Mother&Baby Indonesia
10 Tips Menjalani Kehamilan Lebih Santai

10 Tips Menjalani Kehamilan Lebih Santai

Ibu bahagia, bayi pun bahagia! Itulah sebabnya para ibu hamil perlu menjalankan kehamilan lebih santai, tenang, dan bahagia. Mau tahu caranya? Ikuti beberapa tips menjalani kehamilan lebih santai berikut ini yuk, Moms.


1. Cintai Tubuh Anda

Tidak usah kesal dengan perut yang semakin lama semakin membuncit, bokong yang tidak seksi atau pipi yang tembem. Hmm, rasanya di tahun ini Anda tidak perlu menyesali bentuk tubuh atau wajah yang tidak seperti dulu. Justru Anda harus bahagia dengan bentuk tubuh ‘aneh’ Anda sekarang, karena Anda tengah mengandung buah hati tercinta. Bayangkanlah betapa menyenangkannya hari-hari bersama seorang bayi lucu menemani Anda. Tak hanya itu, Anda juga terbebas dari program diet dan aturan pola makan sehari-hari. Jadi, nikmati saja perut buncit Anda itu.




2. Olahraga Kehamilan

Bingung memilih olahraga yang pas semasa hamil? Tahun ini tak usah pusing-pusing berpikir untuk mendaftarkan diri ke pusat kebugaran. Selain tidak terlalu penting, toh hanya menghabiskan uang saja. Lakukan olahraga-olahraga ringan seperti yoga, jalan kaki, naik turun tangga, mengepel lantai, atau berenang. Selain bisa membuat persalinan lebih lancar, Anda juga bisa melakukannya di rumah.


3. Jangan Lupa Me Time

Bosan dengan rutinitas sehari-hari? Belum lagi bos yang tidak henti-hentinya memberi tugas dan menghadapi sikap rekan kerja yang menyebalkan. Semuanya hanya bisa membuat Anda kesal. Awas, jangan terpengaruh dengan keadaan yang dapat membuat kesehatan janin Anda terganggu. Ingatlah, jika Anda stres, bayi Anda akan ikut stres. Jadi, buatlah suasana yang menyenangkan di kantor atau pun di rumah.


4. Nikmati Makanan Favorit Anda

Cokelat? Siapa yang tidak suka? Jadi, manjakan saja lidah Anda dengan memakannya sesekali. Dan, tahukah Anda, kue cokelat ternyata dapat membuat perasaan Anda jauh lebih bahagia. Selain cokelat, nikmati juga kue keju yang dapat menambah protein dan kalsium. Tak perlu merasa bersalah usai memakannya. Anda pun bisa memakannya lebih dari satu!


5. Cari Teman Sebanyak-banyaknya

Ingin curhat dengan para ibu hamil lainnya? Gampang, ikuti saja kelas yoga atau pilates untuk kehamilan. Tak perlu menunggu waktu terlalu lama, sekitar 15 menit, Ada sudah bisa asyik berbincang dengan teman sekelas.




6. Atur Mood Anda

Wanita memang cenderung lebih sensitif. Tak heran ketika ada masalah kecil, mood Anda yang awalnya tenang bisa berubah menjadi meledak-ledak. Usahakan untuk tidak mengikuti mood buruk Anda. Berusahalah untuk tenang dalam kondisi apa pun. Selain berguna untuk diri Anda sendiri, Si Kecil dalam kandungan pun akan merasakan manfaatnya.


7. Bersantai di Spa

Ingin tetap segar di masa hamil? Datanglah ke spa khusus ibu hamil. Regangkan otot-otot yang mengganggu aktivitas Anda dengan olesan minyak aromaterapi. Anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda dari biasanya dan lebih semangat beraktivitas.


8. Tetap Santai

Santai, santai, santai. Ya, Anda harus punya waktu khusus dari rutinitas yang penuh dengan kepenatan. Tak perlu pergi jauh, tinggal duduk di depan TV dan nikmati film atau acara favorit Anda. Selain itu masih banyak hal yang bisa Anda lakukan di rumah seperti membaca novel, mendengarkan musik atau sekadar menengok tanaman Anda di pekarangan rumah.


9. Jaga Sikap

Memiliki bayi, sudah pasti akan mengubah pola hidup Anda dengan suami. Jangan lakukan kebiasaan bercinta di ruang tengah atau di dapur. Jika ingin melakukannya, lakukanlah sekarang, sebelum bayi Anda lahir.


10. Jangan Paksakan Diri

Anda memang terampil membersihkan rumah, mencuci piring, dan memasak. Namun, jangan paksakan diri Anda untuk melakukannya jika akhirnya Anda malah stres sendiri. Lakukan saja semuanya semampu Anda. Ada baiknya selagi hamil, Anda mempekerjakan orang lain untuk membantu pekerjaan rumah tangga seperti mencuci baju, mencuci piring, atau membantu Anda memasak. Usahakan Anda tidak bekerja terlalu lelah. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   santai,   kandungan,   ibu hamil