Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 12 April 2019 / Redaksi

Cara-Cara Mengenali Bakat Anak Sejak Dini

Setiap anak dilahirkan dengan bakat yang berbeda-beda. Bakat tersebut bisa berasal dari dalam dirinya atau bisa juga diwariskan dari Moms dan Dads. Bakat dan minat seringkali dianggap hal yang sama. Namun perlu Moms pahami bahwa bakat dan minat sebenarnya berbeda. Bakat merupakan kekuatan bawaan dan merupakan hal yang membuatnya tertarik sampai kapan pun. Sementara minat merupakan sebuah ketertarikan pada suatu hal yang mudah berubah.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Gallup, Inc., sebuah perusahaan penelitian internasional, tingkat pencapaian tertinggi sesorang bisa didapat dari aktivitas yang ia lakukan menggunakan bakat atau kekuatan mereka. Dari studi ini diketahui bahwa daripada menghabiskan waktu untuk memperbaiki kelemahan yang ada pada diri seseorang, lebih baik fokus pada bakat yang benar-benar dimiliki. 




Cara Mengenali Bakat Anak

Bakat Si Kecil sebenarnya sudah bisa terlihat sejak dini. Namun bagi beberapa orang tua mungkin sulit untuk mengenalinya. Padahal, mengenali bakat Si Kecil sejak dini dapat membantu Anda untuk mengarahkan bakatnya secara tepat, maksimal dan sesuai usianya. Sebenarnya mengenali bakat anak tidaklah susah, Moms. Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengenali bakat Si Kecil sejak dini Moms, yaitu:

1. Perhatikan kebiasaan dan kesukaan Si Kecil

Bakat Si Kecil bisa Moms ketahui dari kebiasaan dan kesukaan yang ia lakukan dalam kesehariannya. Hal-hal ini bisa menjadi bakat yang dimiliki Si Kecil. Maka perhatikan hal-hal apa yang paling sering ia lakukan sehari-hari, sehingga bakatnya pun mudah dikenali.

2. Amati Si Kecil saat bermain



Saat ia bermain, coba Moms perhatikan kecenderungan aktivitas yang ia lakukan. Apakah ia lebih suka duduk diam sambil menggambar, ataukah ia suka berlarian sambil menendang bola di taman? Kegiatan favorit yang ia lakukan saat bermain menunjukkan indikasi yang baik tentang minatnya. Jika Anda terus mengamatinya selama bermain, Moms tentu dapat segera mengetahui apa kelebihannya, bahkan bakat tersembunyi Si Kecil yang mungkin ia miliki.

3. Kenalkan Si Kecil berbagai aktivitas

Berikan Si Kecil pengalaman yang berbeda dan biarkan ia mencoba segala macam aktivitas, sehingga ia juga bisa mengetahui apa yang ia sukai atau apa yang secara alami ia kuasai. Moms bisa membawa Si Kecil ke tempat yang berbeda, memperkenalkan ia dengan hobi baru, mengajaknya bersenang-senang saat mengikuti berbagai kegiatan bersama, atau Anda bisa mendaftarkannya ke sebuah workshop untuk melihat kecenderungan ketertarikannya. 


Lantas, apalagi cara-cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengenali bakat anak sejak dini? Moms bisa baca penjelasannya lebih lengkap di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi April 2019. Dapatkan segera majalahnya dan jangan sampai kehabisan ya, Moms! (Tiffany Warrantyasri & Vonda Nabilla/ND/SW/Dok. Freepik)

share to BBM

 

 


RELATED ARTICLE

Trik Atasi Balita yang Gemar Melompat-Lompat

Kapan Moms Perlu Membelikan Sepatu untuk Balita?

10 Jurus Mendidik Balita Menjadi Anak yang Optimis

OTHER ARTICLES

Ini Kiat Menstimulasi Anak di Weekdays dan Weekends

Tips dari Ahli untuk Mengatasi Masalah Kehamilan (3)

Gaya Keren 5 Celebrity Moms dan Anak Laki-Laki Mereka

Wujudkan Hidup Lebih Baik dengan Kecanggihan Teknologi

Disney On Ice: Pertunjukan Edukatif Nan Sarat Moral