Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 25 Maret 2019 / Redaksi

7 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil

Menjaga asupan makanan di masa kehamilan memang sangat penting. Sebab, makanan yang dikonsumsi akan memengaruhi kesehatan tak hanya calon ibu, tetapi juga janin dalam kandungan. Hal ini yang membuat bumil harus pintar-pintar memilih makanan, termasuk buah-buahan.

Semua buah memang memiliki berbagai vitamin yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah semangka, yang terkenal dengan warna merah (atau kuning) dan kandungan air yang cukup tinggi. Kandungannya terdiri dari kalium, likopen, polifenol, karotenoid, hingga beta karoten.

Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, folat, niacin, thiamin, asam pantothenic, dan pyridoxine. Dalam semangka juga terkandung sodium dan potasium, kalsium, magnesium, mangan, dan zinc. Semuanya tentu bisa mencukupi nutrisi bumil ya, Moms.



 

Ragam Manfaat Semangka

Buah yang sangat baik untuk dijadikan camilan sore hari ini sangat memiliki banyak manfaat. Berikut penjelasannya:

1. Mencegah pre-eklampsia

Pre-eklampsia adalah meningkatnya tekanan darah dan kadar protein dalam urine yang terjadi selama kehamilan. Untuk mencegah kondisi ini terjadi, bumil perlu mengonsumsi 4 mg likopen setiap harinya. Kandungan ini pun bisa didapat dalam semangka, yang memiliki kadar likopen hingga 120 mg. Hal ini dapat menurunkan risiko pre-eklampsia hingga 50 persen, lho!

2. Mengurangi dehidrasi

Saat tubuh kekurangan cairan, maka kemungkinan dehidrasi bisa meningkat, Moms. Karenanya, semangka yang kaya akan kandungan air sangat baik untuk dikonsumsi demi memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Sifat mendinginkan dari semangka juga dapat meredakan heartburn dan asam lambung yang bisa dialami ibu hamil.

3. Menjaga imunitas

Perubahan hormon yang terjadi saat hamil dapat berpengaruh pada sistem imun tubuh bumil. Semangka, yang mengandung vitamin C dan zat anti oksidan bisa menjadi penyelamat, sehingga Moms terhindar dari berbagai penyakit. Hormon yang berubah juga bisa menimbulkan morning sickness. Mengonsumsi semangka segar atau dijadikan jus di pagi hari bisa mengurangi rasa mual tersebut.

4. Melancarkan pencernaan

Semangka menjadi salah satu buah yang kaya akan serat dan tinggi kandungan airnya. Hal ini dapat mencegah konstipasi dan sembelit, yang umum dialami ibu hamil. Selain pencernaan dalam perut, aliran urine juga lebih lancar karena kebutuhan cairan terpenuhi dengan baik.

5. Meredakan pembengkakan



Saat hamil, beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan, seperti di kaki yang disebabkan sistem peredaran darah tidak lancar. Kram otot pada bagian punggung juga bisa terjadi di usia kandungan 6 bulan, karena beban yang juga bertambah. Untuk mencegah kedua hal tersebut, mengonsumsi semangka menjadi solusi agar peredaran darah Moms bekerja dengan baik.

6. Pertumbuhan janin optimal

Tak hanya vitamin, semangka juga mengandung kalsium dan kalium, yang sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan rangka janin Anda. Jantung Moms dan janin juga terjaga kesehatannya dengan rutin mengonsumsi semangka. Kandungan vitamin A juga mampu menjaga kesehatan mata, terutama untuk bayi Anda.

7. Mencerahkan kulit

Masa kehamilan memang dapat mengubah beberapa hal dalam tubuh calon ibu. Termasuk bagian kulit dan wajah, yang mungkin terlihat seperti kelelahan dan pucat saat beraktivitas. Mengonsumsi semangka dapat membuat kulit terlihat lebih halus dan cerah, seperti sebelum hamil. Pigmentasi kulit juga bisa dicegah, sehingga warna kulit tetap normal hingga pasca persalinan.

 

Perhatikan Hal Ini!

Semangka memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil.

Ketika Anda ingin mengonsumsi semangka, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar tak mengganggu kehamilan:

• Pilih buah semangka yang sudah matang sempurna dan segar, dengan ciri-ciri bentuk yang simetris serta bebas dari retakan dan memar.

• Usahakan untuk tidak mengonsumsi semangka secara berlebihan. Sebab, semangka memiliki kadar glukosa yang tinggi, sehingga bisa memicu diabetes gestasional.

• Semangka mengandung citrulline atau asam amino yang berada pada kulit putih yang mengelilinginya. Bumil dianjurkan untuk memakannya, sebagai salah satu sumber protein.

• Jika muncul gejala alergi atau perasaan tidak nyaman saat makan semangka, hentikan mengonsumsinya dan segera konsultasikan dengan dokter. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Bolehkah Ibu Hamil Berendam Air Hangat? Ini Jawabannya

Perlukah Mengetahui Jenis Kelamin Bayi dalam Kandungan?

Masalah Kulit saat Hamil? Ini Jawaban Dokter

OTHER ARTICLES

Suami Terlalu Sibuk di Kantor? Lakukan 5 Hal ini, Moms!

Moms, Yuk Ketahui Jenis-jenis Tipe Terapi Autisme

Bagaimana Jika Janin Sakit sejak dalam Kandungan?

MB Fair Surabaya 2019

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!