Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 27 Maret 2019 / Redaksi

Ini Manfaat Makan Rambutan buat Ibu Hamil

Moms, Anda pasti tahu buah rambutan, kan? Rambutan merupakan buah tropis dari Asia Tenggara yang banyak terdapat di Afrika, Karibia, Amerika Tengah, India, Malaysia, Filipina, Thailand, dan juga Indonesia.

Nah, pada saat musim rambutan, Moms pastinya sering melihat buah tersebut dijual di supermarket, pasar, bahkan di pinggir jalan. Ya, buah ini memang menjadi salah satu favorit banyak orang, termasuk juga ibu hamil yang ngidam ingin makan rambutan.

Namun, bolehkah sebenarnya ibu hamil makan buah rambutan? Jawabannya, boleh saja. Malahan, buah ini memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Lantas, apa saja manfaatnya untuk kehamilan Anda? Berikut ini penjelasannya, Moms.




Manfaat Rambutan untuk Ibu Hamil

Meskipun terlihat biasa, ternyata rambutan memiliki sejumlah manfaat untuk bumil. Ini beberapa di antaranya, Moms.

1. Mengurangi mual

Keluhan yang kerap dirasakan sebagian besar ibu saat hamil adalah gangguan mual, muntah, dan pusing. Ini pastinya bisa mengganggu dan membuat Anda semakin tidak nyaman dengan kondisi kehamilan. Nah, rasa manis pada rambutan ternyata bisa membantu Anda mengurangi gangguan tersebut.

2. Kaya akan zat besi

Zat besi berguna untuk menjaga kadar hemoglobin serta mengatasi kelelahan yang biasa dialami oleh ibu hamil. Jadi, jika merasa lelah, Anda bisa makan rambutan untuk mengatasinya, Moms.

3. Membantu pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit maupun diare juga rawan diderita oleh bumil. Nah, kandungan fosfor yang terdapat dalam buah rambutan bisa menolong Anda mengatasi gangguan tersebut.

4. Sumber vitamin E

Vitamin E yang terdapat di rambutan akan membantu mengatasi masalah kulit bumil, misalnya kulit gatal-gatal, kulit kusam, jerawat, serta mengurangi stretchmark setelah melahirkan.



5. Mencegah radikal bebas

Rambutan dapat membantu menangkal banyak penyakit dengan cara mencegah radikal bebas di tubuh bumil, sehingga bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan buat ibu dan janin.

6. Mengontrol tekanan darah

Buah rambutan bisa mengatasi masalah tekanan darah yang sering dihadapi bumil dan mengurangi pembengkakan yang terjadi di daerah kaki akibat peredaran darah yang kurang lancar selama masa kehamilan.

7. Antioksidan

Rambutan merupakan salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi yang berguna untuk mencegah kanker. Antioksidan ini dapat melawan peradangan dan melindungi sel-sel dalam tubuh Anda.


Yang Perlu Diperhatikan saat Makan Rambutan

Meskipun rambutan memiliki banyak manfaat untuk kehamilan Anda, Moms tetap perlu memilih buah rambutan yang akan dikonsumsi. Ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda ingin makan rambutan, Moms.

1. Jangan makan rambutan yang terlalu matang. Saat memilih rambutan untuk dikonsumsi, sebaiknya Moms pilih buah dengan tingkat kematangan yang normal dan jangan terlalu matang. Alasannya, rambutan yang terlalu matang mengandung alkohol yang bisa membahayakan bagi kondisi ibu dan janin yang dikandung.

2. Jangan makan rambutan jika kadar gula darah Anda tinggi. Mengonsumsi buah rambutan yang terlalu matang juga sebaiknya dihindari oleh bumil karena kandungan gulanya yang sangat tinggi sehingga bisa memicu penyakit diabetes gestasional.

Selain kedua hal tersebut, buah rambutan tetap aman untuk Anda konsumsi saat hamil. Selamat menikmati buah rambutan ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

25 Cara Meningkatkan Vitalitas saat Hamil

7 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

Waspada! Gejala Mommyrexia pada Ibu Hamil

OTHER ARTICLES

MB Fair Surabaya 2019

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

5 ‘Keanehan’ pada Newborn yang Perlu Anda Ketahui

Emboli Air Ketuban bisa Ancam Nyawa Ibu Hamil dan Bayi

Kapan Saat Tepat Memberi Uang Jajan buat Anak?