Home - Keluarga - Karier Ibu / 1 April 2019 / Redaksi

Dapat Tawaran Kerja Baru, Ambil atau Tidak, Ya?

Dilema, mungkin ini yang sering Anda rasakan ketika mendapat tawaran kerja baru yang lebih menarik. Padahal Anda sudah merasa nyaman dengan tempat kerja yang lama. Tak hanya dari sisi pekerjaan saja, tetapi juga lingkungan serta pendapatan yang diterima.

Sedangkan lingkungan kerja yang baru membutuhkan adaptasi dan juga berbagai pertimbangan yang perlu dipikirkan. Karenanya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika Anda mulai tergoda untuk mencoba pekerjaan baru yang ditawarkan.




1. Cari Informasi

Carilah informasi sebanyak mungkin soal pekerjaan baru yang ditawarkan. Banyak orang yang tergiur karena gaji yang ditawarkan lebih besar. Namun Anda perlu mempertimbangkan bagaimana tugas dan peran Anda di kantor baru nanti. Apakah sesuai dengan kepribadian dan minat Anda atau tidak. Anda bisa menanyakannya kepada orang yang lebih berpengalaman dalam pekerjaan tersebut.


2. Pikirkan Kebutuhan Anak dan Keluarga

Sebelum mengambil langkah untuk mencoba pekerjaan baru, pastikan masih ada waktu yang bisa Anda berikan untuk anak setiap harinya. Kalau pekerjaan tersebut dapat memforsir tenaga dan waktu Anda, kebutuhan anak bisa terabaikan. Hal ini dapat memicu konflik dalam keluarga, Moms.


3. Cek Lokasi

Perhatikan lokasi perusahaan yang ditawarkan. Apakah strategis atau tidak dengan kebutuhan Anda. Pastikan bahwa perusahaan tersebut punya akses jalan yang efisien dan tidak terlalu jauh dari rumah atau sekolah Si Kecil, agar memudahkan Anda untuk tetap mengontrol Si Kecil.




4. Minat Pendapat

Dukungan dari orang terdekat juga memengaruhi Anda dalam bekerja. Kita akan lebih semangat bila mendapat pekerjaan yang didukung orang-orang terdekat, terutama keluarga. Mintalah pendapat suami, anak-anak, ataupun orang tua Anda soal tawaran kerja yang Anda terima.


5. Bandingkan dan Cek Prioritas

Setelah mendapat berbagai informasi, masukan, dan juga bahan pertimbangan yang lain, buatlah perbandingan antara tempat kerja yang lama dengan yang baru ditawarkan. Perhatikan aspek positif dan negatifnya. Moms juga perlu menyusun prioritas utama yang dibutuhkan oleh Anda dan keluarga.


6. Ambil Keputusan

Jangan terlalu lama galau soal pekerjaan yang ditawarkan tersebut. Hal ini bisa membuat stres dan akan berpengaruh pada kualitas kerja Anda nantinya. Pertimbangkan dan putuskan segera mana yang terbaik untuk Moms dan keluarga.

Selamat mengambil keputusan ya, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

5 Profesi untuk Anda yang Ingin Berhenti Bekerja

5 Dampak Negatif Membawa Pulang Pekerjaan ke Rumah

5 Survival Tips untuk Commuter Moms

OTHER ARTICLES

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

8 Rahasia Hidup Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar

Hal-Hal Memalukan yang Dialami saat Anda sedang Hamil

Hati-Hati! Orang Dewasa Juga Bisa Kena Cacar Air, Lho