Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Bumil Makan Daging Kambing? Ini Penjelasannya

Bolehkah Bumil Makan Daging Kambing? Ini Penjelasannya

Banyaknya informasi yang beredar seputar makanan bagi ibu hamil sering membuat Anda menjadi cemas untuk ikut mengonsumsinya saat hamil, karena berkaitan dengan kondisi kesehatan Anda dan janin. Salah satunya adalah daging kambing.

Daging kambing memang jadi makanan kegemaran bagi banyak orang, termasuk mungkin untuk Moms dan keluarga. Namun jika Anda tengah hamil, bisa jadi akan muncul banyak pertanyaan di benak Anda, seperti “Bolehkah saya mengonsumsi daging kambing? Akankah ada efek samping buat kehamilan?”

Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak penjelasan dari M&B berikut ini ya, Moms.




Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Jika kebetulan daging kambing merupakan makanan favorit Anda, tak perlu merasa khawatir untuk mengonsumsinya saat Anda tengah hamil, Moms. Hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa daging kambing bisa berisiko pada kehamilan, misalnya memicu keguguran.

Sebaliknya, ada sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi daging kambing dalam porsi wajar. Tapi, ingat, cukup sewajarnya ya, Moms. Ini manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Kaya zat besi

Daging kambing kaya akan zat besi yang sangat penting untuk menjaga kadar hemoglobin dalam darah. Zat ini berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan pembentukan sel darah merah. Dengan mengonsumsi makanan ini, maka Moms bisa terhindari dari risiko anemia.

2. Sumber protein

Daging kambing juga merupakan sumber protein yang baik. Asupan protein yang cukup tentunya sangat dibutuhkan selama masa kehamilan untuk membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

3. Tinggi zinc

Kandungan zinc yang tinggi pada daging kambing akan bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh janin dan memastikan pertumbuhannya selalu sehat.

4. Vitamin melimpah



Daging kambing juga kaya akan vitamin B kompleks, termasuk vitamin B12, nutrisi yang esensial dalam pembentukan sistem saraf yang sehat, sel darah merah, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Yang Harus Diperhatikan

Seperti telah disebutkan di atas, mengonsumsi daging kambing mendatangkan banyak manfaat untuk Anda, meskipun Anda sedang hamil, Moms.

Meskipun begitu, Anda juga mesti memerhatikan porsi daging kambing yang akan disantap. Ingat, jangan menyantapnya terlalu berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, kan.

Moms mungkin sudah tahu kalau daging kambing tinggi kalori dan kolesterol. Karena itu, jangan berlebihan menyantapnya agar kolesterol dan tekanan darah Anda tidak melambung tinggi setelah itu untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan saat ingin mengonsumsi daging kambing, Moms. Ini dia:

• Pastikan daging kambing diolah dan dimasak hingga matang sempurna untuk menghindari masih adanya bakteri berbahaya yang ada di dalamnya. Daging yang masih mentah atau belum matang sempurna berisiko mengandung parasit toksoplasmosis hingga salmonela.

• Hindari memasak daging kambing dengan cara digoreng atau dibakar sebelum diolah menjadi masakan lain karena akan menambah kadar kalori dan lemak tidak jenuh yang terkandung di dalamnya.

• Untuk lebih aman, Moms bisa meminta daging kambing diolah menjadi sop atau tumis. Mengolah dengan cara ini tidak menambah kadar kalori dan lemak jenuh seperti menggoreng.

• Sertakan juga sayuran untuk dimakan bersama daging kambing yang Anda santap. Jangan lupa juga mengonsumsi buah-buahan untuk variasi dan tambahan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan Anda dan janin.

• Pastikan minum banyak air putih saat Anda makan daging kambing. Hal ini bermanfaat untuk menetralkan lemak dalam tubuh Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   makanan ibu hamil,   daging kambing