Home - Keluarga - Karier Ibu / 17 April 2019 / Redaksi

4 Tips agar Sukses Bekerja dalam Tim

Selama menjalani karier, Anda kerap dituntut untuk dapat bekerja dalam situasi apa pun, termasuk bekerja di dalam sebuah tim. Jika sebelumnya Moms mungkin terbiasa untuk menyelesaikan tugas sendiri, kali ini Anda akan bekerja bersama sekelompok orang dengan karakter yang berbeda-beda. Nah, supaya bisa menjalin kerja sama tim dengan baik dan nyaman dalam tim, simak 4 tips berikut ini yuk, Moms.


1. Pahami Tujuan

Ketahui dengan jelas target yang akan dicapai bersama. Jika tujuannya jelas, akan mudah bagi Anda untuk mengikuti atau membuat alur kerja di dalam tim. Dengan demikian, pekerjaan dalam tim akan menjadi efektif. Bekerja dalam sebuah tim membutuhkan kesabaran dan kadang Anda perlu mengesampingkan keinginan pribadi, agar pekerjaan selesai dan tujuan bisa cepat tercapai.




2. Mengenal Tim

Bekerja dalam tim adalah sebuah tantangan baru. Dengan adanya pembagian tugas, setiap orang akan memiliki tanggung jawab masing-masing. Untuk itu, mulailah mengenal setiap anggota tim dengan baik. Selain itu, ketahui juga peran dan cara bekerja rekan Anda untuk memudahkan saat bekerja sama.




3. Minta Saran dan Masukan

Setiap orang pasti memiliki kelemahan dan kekuatan masing-masing. Oleh karena itu, di dalam sebuah tim, setiap anggota diharapkan dapat saling membantu dan melengkapi. Jika Anda membutuhkan bantuan, bicarakan apa yang ingin Anda sampaikan secara terbuka, jujur, dan saling menghargai.

Jangan ragu untuk meminta bantuan, dan jangan ragu juga untuk menanyakan hal yang belum Anda kuasai dengan baik. Daripada menanggung semua beban sendiri dan hasilnya justru menjelekkan nama tim, lebih baik bertanya sejak awal kan, Moms? Anda juga sebaiknya menggunakan metode komunkasi secara langsung untuk menghindari kesalahpahaman maupun konflik yang mungkin saja terjadi.


4. Menghabiskan Waktu Bersama

Pertemuan formal atau rapat biasanya dilakukan untuk brainstorming, melakukan evaluasi, dan mengetahui perkembangan pekerjaan masing-masing anggota tim. Selain itu, akan ada pertemuan tidak formal antar anggota tim, seperti makan siang bersama, karaoke, nobar atau nonton bareng, atau bahkan melakukan perjalanan ke luar kota yang menyenangkan di akhir pekan.

Coba ikut bergabung ke dalam kegiatan-kegiatan informal tersebut Moms, untuk mendekatkan diri Anda dan seluruh anggota tim serta bersosialisasi. Pertemuan terbuka seperti ini justru akan lebih efektif untuk meningkatkan solidaritas dan kekompakan lho, Moms. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Dapat Tawaran Kerja Baru, Ambil atau Tidak, Ya?

5 Profesi untuk Anda yang Ingin Berhenti Bekerja

5 Dampak Negatif Membawa Pulang Pekerjaan ke Rumah

OTHER ARTICLES

Cegah Alergi dengan Jaga Kebersihan Udara di Rumah

Tips Memilih dan Mengonsumsi Susu UHT yang Aman

Pentingnya Dongeng untuk Tumbuh Kembang Anak

Moms Perlu Tahu, Masalah Sendi pada Anak

Ini Alasan Bayi Baru Lahir Jangan Langsung Dimandikan