Mother&Baby Indonesia
11 Ide Menghabiskan Akhir Pekan dengan Anak

11 Ide Menghabiskan Akhir Pekan dengan Anak

Yeay, akhir pekan telah tiba. Moms, saatnya Anda melakukan berbagai hal yang menyenangkan di luar rutinitas bersama Si Kecil.

Akhir pekan kerap dimanfaatkan oleh orang tua untuk melepas kepenatan, sekaligus mempererat hubungan dengan sang buah hati. Namun, jika Anda belum memiliki ide menghabiskan akhir pekan bersama anak dengan cara apa, berikut adalah daftar kegiatan seru guna mengisi akhir pekan bersama Si Kecil. Mungkin salah satunya bisa menginspirasi Anda, Moms.




1. Kunjungi Teman dan Kerabat

Kunjungi teman atau kerabat yang memiliki anak seumuran dengan Si Kecil. Pertama, anak-anak bisa bermain bersama. Kedua, orang tua dapat bertukar kabar tanpa terganggu Si Kecil mengajak bermain. Tak ada salahnya, Moms membuat janji temu saat makan siang atau makan malam.


2. Hiking

Sesekali, rencanakan untuk bepergian ke tempat wisata alam dekat tempat Anda tinggal. Anda juga bisa mengikutsertakan Si Kecil jika ada program yang mengadakan semacam perkemahan Sabtu-Minggu. Akan menjadi kesempatan sangat baik bagi mereka untuk berbaur dengan anak-anak lain.


3. Belanja

Tidak ada salahnya, kegiatan ini dilakukan sebulan sekali bersama anak-anak. Harus diingat, Moms sebaiknya tetap patuh pada daftar belanjaan meski Si Kecil sibuk memasukkan barang ke troli. Yang penting, jangan sekali-sekali pergi ke pusat perbelanjaan tanpa daftar barang belanja, apalagi sekadar untuk membunuh waktu, karena bisa menghabiskan uang. Jika Anda mau melakukan itu, pergilah ke toko buku. Tidak pernah rugi untuk membeli buku.


4. Taman Bermain

Mampirlah ke taman kota atau tempat bermain di lingkungan dekat rumah. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu cara agar Si Kecil mau beranjak dari sofa. Anda juga bisa mengajak anak Anda bermain sepeda. Jangan lupa, ajari dia berkenalan dengan teman baru ya, Moms.


5. Ke Luar Kota

Tidak perlu jauh-jauh, kota terdekat dengan tempat tinggal Anda juga cukup kok, Moms. Ajak Si Kecil menjelajahi tempat baru sambil mengenal kehidupan serta makanan khas di kota itu.




6. Live Show

Jangan ragu untuk mengajak Si Kecil ke kebun binatang dan menonton live show di sana, seperti pertunjukan gajah, lumba-lumba, atau atraksi anjing laut.


7. Memasak Bersama

Lagi enggan ke luar rumah? Moms bisa ajak Si Kecil ke dapur dan mencoba resep-resep sederhana. Dia pasti senang jika Anda mengizinkannya ikut mengaduk adonan, mencetak kue, atau menempatkan topping kue. Tentu saja, alat dan bahan yang digunakan harus ramah dan aman untuk anak, Moms.


8. Berkreasi

Buatlah kerajinan tangan dengan Si Kecil. Membuat topeng, mengecat pot usang, atau sekadar melukis bersama tentu akan lebih seru jika dilakukan bersama. Biarkan ia melukis atau mewarnai sesuai keinginannya, dan lupakan sejenak soal kotor.


9. Menonton Film

Bersama-sama menonton film animasi di bioskop akan memberikan pengalaman berbeda bagi Si Kecil. Anda bisa saling bercerita tentang adegan lucu dalam film, dan tentunya mengambil pelajaran berharga dari kisah tersebut. Jika tak memungkinkan ke luar rumah, Anda bisa menggelar acara nonton bareng di rumah. Atur tempat duduk senyaman mungkin di depan tv, siapkan camilan sehat, dan pilih film untuk ditonton bareng.


10. Bermain Bersama

Tampaknya sederhana, tapi apakah Anda benar-benar tahu bagaimana melakukannya? Tiarap, bermain truk atau boneka, membuat benteng, atau sekadar berdandan ala princess dan mengikuti ke mana pun Si Kecil pergi. Pasti akan menyenangkan. Sanggup kan, Moms?


11. Piknik

Semua anak suka piknik. Ajak mereka masuk mobil dan pergi ke taman. Jangan lupa sediakan makanan kecil. Piknik juga bisa dilakukan di dalam rumah. Moms hanya perlu membangun tenda dari seprai atau selimut, letakkan bed cover di dalamnya. Biarkan mereka tidur di dalam tenda seadanya malam itu. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: akhir pekan,   hiking,   piknik,   belanja,   memasak bersama,   taman bermain,   live show,   kebun binatang