Home - Keluarga - Karier Ibu / 26 April 2019 / Redaksi

Mompreneur, Saatnya Moms Berbagi Kebaikan

Seorang ibu bukan hanya piawai mengatur urusan rumah tangga lho, tapi juga mampu menghasilkan uang sendiri. Bahkan saat ini sudah cukup banyak wanita Indonesia yang menyandang status mompreneur atau ibu pengusaha.

Banyak alasan yang membuat sejumlah ibu memutuskan untuk menjadi pengusaha, baik dalam skala kecil maupun besar, mulai dari ingin menambah penghasilan keluarga, mengisi waktu luang, hingga faktor ‘kepepet’ demi memenuhi kebutuhan primer sehari-hari.

Apa pun alasannya, AQUA-Danone memberikan dukungan penuh terhadap para ibu yang ingin menjadi pengusaha melalui program AHS (Aqua Home Service), yaitu penjualan air minum AQUA di rumah. Program ini merupakan bentuk komitmen Danone-AQUA untuk memberdayakan perempuan dengan cara menjadi model distributor mikro yang dapat membantu AQUA menyebarkan kebaikan sedekat mungkin dengan konsumennya.



“Kami merasa senang dan bangga bisa membantu bisnis ibu-ibu yang berasal dari seluruh Indonesia melalui program kami. Dengan menjadi anggota AHS atau ibu AHS, ibu rumah tangga dapat membantu keluarga mereka dengan memberikan penghasilan lebih,” ujar Vice President Sales Operation PT Tirta Investama (Danone-AQUA), Eva Lusiana, dalam acara bincang-bincang bertema “Mompreneur, dari Rumah menjadi Ibu Pengusaha Mandiri,” di Hotel Mulia (23/4).

Perlu diketahui, program AHS bukan sekadar membantu para ibu untuk mendapat penghasilan tambahan. Saat ini, Danone-AQUA juga mengajak para anggota AHS untuk ikut melestarikan alam dan lingkungan.

Secara rutin, Danone-AQUA mengadakan pelatihan soal pengelolaan limbah plastik kepada anggota AHS. Setelah itu, anggota AHS juga bisa menyebarkan ilmu mereka kepada warga sekitar. Jadi selain bagi diri sendiri, anggota AHS juga bisa berbagi kebaikan kepada masyarakat dan lingkungan.


Berkembang Pesat

Sebagai catatan, program AHS dimulai pada 2008 dengan hanya seribu outlet. Hingga 2018, AHS tercatat telah memiliki 7.300 outlet, salah satunya adalah Ibu Yetty. Wanita berusia 51 tahun ini adalah peserta AHS dari wilayah Depok. Ibu Yetty mengaku awalnya ia memulai bisnis menjual air minum isi ulang secara ‘asal-asalan’ guna mengisi waktu luang.

Lantas Danone-AQUA menyodorkan tawaran kepadanya untuk bergabung dengan program AHS. Ibu Yetty pun tak berpikir dua kali untuk menerima tawaran itu. “Setelah bergabung dengan AHS, usaha saya lebih terorganisasi. Pemasukan pun menjadi lebih besar,” ungkap Ibu Yetty.

Saat pertama kali bergabung dengan AHS pada Maret 2019, Ibu Yetty hanya memiliki 60 galon. Berselang sebulan, usahanya meningkat drastis dan sudah memiliki 500 galon. “Saya semakin termotivasi karena mendapat dukungan dari Danone-AQUA dalam berbagai bentuk, termasuk pelatihan hingga kunjungan ke pabrik,” ucap Ibu Yetty.




Tidak Lupa Tanggung Jawab

Sukses sebagai mompreneur, bukan berarti Ibu Yetty melupakan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga. Mengurus suami atau memasak untuk keluarga tetap menjadi prioritas utamanya.

“Sebagai anggota AHS, saya bisa lebih fleksibel dalam menjalankan bisnis. Membangun usaha di rumah, artinya saya bisa sambil mengerjakan tanggung jawab berumah tangga dan menghasilkan uang,” lanjutnya.

Tidak melupakan keluarga juga menjadi syarat bagi Maudy Koesnaedy dalam menjalankan pekerjaannya sebagai aktris sekaligus perancang busana. Agar semua kegiatan bisnisnya berjalan lancar, Maudy juga harus memastikan sistem pendukung di sekitarnya berjalan dengan baik.

“Komunikasi dengan suami, saudara, bahkan orang-orang yang bekerja di rumah, harus berjalan dengan baik. Mereka adalah orang-orang yang akan memastikan situasi di rumah tetap terkontrol ketika saya tidak ada,” jelas Maudy.

Wanita berparas cantik ini mengaku salut dengan para ibu yang memilih profesi sebagai pengusaha alias mompreneur melalui program AHS. Ia senang karena ibu-ibu ini mendapat dukungan kuat dari Danone-AQUA.

“Sangat baik bagi AQUA yang telah menyediakan peluang bagi ibu rumah tangga melalui program AHS untuk mendapatkan penghasilan dengan jam kerja yang sangat fleksibel,” ujarnya.

Last but not least, Maudy juga tak segan berbagi tips agar bisa menjadi mompreneur sukses, yaitu tahu memosisikan diri sebagai ibu sekaligus pengusaha, bijak dalam manajemen waktu, dan jangan lupa bersyukur. (Wieta Rachmatia/WS/Dok. AQUA-Danone)

 

 


RELATED ARTICLE

6 Ide Pekerjaan yang Bisa Moms Lakukan di Rumah

4 Tips agar Sukses Bekerja dalam Tim

5 Dampak Negatif Membawa Pulang Pekerjaan ke Rumah

OTHER ARTICLES

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

8 Rahasia Hidup Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar

Hal-Hal Memalukan yang Dialami saat Anda sedang Hamil

Hati-Hati! Orang Dewasa Juga Bisa Kena Cacar Air, Lho