Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 26 April 2019 / Redaksi

Ini Aktivitas yang Dilakukan Janin dalam Sehari

Moms, penasaran enggak, apa saja sih yang dilakukan janin selama sehari penuh di dalam perut Anda? Intip kegiatannya dari pagi sampai malam hari, yuk!


Pukul 07.00

Kebanyakan calon ibu pertama kali merasakan adanya gerakan janin kira-kira pada minggu ke-18 kehamilan. Dan sejak saat itu, kemungkinan besar Anda akan terbangun setiap pagi karena tendangan yang Anda rasakan pada tulang rusuk Anda.



Faktanya, pada minggu ke-30 kehamilan, janin Anda sudah punya aktivitas rutin untuk membangunkan Anda dengan tendangannya pada waktu yang kurang lebih sama setiap paginya lho, Moms.

Anda akan lebih merasakan gerakan janin menendang atau berguling saat Anda sedang berbaring tenang, karena saat Anda bergerak dan beraktivitas ke sana kemari, ia malah tidur. Benar, gerakan tubuh Anda yang sibuk justru cenderung membuatnya tertidur. Jadi, sapalah janin Anda setiap pagi sebelum Anda memulai hari dan beraktivitas ya, Moms.


Pukul 10.00

Waktu bangun, janin Anda akan sangat aktif atau diam dan tenang. Pada bulan ke-5 kehamilan, semua indra janin sudah berkembang. Ia akan tenang saat melihat sekelilingnya dan mendengar suara-suara dari luar rahim yang dapat membuatnya nyaman, seperti cahaya hangat yang masuk menembus rahim atau irama detak jantung Anda yang konstan.

Janin Anda sangat aktif saat ia mulai melatih otot-otot kecilnya. Ia akan bergerak jungkir balik di dalam cairan ketuban atau meregangkan kedua tangan dan kakinya. Pada usia kehamilan 18 minggu, ia sudah bisa mengisap ibu jarinya dan bermain-main dengan tali pusatnya yang panjang. Jadi, ada banyak kesibukan yang dapat dilakukan janin pada jam ini, Moms.


Pukul 12.00

Anda merasa selalu lapar pada jam ini? Memang sudah saatnya Anda menyantap makan siang yang lezat dan sehat, serta membaginya dengan Si Kecil di dalam perut Anda. Saat kehamilan menginjak usia 4 bulan, plasenta Anda sudah berfungsi secara penuh dan dapat memberi suplai makanan yang dibutuhkan oleh janin. Di usia tersebut, janin juga sudah bisa mengenal rasa makanan lho, Moms. Itu yang membuatnya merespons setiap makanan yang Anda berikan untuknya.




Pukul 15.00

Pada pertengahan masa kehamilan, janin sudah dapat merasakan ketika Anda meletakkan tangan di perut. Maka cobalah mengusap perut Anda dan rasakan sendiri responsnya. Awalnya mungkin ia hanya akan membalas usapan Anda dengan satu tendangan kecil yang samar-samar Anda rasakan. Namun pada trimester 3, Anda sudah bisa menjalin suatu bentuk komunikasi dengan janin, melalui gerakan mengusap dari Anda dan menendang darinya.


Pukul 19.00

Menutup hari dengan mandi air hangat setelah seharian beraktivitas, pasti sangat nyaman. Uniknya, janin pun ikut merasa nyaman dan senang ketika Moms berendam. Kebanyakan janin menjadi sangat aktif saat ibunya berendam, mungkin karena mereka menikmati kehangatan air yang membuatnya nyaman, atau karena hormon yang diproduksi tubuh Anda saat merasa bahagia dan rileks. Santailah dan berbaringlah dengan tenang, lihat perubahan yang terjadi pada perut Anda saat janin bergerak di dalamnya.


Pukul 22.00

Waktunya tidur. Beberapa tendangan di daerah tulang rusuk Anda mungkin adalah hal terakhir yang ingin Anda rasakan sebelum Anda memejamkan mata setelah melalui hari yang melelahkan. Janin Anda mungkin akan tidur setelah Anda tertidur, tetapi pada trimester 3, biasanya ia akan bangun setelah 20-80 menit tertidur dan kembali melancarkan tendangan-tendangan kecilnya di perut Anda. Jadi, siap-siap terbangun juga ya, Moms! (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Waspada Cacar Air saat Hamil, Moms!

Tips dari Ahli untuk Mengatasi Masalah Kehamilan (2)

Ketahui 5 Ciri Flek Tanda Kehamilan, Moms!

OTHER ARTICLES

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Ini Alasan Balita Terobsesi dan Suka Hal yang Sama

Lakukan Ini untuk Membangun Percaya Diri Bayi Anda!

Mengenal 4 Tipe Bayi, Manakah Tipe Si Kecil, Moms?

Yang Perlu Diperhatikan saat Balita Ikut Lomba 17-an