Mother&Baby Indonesia
6 Langkah Mudah Bantu Moms Mencukur Rambut Bayi

6 Langkah Mudah Bantu Moms Mencukur Rambut Bayi

Moms, akan ada banyak keahlian baru yang harus Anda pelajari sejak kelahiran Si Kecil. Setelah menyusui dan memandikannya, Anda juga harus terampil menjaga penampilannya supaya tetap rapi dan bersih. Salah satunya adalah merapikan rambut bayi yang memang tumbuh tidak merata.

Anda tidak perlu berkecil hati, hampir setiap bayi rambutnya tumbuh tidak merata, terutama bila Anda sempat mencukur habis rambutnya saat Si Kecil berusia 40 hari. Supaya tumbuh dengan bagus, sebaiknya Anda rajin mencukur rambutnya.




Langkah-langkah Mencukur

Memang sampai beberapa lama Anda harus tega melihatnya tanpa rambut. Tapi bila hasilnya nanti bisa memperindah rambut Si Kecil, mengapa tidak? Asalkan dilakukan dengan hati-hati, pasti hasilnya tidak kalah dengan barber shop. Berikut persiapan dan aturan yang perlu Anda ikuti, Moms.

1. Siapkan clipper atau pisau cukur.

2. Lilitkan handuk di sekitar bahu dan leher untuk menampung rambut yang terjatuh supaya tidak mengenai leher yang bisa membuat Si Kecil merasa gatal.

3. Lakukanlah ketika Si Kecil sedang tertidur lelap. Bagaimana cara mengetahui bayi Anda sudah terlelap? Lihatlah posisi tangannya, jika tangan dan jarinya sudah lemas dan tidak kaku ketika Anda mencoba menggerakkannya, maka Si Kecil sudah benar-benar berada di alam mimpi.

4. Anda boleh menggunakan clipper. Kelebihan menggunakan clipper adalah Anda bisa mengatur panjang rambut Si Kecil, berapa sentimeter Anda ingin menyisakan rambutnya. Namun dengan getaran yang dihasilkannya, clipper berisiko membangunkan Si Kecil dari tidurnya.



5. Sebaliknya, jika Anda menggunakan cukuran (shaver), apabila dilakukan perlahan-lahan, memang kemungkinan besar tidak akan membuat Si Kecil terbangun. Tetapi Anda harus rela mencukur habis rambutnya karena mata pisau shaver tidak bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

6. Setelah Anda selesai mencukur rambut Si Kecil, segera bedaki leher dan bagian tubuh lainnya yang terkena rambut supaya tidak menyebabkan gatal.


Tips untuk Anda

Siapkan topi jika rambut Si Kecil Anda cukur hingga plontos. Jangan sampai ia terkena flu, karena angin yang mengenai kulit kepala bisa membuatnya kedinginan.

Dengan cara sederhana di atas, Anda pun bisa menjaga penampilan bayi dan melakukannya sendiri. Selamat mencoba, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   rambut bayi,   mencukur rambut bayi








Cover Maret 2020