Home - Kesehatan - Gaya Hidup Sehat / 4 April 2019 / Redaksi

Tips Ampuh Atasi Lengan Besar Bergelambir

Moms, seperti selulit, lengan bergelambir bukan hanya dimiliki oleh orang yang bertubuh gemuk. Orang bertubuh kurus pun bisa saja memiliki lengan yang tak kencang. Lemak secara alami berakumulasi di bagian lengan dan proses penuaan akan mengurangi elastisitas kulit. Hal inilah yang membuat bentuk lengan makin lama akan bergelambir. Untuk menjaga lengan tetap kencang, lakukan tips berikut ya, Moms!


1. Diet Tepat

Kelebihan lemak di lengan akan menutupi definisi otot Anda, sehingga membuatnya terlihat besar, bergelambir, dan tidak kencang. Untuk itu, menurunkan berat badan dan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh adalah cara terbaik untuk mengecilkan lengan. Jagalah berat badan dengan hanya mengonsumsi makanan sehat ya, Moms.




2. Latihan

Jika Moms ingin mengecilkan sekaligus mengencangkan lengan, Moms harus lebih sering menggunakan otot-otot lengan atas bagian belakang (trisep). Ini caranya, Moms:

• Pertama, lakukan latihan beban dengan menggunakan dumbell ringan (seberat 2 kg) atau botol air. Anda bisa melakukannya saat bekerja di kantor. 

• Kedua, lakukan sit up dengan kaki ke atas. Saat kaki diangkat, letakkan tangan kanan di lutut kiri dan sebaliknya. Ulangi hingga 10-15 hitungan.

• Ketiga, lakukan push-up sambil berbaring atau berdiri. Untuk push-up berdiri, carilah tembok yang kuat dan letakkan kedua tangan Anda pada tembok. Buka kaki selebar bahu, kemudian jatuhkan tubuh Anda ke tembok dan tahan dengan tangan.


3. Siasati dengan Busana

Nah Moms, jika Anda sudah berdiet dan melakukan latihan namun lengan Anda belum juga bisa diajak 'berkompromi', cobalah menggunakan busana yang tepat untuk mengkamuflase bentuk lengan Anda. Karena salah-salah memilih pakaian, lengan bergelambir Anda justru bisa semakin terekspos. Ini triknya, Moms!


Dos

• Gunakan busana dengan motif garis vertikal atau chevron untuk memberikan efek ilusi melangsingkan lengan sekaligus keseluruhan tubuh Anda.

• Pilih baju dengan panjang lengan ¾ atau sekaligus lengan panjang. Pastikan ukurannya pas, tidak terlalu ketat atau pun terlalu longgar agar tidak membentuk bagian lengan yang besar dan lebih menonjolkan lengan bagian bawah yang lebih ramping.

• Anda juga bisa memilih busana dengan model lengan yang bisa menyamarkan dan menyeimbangkan bentuk lengan besar dan bergelambir seperti model batwing, dolman, atau bell sleve.



• Siasati dengan outer seperti blazer, cardigan, atau kimono. Pilih yang bahannya ringan, halus dan 'jatuh' agar bagian lengan tidak terlihat semakin besar. 

• Material lace atau sheer juga bisa membuat ilusi lengan yang lebih ramping. 

• Moms juga bisa sedikit bermain-main dengan fashion dengan memilih model busana off-the shoulder atau half the shoulder. Busana model ini akan membuat tubuh terlihat lebih seimbang, karena berkonsentrasi pada bahu dan bukannya lengan Anda.

• Pilih busana dengan model kerah V yang akan memberikan fokus pada collarbone. Ini akan memberikan ilusi bentuk lengan yang lebih ramping dan membuat tubuh terlihat lebih proporsional.

• Sah-sah saja jika Moms ingin menggunakan busana tanpa lengan. Tapi, pastikan potongannya tidak terlalu ketat di sekitar ketiak. 

• Gunakan aksesori seperti gelang atau jam tangan untuk mengalihkan perhatian dari bagian lengan. Pilih yang tidak terlalu besar agar tidak ‘memotong’ ruas tangan, sehingga tangan terlihat lebih pendek. 


Don’ts

• Hindari memilih busana dengan terlalu banyak detail di bagian lengan (misalnya: ruffles, detail embellishment, shoulder pad) yang justru akan membuat lengan terlihat 'berat'. 

• Hindari menggunakan lengan pakaian yang ‘tanggung’ dan terlalu pendek. Hindari juga model lengan cap sleeve atau lengan puffy yang justru makin mempertegas bentuk lengan yang besar dan bergelambir.

• Jika Moms ingin menggunakan busana tanpa lengan, hindari tali tipis, turtleneck, dan kerah yang terlalu tertutup.

• Hindari busana dengan motif garis horizontal atau motif-motif besar yang mencolok, terutama di bagian lengan.

• Hindari material yang tebal dan berat seperti rajut dari wol tebal, tweed, atau scuba. (M&B/ND/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Lari Sambil Beramal di Run To Care 2019

Moms, Yuk Lakukan Olahraga Rumahan Berikut Ini

5 Gerakan Olahraga yang bisa Dilakukan di Tempat Tidur

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda