Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 26 April 2019 / Redaksi

Ini Kiat Menstimulasi Anak di Weekdays dan Weekends

Buat ibu bekerja yang punya anak, salah satu persoalan yang mesti dihadapi adalah keterbatasan waktu yang dimiliki untuk mengasuh Si Kecil.

Punya anak dengan status sebagai karyawan memang bukan hal yang mudah. Sebagai orang tua, Anda perlu mendidik dan menstimulasi anak agar Si Kecil tumbuh sehat, baik fisik, psikis, maupun sosialnya.

Permasalahan yang kerap muncul bagi ibu bekerja adalah keterbatasan waktu. Dari masalah ini, akhirnya tak sedikit anak yang tumbuh minim stimulus dan didikan. Padahal, kemampuan Si Kecil berkompetisi di masa depan salah satunya bergantung pada masa ini.




Brain, Immunity, dan Growth

Kesuksesan dan kesehatan Si Kecil di masa depan memerlukan proses panjang yang dimulai sejak dini. Pada periode golden age, otak (brain), daya tahan tubuh (immunity), dan fisik (growth) balita Anda mengalami perkembangan pesat.

Berkarier dan bekerja tentu bukan merupakan sebuah halangan bagi Moms untuk memberikan stimulasi terbaik bagi Si Kecil. Berikut cara menstimulasi anak yang bisa Anda lakukan di saat hari bekerja (weekdays) dan saat akhir pekan (weekends).


Hari Bekerja (Weekdays)

Moms bisa memaksimalkan waktu bersama Si Kecil sebelum berangkat bekerja atau setelah Anda pulang dari kantor.

• Brain: Bermain sejenak

Lakukan permainan sederhana bersama Si Kecil. Cobalah bermain bongkar pasang (block atau puzzle) yang bisa menstimulasi kreativitas Si Kecil. Anda juga bisa bermain peran bersamanya yang memiliki banyak manfaat, di antaranya membangun kemampuan sosial dan problem solving bagi Si Kecil.

• Immunity: Memandikan Si Kecil

Dengan menjaga kebersihan tubuh Si Kecil, daya tahan tubuhnya pun akan meningkat. Sebelum berangkat ke kantor, Moms bisa memandikan Si Kecil. Memandikan sambil bermain air juga bisa mempererat bonding dengan anak Anda, Moms.

• Growth: Berjalan kaki atau sepeda di pagi hari



Sekadar berjalan kaki atau bersepeda bersama di sekitar rumah juga dapat Anda lakukan dengan balita Anda, Moms. Tubuh Anda dan Si Kecil pun tentunya akan jadi semakin bugar dengan kegiatan fisik di pagi hari ini.


Akhir Pekan (Weekends)

Selama akhir pekan, maksimalkan waktu Anda bersama Si Kecil dengan melakukan berbagai aktivitas seru seperti berikut ini.

• Brain: Bermain musik

Menurut sebuah penelitian, koneksi otak yang terbentuk karena musik tidak akan pernah hilang atau putus. Ajarkan Si Kecil untuk menggunakan berbagai jenis alat musik sehingga bisa memunculkan berbagai macam suara. Contohnya, Moms bisa minta Si Kecil untuk memukul drum di bagian pinggir dan tengah. Suara yang dihasilkan pun akan berbeda nantinya.

• Immunity: Menyiapkan dan makan malam bersama

Kenalkan Si Kecil pada berbagai bahan makanan dan kebiasaan makan yang sehat. Lewat kebiasaan makan yang sehat tersebut, daya tahan tubuh Si Kecil pasti akan lebih baik.

Makan malam bersama juga bisa mendukung perkembangan bahasa anak. Menurut Jurnal dari New Directions for Child and Adolescent Development mengenai Family Mealtime as a Context of Development and Socialization, hal ini dikarenakan pada saat makan bersama, Anda dan anggota keluarga yang lain akan saling berbincang serta bercerita, sehingga keterampilan verbal Si Kecil akan terstimulasi dan terasah secara efektif.

• Growth: Menari

Menari dan mengikuti irama musik akan membuat hampir seluruh anggota tubuh Si Kecil bergerak, seperti tangan dan kakinya. Si Kecil yang aktif ini tentu saja akan memiliki pertumbuhan fisik yang baik.

Selamat menstimulasi balita Anda, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Lakukan Ini Jika Anak Melihat Orang Tua Bermesraan

6 Cara Menumbuhkan Sikap Toleransi pada Anak

Mengajari Anak Berani Bilang Tidak untuk Hal Tidak Baik

OTHER ARTICLES

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Ini Alasan Balita Terobsesi dan Suka Hal yang Sama

Lakukan Ini untuk Membangun Percaya Diri Bayi Anda!

Mengenal 4 Tipe Bayi, Manakah Tipe Si Kecil, Moms?

Yang Perlu Diperhatikan saat Balita Ikut Lomba 17-an