Mother&Baby Indonesia
Ini 5 Tips untuk Moms yang Mau Mengubah Karier

Ini 5 Tips untuk Moms yang Mau Mengubah Karier

Jabatan tinggi dan gaji besar, siapa yang tak menginginkannya? Dua hal itu sering membuat orang ‘terjebak’ menggeluti pekerjaan yang bertentangan dengan minat atau impiannya. Alih-alih bahagia, banyak orang yang justru tertekan.

Apakah Anda salah satunya, Moms? Jika ya, jangan putus asa! Belum terlambat bagi Anda untuk mengubah karier yang sesuai dengan minat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan profesi impian Anda.




1. Berpikir Positif

Melakukan perubahan karier pasti akan membuat Anda takut pada awalnya. Takut pendapatan tidak sesuai, takut gagal, dan banyak lagi ketakutan lainnya yang muncul di pikiran Anda. Namun itu adalah hal yang wajar dan mestinya tidak membuat Anda menyerah sebelum mencoba, Moms. Berpikirlah positif, jika Anda memiliki minat serta kemampuan di bidang yang dipilih, kesuksesan pasti akan mengikuti. Namun, tentu ada proses yang harus Anda jalani terlebih dahulu.


2. Penilaian Diri

Menilai diri sendiri sangat penting dilakukan jika Anda ingin mengubah karier. Pikirkan hal-hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman berkarier di tempat yang sekarang, lalu tuliskan hal positif dan negatifnya. Anda juga harus memikirkan pekerjaan yang diinginkan dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Setelah mengetahui kompetensi diri dan situasi kerja yang diinginkan, Anda akan lebih mudah untuk menemukan karier yang baru.




3. Memperkuat Motivasi

Mengubah karier bukan perkara mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan motivasi yang kuat untuk melakukannya. Selain dukungan dari orang-orang terdekat, Anda bisa mendapatkan motivasi tersebut dengan cara membaca buku atau mengikuti seminar pengembangan karier. Anda juga bisa berkonsultasi dengan career coach untuk meraih karier yang Anda impikan.


4. Terus Belajar

Untuk mengubah karier, Anda mungkin perlu sekolah lagi supaya memiliki bekal yang memadai. Hal itu dapat memakan waktu selama beberapa minggu, bulan, atau bahkan tahun. Tetapi tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Apalagi, itu dilakukan untuk mewujudukan karier yang Anda impikan, Moms.


5. Tentukan Tujuan

Tentukan tujuan yang ingin Anda capai dengan karier baru selain mengaktualisasikan diri. Misalnya, ingin bekerja lebih fleksibel agar memiliki waktu lebih banyak untuk keluarga, atau mendapat lingkungan kerja yang lebih bersahabat bagi seorang ibu. Setelah itu, Anda bisa mulai mencari karier baru yang sesuai.

Ketahuilah, perubahan jalur karier merupakan hal yang sangat wajar, hanya terkadang Anda memerlukan waktu lebih panjang untuk menemukan keinginan dan cita-cita sesungguhnya. Selamat berjuang, Moms! (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: karier,   profesi,   pekerjaan,   ibu,   wanita karier,   ibu bekerja,   karier ibu








Related Article