Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 17 April 2019 / Redaksi

Kiat Lancar Menyusui dalam Perjalanan

Menjelang long weekend, Moms sudah punya rencana apa bersama keluarga? Bepergian ke luar kota mungkin bisa menjadi opsi. Namun bagi Moms yang memiliki bayi dan masih menyusui, diperlukan trik khusus agar nyaman di perjalanan.


Tips Lancar Menyusui dalam Perjalanan

Sudah menjadi tugas penting bagi seorang ibu untuk memenuhi kebutuhan ASI Si Kecil, tak terkecuali ketika sedang bepergian. Agar kegiatan menyusui tetap lancar, yuk simak tips berikut ini, Moms.



1. Pakai baju yang tepat

Untuk memudahkan, pakailah bra sekaligus pakaian yang didesain khusus untuk ibu menyusui atau baju berkancing depan. Jadi, kapan pun Si Kecil menginginkan ASI, Anda dapat membuka baju dengan mudah.

2. Siapkan perlengkapan menyusui

Untuk menyusui secara langsung di tempat umum, Anda membutuhkan apron (celemek menyusui) atau kain penutup. Selain itu, Anda juga membutuhkan pompa ASI, wadah penyimpan, tas pendingin, serta ice gel untuk persiapan memerah ASI. Jangan lupa siapkan bantal kecil, tisu pembersih, dan breast pad guna menjaga Anda dan Si Kecil tetap nyaman serta higienis.

3. Pilih tempat yang nyaman

Saat berhenti untuk beristirahat di rumah makan atau restoran, Anda mungkin bisa memilih tempat duduk yang agak pojok sehingga bisa lebih nyaman menyusui Si Kecil. Jika Anda bepergian menggunakan mobil pribadi, mungkin Anda bisa berhenti sejenak di tempat yang tenang dan tidak terlalu ramai. Pasang penahan sinar matahari (sunscreen) atau kain besar di kaca saat menyusui sehingga tidak membuat bayi Anda silau atau terkena panas berlebih.

4. Lakukan perah ASI

Sebelum pergi, Anda bisa memerah ASI dan menampungnya di dalam wadah khusus, lantas simpan dalam cooler bag. Dengan begitu, Anda bisa memberikan ASI perah tersebut melalui botol ketika bayi haus dan lapar.

5. Jaga nutrisi

Meski sedang bepergian, Anda tetap harus memerhatikan pola makan dan asupan gizi. Konsumsi makanan yang bergizi dan menyehatkan. Jangan lupa Moms, penuhi kebutuhan cairan tubuh. Jika tubuh Anda kurang cairan, produksi ASI bisa terhambat. Jika Anda biasa mengonsumsi suplemen penghasil ASI, maka Anda juga tak boleh melewatkannya.

6. Cari ruang khusus menyusui



Ke mana pun Anda pergi, sebaiknya segera cari tahu letak ruangan khusus untuk menyusui. Dengan begitu, Anda tahu harus kemana untuk menyusui Si Kecil dengan nyaman sebelum ia menangis kelaparan.

7. Atur akomodasi

Jika Moms dan keluarga menginap di hotel, pastikan hotel tersebut memiliki lemari es untuk menyimpan ASI perah. Sebelum memesan kamar, Anda bisa menghubungi pihak hotel agar kebutuhan Anda bisa difasilitasi oleh mereka.

8. Jangan lupa beristirahat

Menyusui merupakan kegiatan yang cukup menguras tenaga. Jika memungkinkan, Moms sebaiknya memanfaatkan waktu untuk beristirahat selama perjalanan.


Menyusui di Pesawat

Sesungguhnya persiapan untuk menyusui selama perjalanan di pesawat tidak terlalu berbeda dengan menggunakan mobil. Hanya saja, ada sejumlah peraturan yang harus dipatuhi saat Moms dan keluarga akan bepergian dengan pesawat, sehingga persiapannya juga harus lebih matang.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda akan menyusui selama perjalanan menggunakan pesawat:

1. Pastikan Anda membawa semua peralatan menyusui dan memerah ASI, seperti pompa ASI, tisu pembersih, dan tas pendingin. Masukkan semua peralatan tersebut dalam satu tas yang tidak terlalu besar sehingga Anda bisa memasukkannya ke dalam kompartemen di kabin pesawat.

2. Saat membeli tiket, Anda bisa mengontak langsung pihak maskapai penerbangan dan menjelaskan kondisi Anda. Tak jarang, pihak maskapai bersedia memberikan fasilitas khusus bagi Anda sehingga lebih mudah untuk memberi ASI kepada Si Kecil.

3. Jika Anda membawa ASI perah, informasikan kepada petugas keamanan bandara sehingga tidak perlu melalui pemeriksaan khusus.

4. Moms disarankan untuk menyusui Si Kecil saat lepas landas atau mendarat karena situasi tersebut cenderung membuat bayi merasa tidak nyaman. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Amankah Menyusui Sambil Tiduran? Ini Jawabannya, Moms

Tips Mencairkan ASI Beku yang Benar dan Aman untuk Bayi

Tips Mudah Memerah ASI dengan Tangan

OTHER ARTICLES

Awas Nyamuk Ganas! Ini 10 Fakta Japanese Encephalitis

Kenapa Area Puting Menghitam saat Hamil? Ini Jawabannya

Ini yang Diperiksa Dokter pada Bayi di Tahun Pertama

Mengenal Urtikaria, Penyakit Biduran pada Anak

Menu Sehat dan Praktis untuk Sahur