Mother&Baby Indonesia
Sering Mimpi Aneh saat Hamil? Ini Artinya, Moms

Sering Mimpi Aneh saat Hamil? Ini Artinya, Moms

Memiliki anak merupakan impian Anda sejak menikah. Tetapi nyatanya, sejak hamil Anda justru mendapat mimpi-mimpi yang agak nyeleneh. Carl Jung, salah satu psikolog ternama abad lalu mengatakan, “Manusia biasanya memimpikan sesuatu yang besar saat berada pada situasi hidup yang juga besar.” Dan kehamilan tentu menjadi situasi yang besar bagi Anda.

Carl Jung yakin bahwa gambaran dalam mimpi adalah cara pikiran bawah sadar Anda untuk berkomunikasi dengan Anda. Dengan kata lain, Anda dapat menggunakan mimpi Anda sebagai ‘alarm emosional’ untuk mengeksplorasi perasaan Anda yang terdalam mengenai kehamilan, bayi, kelahiran, dan perubahan identitas Anda menjadi seorang ibu.




Arti Simbol Mimpi

Memang tidak semua mimpi memiliki arti khusus. Tetapi apabila Anda bisa menganalisa mimpi-mimpi Anda, itu dapat membantu untuk membuat penyesuaian psikologis dalam menghadapi situasi baru. Menurut Marilyn Mathew, anggota senior British Association of Psychoterapist, simbol-simbol tertentu dapat kita ketahui maknanya, dan berikut beberapa di antaranya:


Trimester Pertama

• Air: mimpi yang terkait dengan air, termasuk laut atau kolam renang bisa merepresentasikan cairan ketuban. Lautan bisa juga merepresentasikan pikiran bawah sadar Anda yang dalam dan tidak bisa dimengerti.

• Makhluk air kecil: katak, kecebong, ikan, kura-kura bisa bermakna janin Anda yang masih mungil.

• Ruangan kecil: menggambarkan rahim Anda.

• Buah, bunga, dan tumbuhan lainnya: mungkin disebabkan oleh kesadaran Anda tentang kesuburan Anda dan bahwa sedang ada buah cinta di dalam tubuh Anda.

• Melahirkan atau merawat bayi yang sudah bisa bicara: bagi calon ibu baru, bayi yang lebih besar lebih mudah dihadapi dibandingkan bayi lemah yang baru lahir. Memimpikan ini bisa juga berarti tanpa sadar, Anda sedang berkomunikasi dengan bayi Anda.


Trimester Kedua



• Anak kucing, anak anjing, dan bayi hewan lainnya, termasuk melahirkan mereka: hewan-hewan kecil itu imut tetapi bisa jadi mengancam Anda. Sama seperti bayi, mereka kecil dan lucu, tetapi kehadirannya dalam hidup Anda bisa jadi ‘mengganggu’ kehidupan pribadi dan karier Anda sebelum hamil.

• Hewan buas menyerang hewan kecil: Anda takut bahwa anak pertama Anda akan cemburu terhadap calon adik barunya itu.

• Mobil dan kapal: menggambarkan diri Anda yang sedang membawa ‘penumpang’.

• Suami Anda selingkuh: merepresentasikan ketakutan Anda karena perubahan tubuh Anda.

• Mimpi erotis: Anda khawatir dengan kehidupan seksual Anda dan suami yang makin jarang dan makin susah karena perut yang makin besar.


Trimester Ketiga

• Ombak, gempa bumi, dan guncangan kuat lainnya: mimpi dalam bulan-bulan terakhir merefleksikan kecemasan akan persalinan. Riset yang diselenggarakan University of Cincinnati menunjukkan bahwa perempuan yang sering bermimpi buruk sebenarnya akan melahirkan lebih cepat dan lebih sederhana. Sepertinya mimpi-mimpi itu membuat mereka lebih siap menghadapi kecemasan di kehidupan nyata.

• Kereta api, truk, perempuan bertubuh besar: ini merefleksikan bagaimana Anda melihat tubuh Anda sendiri yang jauh lebih besar dari tubuh Anda sebelumnya.

• Gedung besar: merepresentasikan rahim Anda. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   mimpi,   arti mimpi,   hamil,   tidur








Related Article