Mother&Baby Indonesia
Plus Minus Nama Anak Uniseks

Plus Minus Nama Anak Uniseks

Saat mendengar nama anak Kia atau Dian, apa jenis kelamin yang Anda bayangkan? Hmm.. Bisa anak lelaki, bisa juga anak perempuan. Agak membingungkan ya, Moms? Ya, begitulah nama uniseks atau nama yang cocok untuk semua jenis kelamin.

Sekilas, nama Alex atau Billie terkesan maskulin, bukan? Tetapi jangan salah, saat ini sudah banyak bayi-bayi perempuan yang juga menggunakan nama itu. Sama halnya dengan nama Dian yang terdengar feminin tetapi ternyata adalah nama anak laki-laki.

Menamakan bayi dengan nama-nama yang sifatnya uniseks dan gender-neutral belakangan ini memang sedang menjadi tren, alasannya karena nama-nama tersebut terdengar modern, keren, sekaligus unik.




Keren dan Unik

Laura Wattenberg, pengarang buku The Baby Name Wizard (Broadway, 2005) mengungkapkan salah satu alasan para orang tua memberikan nama-nama keren dan unik kepada anak-anak mereka adalah supaya anaknya lebih ‘bersinar’ dan tidak mudah terlupakan.

“Masyarakat tidak mengingat nama yang biasa-biasa saja,” kata Laura.

Hal ini memang terbukti benar, Anda tentu akan lebih mudah mengingat seorang wanita bernama Alex ketimbang mengingat seorang pria yang namanya Alex. Benar?


Risiko Nama Uniseks

Ada keuntungan, namun ada juga kerugian dari nama uniseks ini, Moms. Biasanya, risiko utamanya adalah kebingungan gender bagi orang lain. Misalnya, salah penyebutan dan penulisan nama sapaan saat menerima telepon atau e-mail. “Kepada Bapak Alex” padahal ia perempuan bernama Alexandra.

Selain itu, nama uniseks jika diberikan kepada bayi perempuan memang akan terdengar sangat keren dan terkesan kuat, tetapi tidak akan sama efeknya jika diberikan kepada anak laki-laki. Masa sekolah bisa menjadi masa terburuk bagi mereka karena kemungkinan namanya akan menjadi bahan ejekan dari teman-teman kelasnya. Apalagi, jika kebetulan ada teman sekelasnya yang memiliki nama yang sama, tetapi ia seorang anak perempuan.



Selain itu, dibutuhkan juga ketelitian ekstra untuk penulisan jenis kelamin di surat-surat penting seperti KTP atau paspor, yang biasanya mencantumkan jenis kelamin karena bisa saja terjadi salah penulisan oleh petugas.


Tips Memberikan Nama

Jangan memberi nama Si Kecil dengan nama unik dan keren hanya karena:

• Anda bosan dengan nama Anda sendiri,

• Ingin membuat keluarga, tetangga, atau siapa saja terkesan dengan namanya,

• Ingin ejaan nama dan tulisan yang unik, karena bisa jadi hanya ada beberapa orang saja yang bisa memanggil Si Kecil dengan nama yang benar. (M&B/Tiffany/Dok. Freepik)



Tags: nama,   nama bayi,   bayi,   newborn










Cover Mei-Juni-Juli 2020