Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 11 Maret 2019 / Redaksi

Perhatikan Ini saat Beres-Beres Rumah ketika Hamil

Di trimester akhir kehamilan, biasanya Moms mulai enggan bergerak. Hanya saja, begitu mendekati due date, Anda malah ingin bersih-bersih rumah. Ini yang disebut sebagai insting untuk menyiapkan ‘sarang’ atau rumah bagi bayi.

Insting ini muncul saat usia kehamilan 38-39 minggu atau saat adrenalin mulai meningkat menjelang persalinan. Keinginan untuk membersihkan, merapikan, maupun memasak, adalah normal, termasuk kalau Anda tidak memiliki keinginan untuk membereskan rumah.

Menurut dr. Sandra Wheatley, psikolog, insting menyiapkan 'sarang' ini bisa sangat berguna karena ada dorongan untuk berpikir praktis, kenyamanan psikologis, dan solusi pemecah masalah di baliknya. “Saat membuka kulkas dan melihat banyak makanan, perasaan Anda akan lebih baik. Ini bukti fisik bahwa Anda sudah siap menyambut Si Kecil,” ujar Sandra. Meski demikian, mengingat Anda sedang hamil besar, penting untuk tidak mengerjakan hal ini secara berlebihan. Simak tipsnya yuk, Moms!




Pilih Teman Beres-Beres

Bagi sebagian wanita, menyiapkan ‘sarang’ menjadi dorongan yang demikian kuat. Agar tak menjadi sesuatu yang negatif (tak hanya bersihkan rumah, tetapi sampai membuang pakaian suami), sebaiknya sampaikan perasaan Anda dengan melakukan hal selain beres-beres rumah

“Hal ini akan memberikan ruang berpikir dengan lebih rasional. Cobalah untuk melihat alasan Anda merasa perlu demikian teratur. Bisa jadi karena Anda cemas akan kehadiran Si Kecil. Untuk itu lakukan hal lain seperti mengepak tas yang akan dibawa ke rumah sakit saat persalinan, guna memastikan aspek tertentu sudah terpenuhi. Dengan demikian, Anda bisa sedikit rileks dan menikmati kehadiran bayi, “ terang Sandra.

Di sisi lain, studi di Kanada menunjukkan detail mengagumkan tentang insting tersebut. Bahwa calon ibu yang merasakan dorongan tersebut menjadi lebih selektif terhadap teman-teman yang dipilih. Mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang yang mereka kenal dan percaya.

“Adalah hal yang baik-baik saja untuk menghabiskan waktu ekstra dengan teman dan keluarga. Mengingat Anda akan demikian sibuk dengan Si Kecil saat ia lahir nanti dan mungkin kekurangan waktu tidur juga,” kata Sandra. Dengan kata lain, ini menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama teman maupun keluarga.


Menghindari Aktivitas Berat

Menyiapkan ‘sarang’ menjelang persalinan tidaklah membahayakan bagi Moms dan calon bayi. Hanya saja, Moms perlu berhati-hati saat melakukan persiapan ini. American Pregnancy Association mengingatkan sejumlah hal berikut ini:

• Hindari tindakan berisiko seperti menggunakan tangga demi bisa membersihkan langit-langit kamar mandi atau kamar. Demikian pula tidak disarankan untuk mengangkat benda-benda berat. Minta bantuan orang lain untuk melakukan hal tersebut. Perlu diingat bahwa keseimbangan tubuh akan berubah saat hamil dan Anda tidak ingin memiliki risiko terjatuh, kan?



• Hindari membersihkan dengan menggunakan bahan kimia seperti pemutih, dan cairan pembersih lainnya yang berbau menyengat. Bahkan bila orang lain yang menggunakannya, penting bahwa Anda memiliki ventilasi yang baik sehingga uap racun bisa segera hilang.

• Pastikan untuk sering beristirahat dan menyantap kudapan. Juga pastikan untuk tidak melakukan kegiatan ini beberapa hari menjelang hari persalinan. Alasannya sederhana, karena Moms perlu menghemat tenaga untuk melahirkan. Jika Anda merasa sudah lelah bersih-bersih, beristirahatlah.


Siapkan Hal Ini, Yuk!

• Isi kulkas. Buang produk yang sudah kedaluwarsa. Sebagai gantinya, 2-3 hari menjelang persalinan, isi lemari es dengan buah, sayur, susu, yoghurt, keju, dan ayam atau daging yang sudah dimasak (jadi Anda tinggalkan memanaskan saja).

• Isi lemari dapur. Mulai simpan bahan-bahan pokok seperti beras merah, sereal, pasta, kacang-kacangan, biskuit gandum, kacang maupun ikan yang dikalengkan.

• Simpan makanan matang. Kalau Moms tergolong suka memasak, tak ada salahnya untuk membuat sejumlah hidangan yang bisa disimpan di kulkas. Buat porsi lebih banyak untuk lasagna, pancake, muffin, atau hidangan lainnya. Simpan dan tuliskan namanya untuk memudahkan Anda mengambilnya. Kalaupun Anda tak bisa atau malas memasak, minta bantuan saudara untuk melakukannya.

• Mencuci segalanya. Begitu bayi lahir, Anda bisa sulit untuk mencuci perlengkapan tidur seperti selimut, bed cover, bantal, dan lain sebagainya. Nah, menjelang persalinan, Anda bisa mencuci segala perlengkapan tidur.

• Lengkapi kebutuhan bayi dan Anda. Di waktu-waktu ini pula, Moms bisa menambah perlengkapan untuk Si Kecil maupun Anda yang belum sempat dibeli. Namun, pastikan untuk membeli kebutuhan yang memang penting bagi Anda berdua, ya. (M&B/ Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

6 Masalah Payudara saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Moms, Ini Penyebab Keluar Lendir saat Hamil Tua

Rekomendasi Susu untuk Program Hamil

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda