Home - Bayi - Perawatan Bayi / 24 Maret 2019 / Redaksi

Tips Membersihkan Mata, Hidung, dan Telinga Bayi

Aaah...! Senangnya melihat bayi Anda bangun dari tidurnya. Tapi di sekitar matanya tampak ada kotoran yang tertinggal. Periksa juga bagian penting lainnya, seperti hidung dan telinga, apakah juga perlu dibersihkan. Tampaknya Anda harus mempersiapkan perlengkapan untuk membersihkan mata, hidung dan telinga Si Kecil.

Kita paham bahwa sangat penting untuk membersihkan seluruh tubuh Si Kecil, terutama di bagian yang sangat esensial, seperti di area mata, hidung dan telinga bayi. Kotoran atau belekan bisa muncul pada mata bayi karena beberapa penyebab, seperti alergi dan infeksi sinus.

Penumpukan kotoran yang memudahkan virus atau bakteri berkembang di dalam hidung Si Kecil juga bisa berbahaya, karena dapat menyumbat saluran napas. Ia pun bisa menjadi rewel karena kesulitan untuk bernapas. Begitupun dengan telinga.




Langkah Membersihkan Mata, Hidung, dan Telinga Bayi

Membersikan mata, hidung, dan telinga Si Kecil memang harus menggunakan strategi tersendiri, mengingat organ-organ tersebut masih sangat mungil. Karena itu, Moms perlu melakukannya dengan hati-hati. Tapi tak perlu takut, dengan sedikit panduan dari M&B berikut ini, Anda sudah bisa melakukannya, kok.

Untuk itu, Anda memerlukan perlengkapan dan mengetahui langkah-langkah untuk membersihkan ketiga bagian tersebut dengan menyimak tips berikut ini:



1. Basahi kapas atau waslap dengan air suam-suam kuku, kemudian peras hingga setengah kering. Jangan gunakan sabun karena kulit bayi masih sangat sensitif.

2. Mulailah membersihkan mata di bagian dalam hingga ujung luar mata. Supaya Si Kecil tidak terlalu banyak bergerak, alihkan perhatiannya dengan mainan yang berbunyi atau nyanyikan lagu yang disukainya.

3. Untuk membersihkan hidung, gunakan waslap basah atau tisu basah. Bersihkan kotoran di sekitar lubang hidung Si Kecil dengan cara mengusapnya secara perlahan.

4. Bersihkan telinga Si Kecil menggunakan waslap basah. Gosok perlahan telinga bagian luar serta bagian belakang.

5. Tidak perlu membersihkan bagian dalam telinga karena berisiko merusak gendang telinga atau bahkan membuat telinga Si Kecil berdarah. Anda bisa lihat di telinga yang kotor biasanya terdapat cairan kental berwarna kecokelatan. Cairan itulah yang ‘bertugas’ menjaga kebersihan telinga. Cairan tersebut akan keluar dengan sendirinya, jadi Anda tidak perlu menggunakan cotton buds untuk membersihkan telinga bagian dalam Si Kecil. Tapi jika cairan tersebut tampak mengeras dan tak kunjung keluar dari telinga bagian dalam bayi Anda, segera konsultasikan ke dokter anak. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Tips Memotong dan Merapikan Kuku Bayi

Moms, Ini Cara Menyimpan MPASI yang Aman dan Benar

Waspada dengan 6 Penyebab Bayi Menangis Kesakitan

OTHER ARTICLES

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

8 Rahasia Hidup Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar

Hal-Hal Memalukan yang Dialami saat Anda sedang Hamil

Hati-Hati! Orang Dewasa Juga Bisa Kena Cacar Air, Lho