Mother&Baby Indonesia
Ingin Buat Playdate untuk Bayi Anda? Ini Aturan Mainnya

Ingin Buat Playdate untuk Bayi Anda? Ini Aturan Mainnya

Moms, tidak ada kata terlalu dini untuk mulai memiliki teman. Aturan yang sama juga berlaku untuk bayi Anda. Meskipun Si Kecil belum bisa bermain bersama, ia sudah bisa menikmati kebersamaannya dengan bayi-bayi lain seusianya. Ia akan senang memerhatikan tingkah bayi lainnya, bahkan berinteraksi dengan cara menyentuh atau menatap mata bayi lainnya.

Alyson Schafer, seorang psikoterapis yang juga penulis buku Breaking the Good Mom Myth, mengatakan bahwa bayi akan mendapatkan keuntungan dari bertemu dan bermain bersama bayi lainnya.

“Dengan melihat bayi lain saja, Si Kecil akan banyak belajar. Jadi penting baginya untuk bertemu dengan anak lain,” ujar Alyson.



Nah, Moms bisa merancang pertemuan dengan ibu-ibu lain yang memiliki bayi sebaya dengan usia Si Kecil, atau istilahnya playdate, di suatu tempat yang pastinya akan dirasakan nyaman untuk bayi, misalnya di rumah Anda.

O iya, menurut Alyson, playdate ini tidak hanya baik untuk Si Kecil, tetapi juga untuk kesehatan mental Anda lho, Moms.


Kapan Saat yang Tepat untuk Playdate Si Kecil?

Memang tidak ada usia baku untuk memulai playdate bagi Si Kecil. Dikutip dari www.babyzone.com, Carren W. Joye, penulis buku A Stay-at-Home Mom’s Complete Guide to Playgroups, mengatakan bahwa saat yang tepat bergantung pada keinginan Anda untuk bertemu dengan ibu lain dan melibatkan si bayi. “Seorang ibu dengan bayi berusia 2 bulan pun butuh keluar rumah dan bertemu dengan ibu lainnya,” kata Carren.

Namun, jika motivasi bermain dengan anak lain adalah untuk berteman sungguhan, ada baiknya Moms menunggu hingga usia Si Kecil mencapai 18 bulan. “Saat itu Si Kecil sudah bisa belajar berbagi dan kenal dengan anak lain. Anak Anda mulai bisa bermain paralel, artinya bermain dekat dengan anak lainnya meskipun ia tidak bermain bersama,” ujar Carren.




Aturan Main untuk Anda dan Si Kecil

Di mana pun playdate dilangsungkan, harus ada aturan main yang akan bisa membuat Anda dan Si Kecil nyaman, Moms. Berikut ini tips yang perlu Anda ketahui:

1. Sebelum memulai, pastikan Si Kecil kenyang agar ia merasa nyaman.

2. Umumnya bayi memiliki jadwal yang teratur. Karena itu, pilihlah waktu yang tepat, misalnya antara pukul 10.00-12.00. Bayi biasanya merasa senang di pagi hari.

3. Pada tahap awal, batasi waktu pertemuan para bayi antara 30-45 menit saja. Jika lebih lama, Anda akan terbentur dengan jadwal tidur atau makan Si Kecil. Jika waktu playdate terlalu lama, dikhawatirkan bayi malah akan rewel karena ia lapar atau mengantuk. Untuk itu, Moms harus memerhatikan waktu playdate yang ada.

4. Buatlah lingkungan nyaman agar playdate menjadi pengalaman yang menyenangkan. Jangan menyertakan terlalu banyak orang dewasa, cukup 3-5 orang saja, untuk mencegah bayi terlalu lelah atau mendapat stimulasi berlebihan, Moms.

5. Bayi Anda masih sangat bergantung pada Anda Moms, misalnya untuk makan atau mengganti popoknya. Karena itu, tetaplah mengawasi Si Kecil. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   bayi berteman,   bayi bersosialisasi,   playdate








Cover Januari - Februari 2020