Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 23 April 2019 / Redaksi

Ketahui 5 Ciri Flek Tanda Kehamilan, Moms!

Saat mengetahui diri Anda sedang mengandung, Moms pasti berusaha menjaga kesehatan diri sendiri dan Si Kecil di dalam perut sebaik mungkin. Sayangnya, tidak semua wanita langsung sadar kalau dirinya sedang hamil muda. Beberapa minggu pertama kehamilan memang belum banyak memberikan perubahan pada diri Anda, dan belum banyak menimbulkan tanda-tanda khas kehamilan, seperti mual, pusing, atau ngidam

Wanita yang baru hamil juga biasanya tidak sadar kalau dirinya sedang hamil, karena awal kehamilan sering menimbulkan flek darah yang mirip dengan tanda awal menstruasi. Bagi beberapa calon ibu, membedakan flek tanda kehamilan (implantasi) dengan flek menstruasi memang sulit.

Flek tanda hamil memang salah satu ciri awal kehamilan yang sering membuat calon ibu bingung. Apakah Anda salah satunya? Nah, cari tahu ciri-ciri flek tanda kehamilan dan perbedaannya dengan menstruasi, yuk!




Tidak Sering Terjadi

Tanda awal kehamilan pada setiap wanita berbeda-beda. Menurut survei American Pregnancy Association (APA), beberapa tanda awal kehamilan yang paling sering terjadi adalah:

• 29% terlambat menstruasi

• 25% mual dan pusing

• 17% perubahan pada payudara

Lalu bagaimana dengan flek? Ternyata flek merupakan tanda awal kehamilan yang lebih jarang terjadi, dibanding tiga tanda di atas, Moms. Menurut APA, hanya 3% wanita yang mengalami flek sebagai tanda kehamilan.


Kapan Flek Terjadi?

Ketika ibu hamil mengalami flek, ini adalah hal normal yang disebabkan oleh pendarahan karena implantasi (bertemunya sel telur dengan sel sperma). Embrio biasanya ‘tertanam’ di rahim pada 6 hingga 12 hari setelah konsepsi atau pembuahan. Nah, saat itulah flek sering terjadi, dan sering juga disertai rasa kram pada perut bagian bawah.

Namun, flek juga bisa terjadi beberapa hari sebelum menstruasi, dan itulah yang membuat para wanita bingung membedakan flek tanda kehamilan dengan tanda menstruasi. Pada wanita yang fleknya muncul berdekatan (atau saat) menstruasi, maka tak heran jika flek tersebut dikira darah menstruasi.

Tidak semua wanita hamil mengalami flek di awal kehamilan. Jika Anda salah satunya, tenang! Karena flek tidak menandakan kondisi kehamilan Anda sehat atau tidak.


Ciri-Ciri Flek Tanda Kehamilan

Ada beberapa hal yang membedakan flek tanda kehamilan dengan tanda menstruasi, yaitu:

1. Warna flek lebih gelap

Sekilas mungkin mirip, namun jika diperhatikan lebih jelas maka Anda akan melihat perbedaan warna pada flek tanda hamil dan awal menstruasi. Warna darah flek kehamilan bisa lebih merah muda atau bahkan lebih gelap dari warna darah menstruasi pada umumnya.



2. Darahnya lebih sedikit

Ditinjau dari segi volume, flek tanda kehamilan jauh lebih sedikit dibandingkan menstruasi. Jika Anda membutuhkan pembalut untuk menampung darah menstruasi, tidak begitu dengan flek tanda kehamilan (yang mungkin hanya membutuhkan sebuah pantyliner).

3. Waktunya lebih singkat

Biasanya menstruasi berlangsung selama 4-7 hari, atau bahkan lebih pada beberapa wanita. Tidak begitu pada flek tanda kehamilan, yang hanya berlangsung paling lama 3 hari, dan bisa berakhir dalam hitungan jam saja, Moms.

4. Disertai kram

Seperti yang telah disebutkan APA, flek tanda kehamilan biasanya disertai dengan rasa nyeri atau kram pada perut bagian bawah. Jika Anda merasakan ini, jangan panik karena ini normal terjadi. Ketika flek menghilang, maka kram perut juga akan ikut hilang.

5. Disertai tanda kehamilan

Tak hanya kram perut, flek tanda kehamilan juga biasanya akan disertai dengan munculnya tanda-tanda kehamilan lainnya. Beberapa tanda kehamilan yang umum terjadi di awal kehamilan adalah:

• Mual,

• Pusing,

• Mudah lelah,

• Payudara sensitif,

• Moody,

• Suhu basal tubuh meningkat.

Agar lebih yakin kalau flek yang Anda alami memang tanda awal kehamilan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan ya, Moms. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Ingin Kandungan Kuat? Moms Perlu Konsumsi Makanan Ini

Kenapa Ibu Hamil suka Ngidam? Ini Penjelasannya

Waspada! Ibu Hamil juga Rentan Terserang TBC

OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019