Home - Balita - Perawatan Balita / 8 April 2019 / Redaksi

Tips Mengatasi Kelilipan pada Balita

Kelilipan adalah hal yang paling sering kita alami saat beraktivitas di luar ruangan, khususnya saat angin datang menerpa dan membawa benda-benda kecil yang bisa masuk ke mata kita. Bila Anda kelilipan mungkin yang Anda lakukan adalah berkedip dan mencari cara agar benda itu keluar dari mata Anda dengan cepat.

Lalu bagaimana bila balita yang mengalami kelilipan saat ia beraktivitas di luar rumah? Bermain di ruang terbuka memang mengasyikkan. Tapi jangan lupa Moms, buah hati Anda jadi rentan kelilipan.

Meski tak menutup kemungkinan terjadi juga saat tengah berada di dalam ruangan, kelilipan adalah situasi ketika ada benda yang sangat kecil masuk ke dalam mata seperti debu. Efek kelilipan bisa beragam Moms, mulai dari mata merah, rasa tidak nyaman pada mata hingga nyeri.



Saat Si Kecil kelilipan, Moms biasanya dengan spontan meminta Si Kecil membuka matanya, lalu meniup matanya agar benda asing yang masuk ke dalam matanya dapat hilang. Padahal cara tersebut kurang efektif untuk mengeluarkan benda asing yang bersarang di mata Si Kecil.


Mengatasi kelilipan pada Balita

Lantas bagaimana menangani kelilipan pada balita? Berikut adalah tips yang bisa Moms lakukan kala Si Kecil kelilipan.

1. Segera cegah Si Kecil menggosok-gosokkan matanya karena bisa menyebabkan iritasi pada selaput atau kelopak mata, apalagi jika tangannya kotor.

2. Gunakan cotton bud atau kapas bersih yang sudah dibasahi air matang pada ujung mata anak Anda guna mengangkat debu dari matanya. Lakukan dari bagian mata sebelah dalam ke arah luar. Moms, jangan lupa mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh area mata.

3. Anda juga bisa membasuh mata Si Kecil dengan air bersih. Sebagai alternatif, Moms dapat menaruh air hangat ke dalam mangkuk atau wadah, dan meminta Si Kecil memasukkan matanya ke dalam air sambil mengedipkannya. Hal ini bertujuan agar benda yang masuk bisa keluar dari mata. Mengeluarkan benda asing di dalam mata juga bisa dilakukan dengan cara membuka bagian bawah kelopak mata secara perlahan dan dan lembut.

4. Teteskan obat mata pada mata yang kelilipan, dan biarkan partikel debu keluar secara alami. Pilih obat mata yang sesuai dengan usia Si Kecil ya, Moms.

5. Pantau terus keadaannya, Moms. Jika iritasi mata Si Kecil kian memburuk, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter.




Bila Mata Kelilipan atau Tepercik Bahan Kimia

1. Tahan mata yang terpapar bahan kimia dan biarkan terbuka.

2. Bilas mata dengan air mengalir dari pojok dalam ke arah luar dengan jarak 10 cm secara hati-hati.

3. Tutup kedua mata dengan kasa steril untuk melindungi dan mengurangi potensi pergerakan yang membahayakan.

4. Bila tidak juga membaik, segera hubungi rumah sakit terdekat.


Bila Mata Bengkak

1. Gunakan kompres dingin pada mata, tetapi jangan ditekan.

2. Apabila mata berdarah, terjadi gangguan penglihatan, atau mata terlalu sakit untuk digerakan, segera pergi dokter.

 

 


RELATED ARTICLE

Tips Tepat Merawat Mata Anak

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Atasi Bintitan Pada Si Kecil

OTHER ARTICLES

Moms, Ini Cara Membuat Anak Menjadi Si Happy Eater

Postnatal Anxiety, Takut Berlebih Ibu Baru pada Bayinya

Saat Anak Tidak Mau Lepas dari Ibunya, Mesti Bagaimana?

Manfaat Corat-Coret untuk Perkembangan Anak

Bagaimana Mengatasi Perbedaan Pandangan soal Anak?