Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 24 April 2019 / Redaksi

Tips dari Ahli untuk Mengatasi Masalah Kehamilan (2)

Kehamilan, apalagi jika ini yang pertama kalinya untuk Anda, tentu merupakan hal baru yang sangat menyenangkan. Tapi di samping itu, kehamilan juga membawa banyak perubahan bagi kondisi fisik dan emosi Anda. Bahkan, ada banyak problem umum yang juga mesti Anda hadapi, Moms.

Bila Anda tidak tahu cara mengatasinya, bisa jadi sepanjang sembilan bulan Anda akan kebingungan dengan segala rasa tidak nyaman yang Anda rasakan. Simak tips berikut ini dari Sue Jacob, Toni Barber, dan Amanda Gwynne Long, ketiganya adalah bidan ahli yang terlatih menangani ratusan ibu selama masa kehamilan hingga proses persalinan.




1. Kram

Biasanya kram terjadi pada malam hari. Kram pada perut bagian bawah dan kaki adalah hal biasa karena otot menyesuaikan membawa beban berat. Waspadai perubahan temperatur yang ekstrem. Jika Anda merasa kedinginan, kenakanlah kaus kaki dan selimut. Kram berpotensi kambuh saat Anda kedinginan, jadi tetap jaga bagian kaki Anda selalu hangat.


2. Marah dan Menangis

Anda bisa saja mengalami hal ini: entah ingin marah, menangis, atau bahkan keduanya. Ini semua berkaitan dengan hormon, jadi Anda tidak perlu khawatir. Jangan malu untuk mencurahkan perasaan Anda pada orang-orang terdekat.

Dengan begitu, suami, ibu, adik, atau sahabat dapat membantu Anda melalui masa-masa tersebut. Katakan pada mereka apa yang dirasakan, kemudian perlakukan diri Anda dengan istimewa, misalnya, dengan makan cokelat, ke salon atau apa pun yang membuat hati Anda gembira.


3. Tidak Siap Jadi Ibu

Bisa saja Anda diliputi perasaan belum siap untuk menjadi ibu karena memang dibutuhkan segudang keberanian untuk melangkah masuk ke dalamnya. Untungnya, Anda masih punya waktu banyak selama sembilan bulan untuk bersiap-siap. Caranya, dengan melakukan trial and error setelah Si Kecil lahir. Sebab, tidak ada ibu yang sempurna, dan yang penting lakukan segalanya dengan sebaik mungkin.




4. Ketakutan dan Pikiran Negatif

Pikiran bahwa persalinan adalah proses yang menyakitkan dan menakutkan, dapat membuat Anda menggigil saat memikirkannya. Belajar melakukan hipnoterapi menjadi salah satu solusi, Moms. Sebab, metode ini dapat membantu mengusir perasaan dan pikiran buruk. Anda juga bisa ikut kelas senam hamil agar bisa berkenalan dengan ibu lain dan saling sharing pengalaman selama hamil untuk mengurangi rasa takut tersebut.


5. Lelah

Bekerja giat dan keras selama hamil memang dapat menguras tenaga Anda. Tubuh pun akan terasa lebih cepat lelah selama kehamilan. Untuk mengatasinya, istirahatlah di waktu istirahat kantor. Jika perlu, tanyakan pada atasan Anda, apakah sewaktu-waktu Anda dapat pulang lebih awal jika kondisi tubuh terasa sangat lelah.


6. Susah Tidur

Anda mulai mengalami malam yang panjang karena susah tidur dan tentu saja ini bukan hal yang menyenangkan. Berbagai posisi seakan salah dan seolah-olah Anda terbangun setiap lima menit sekali.

Untuk mengatasinya, berbaring miring dengan bantal mengganjal perut Anda dan bantal lain di antara lutut Anda. Coba bubuhkan beberapa tetes minyak lavender di bantal Anda untuk membangkitkan rasa kantuk dan membuat tidur Anda lebih pulas.


7. Buang Air Kecil

Sering buang air kecil adalah salah satu tanda Anda sedang mengandung. Ketika posisi kepala bayi mulai menekan kandung kemih, maka Anda akan lebih sering lagi buang air kecil. Namun, Anda tetap dianjurkan minum seperti biasa. Namun jika sudah tidak tahan rasa ingin buang air kecil, segera ke toilet, meskipun dalam perjalanan. Coba goyangkan perlahan-lahan pinggul Anda sehingga kandung kemih akan betul-betul kosong. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Ketahui 5 Ciri Flek Tanda Kehamilan, Moms!

Tips dari Ahli untuk Mengatasi Masalah Kehamilan (1)

Kenapa Ibu Hamil suka Ngidam? Ini Penjelasannya

OTHER ARTICLES

Yuk, Kenali Tahapan Perkembangan Emosi Anak, Moms!

Apa yang Harus Dilakukan saat ASI Tak Keluar?

Milia, Bintik Putih pada Wajah Bayi, Bahaya atau Tidak?

Mengenal Seluk-Beluk Surrogate Mother

Waspadai 5 Penyakit yang Sering Menyerang Anak Sekolah