Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 7 April 2019 / Redaksi

7 Tips Agar Tak Repot Ajak Anak Jalan-Jalan

Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa merasa bosan jika hanya bermain dan berada di dalam rumah saja. Hal ini akan terlihat ketika Si Kecil rewel meski semua kebutuhannya sudah terpenuhi. Karena itu, Anda perlu mengajaknya berjalan-jalan, Moms. Yang harus Anda miliki sebagai persiapan untuk mengajak bayi Anda berjalan-jalan di antaranya:

Diaper Bag/Tas bayi

• Tisu basah



• Popok sekali pakai

Container susu

• Termos kecil

Stroller atau kereta dorong (untuk bayi di bawah 6 bulan, sebaiknya wajib memiliki penutup atau hood, untuk menghindari Si Kecil dari paparan matahari).


Petunjuk Persiapan

Sebelum berjalan-jalan dengan bayi Anda, simak langkah-langkah berikut ini ya, Moms.

1. Tentukan tujuannya

Ke mana Anda ingin pergi, sangat menentukan persiapan Anda nanti. Hal ini berhubungan dengan pakaian yang akan dikenakan Si Bayi. Lalu cari tahu juga keberadaan nursery room serta mempunyai fasilitas yang memadai untuk bayi dan anak-anak.

2. Pilih pakaian yang sesuai

Jika Anda sudah tahu tujuan kepergian Anda, maka Anda tinggal menyesuaikan pakaian Si Kecil. Bila Anda pergi ke tempat yang udaranya dingin, jangan lupa membawa sweater dan baju lengan panjang. Jika tujuannya ke pantai, pilihlah baju yang lebih santai dan berwarna cerah.

3. Siapkan susu

Jika bayi Anda belum makan makanan padat, bawalah susu yang cukup. Perkirakan berapa lama Anda akan pergi. Jika lebih dari 3 jam, bawa 3 container susu yang isinya disesuaikan dengan takaran bayi sekali minum. Atau bawakan makanan padat bila Si Kecil sudah mengonsumsi MPASI.



4. Toileteries

Yang satu ini jangan sampai ketinggalan. Selama bepergian, bayi Anda bisa saja buang air besar atau gumoh. Tentunya Anda harus mengganti popoknya atau bajunya. Di sini Anda memerlukan nappy cream, minyak telon, bedak, dan tentunya cologne agar Si Kecil tetap harum.

5. Jaga kebersihan

Untuk menjaga kebersihan, selalu sediakan kantong plastik di tas Anda. Gunakan untuk menampung baju kotor. Dan jangan lupa membawa popok sekali pakai yang banyak, sebagai ganti kalau ia buang air besar.

6. Masukkan semua ke dalam tas bayi

Agar lebih terorganisir, pilihlah tas yang punya banyak kantong. Tas bayi yang baik memiliki kantong khusus untuk botol susu, serta kantong-kantong lain untuk menempatkan tisu dan produk perawatan bayi seperti minyak telon dan nappy cream. Hafalkan di mana Anda menempatkannya, supaya tidak panik saat Si Kecil rewel karena minta susu atau diganti popoknya.

7. Siapkan kereta bayi atau gendongan

Anda bisa memilih salah satu atau membawa keduanya, sebagai cadangan bila Si Kecil bosan duduk di stroller dan ingin digendong. Yang penting, pikirkan kenyamanan acara jalan-jalan Anda bersamanya, Moms.


Tips Nyaman Jalan-Jalan

Pemilihan tas bayi atau diaper bag untuk berjalan-jalan menjadi penting, di mana Anda disarankan untuk memilih model ransel atau selempang. Selain tidak terasa berat dan merepotkan, Anda jadi lebih leluasa juga untuk menggendong atau mendorong Si Kecil

Jika Anda masih memberikan ASI kenakan pakaian dengan kancing depan agar lebih mudah menyusui saat bayi Anda haus. Apabila memungkinkan, lebih baik Anda menyusui terlebih dahulu sebelum berangkat dan sebelum pulang ke rumah. Hal ini akan membuat Si Kecil tertidur dalam kendaraan karena kenyang.

Moms juga sebaiknya menggunakan flat shoes atau sandal. Ini akan membuat Anda bergerak gesit dan lebih mudah dalam menahan beban saat menggendong bayi. Sebab, penggunaan high heels hanya akan membuat kaki Anda tersiksa.

Bawalah baju ganti yang banyak untuk Si Kecil, karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Seperti ia buang air kecil atau besar sangat sering, mungkin juga tubuhnya banyak berkeringat karena cuaca yang cukup panas. Sebaiknya, Moms pun juga membawa baju ganti, ya! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Tips Mengajak Bayi Berenang

Moms, Ini Pentingnya Merawat Kebersihan Teether Bayi

Panduan Kenaikan Berat Badan Ideal Bayi

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda