Home - Bayi - Perawatan Bayi / 13 Maret 2019 / Redaksi

Penggunaan Essential Oil yang Aman untuk Bayi

Penggunaan minyak atsiri atau essential oil kian hari semakin digemari oleh para orang tua sebagai cara alternatif yang alami untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Pasalnya, minyak esensial merupakan minyak berbahan dasar alami hasil penyulingan tumbuhan dan buah-buahan yang diklaim lebih aman dibandingkan obat berbahan kimia lainnya.

Tidak hanya itu, minyak atsiri juga telah digunakan sebagai pengobatan sejak ribuan tahun silam.



Namun, tidak semua jenis minyak esensial aman dipakai oleh bayi lho, Moms! Kulit bayi yang masih tipis  dan sistem kekebalan tubuh bayi yang belum berkembang secara sempurna membuat kulitnya rentan terhadap minyak esensial. American Association of Naturopathic Physicians juga tidak merekomendasikan minyak esensial bagi bayi di bawah usia tiga bulan.


Minyak Esensial yang Aman untuk Bayi

Penggunaan minyak esensial yang tidak tepat bisa menyebabkan Si Kecil rentan terhadap gangguan kesehatan, mulai dari iritasi hingga keracunan. M&B telah merangkum sejumlah minyak esensial yang aman untuk digunakan pada bayi di bawah usia 1 tahun seperti berikut ini:

1. Chamomile. Minyak ini memiliki efek menenangkan alami dan secara tradisional telah digunakan untuk mengobati masalah sulit tidur atau insomnia. Selain itu, chamomile juga terbukti mampu menenangkan bayi yang sedang rewel. Moms juga bisa mencampurkan chamomile dengan lavender untuk meredakan gejala kolik pada Si Kecil.



2. Eucalyptus. Eucalyptus adalah ekspektoran alami yang dapat membantu menghilangkan sumbatan pada pernapasan. Eucalyptus radiata dalah jenis yang paling aman untuk diaplikasikan ke tubuh bayi dan diklaim mampu melegakan pernapasan, terutama saat bayi sedang pilek.

Namun harap diingat, Eucalyptus radiata merupakan spesies yang berbeda dari Eucalyptus globulus yang umum ditemukan. Anak-anak dan bayi harus menggunakan Eucalyptus radiata. Meskipun Eucalyptus globulus aman untuk orang dewasa, minyak ini tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia 2 tahun.


Lalu, apalagi jenis-jenis minyak esensial yang aman untuk digunakan pada bayi Anda? Kali ini M&B mengulas secara lengkap jenis-jenis minyak esensial yang aman untuk Si Kecil. Moms bisa baca artikelnya lebih lengkap di Mother&Baby Indonesia edisi Maret 2019 ini. Dapatkan segera majalahnya dan jangan sampai kehabisan ya, Moms! (Binar Murgati P./ND//SW/Dok. Freepik)

share to BBM

 

 


RELATED ARTICLE

6 Masalah Kulit yang Sering Dialami Bayi Baru Lahir

Waspada Dehidrasi pada Bayi Anda, Moms!

Waspada! Hindari Pemberian 5 Obat Ini pada Bayi Anda

OTHER ARTICLES

6 Jenis Alat Kontrasepsi Hormonal untuk Wanita

Cara Mudah Mengeluarkan Ingus pada Bayi

7 Cara Ajarkan Anak Bertanggung Jawab

Tips Menyiapkan Kamar Bayi yang Aman dan Nyaman

Belanja Produk Lokal Penuh Promo di Market & Museum