitu di Kemang, Pejaten, Depok, dan Bintaro. Selamat mencoba, Moms! (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: totok,   totok aura,   hamil,   kehamilan,   ibu hamil








Cover Maret 2020