Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Balita Mandi Memakai Sabun Orang Dewasa?

Bolehkah Balita Mandi Memakai Sabun Orang Dewasa?

Moms, Anda tentu tahu bahwa kulit Si Kecil lebih halus, lembut, dan tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Selain itu, kulit balita juga rentan terkena gangguan karena tingkat sensitifnya lebih tinggi. Karena itu, kulit balita memiliki sifat-sifat berikut:

• Lebih cepat menyerap air sekaligus kehilangan air. Akibatnya, kulitnya menjadi sangat mudah kering.

• Masih memiliki sedikit sekali faktor pelembap yang alami di kulitnya.



• Saat mandi, kulitnya lebih tips dan mudah terkikis, sehingga menjadi lebih mudah kering.

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam perawatan kulit balita adalah penggunaan sabun mandi. Apakah boleh memandikan balita dengan sabun yang biasa dipakai orang dewasa? Jawabannya, boleh-boleh saja, terutama jika Si Kecil sudah menginjak usia 5 tahun.

Namun, akan lebih baik jika Anda memandikan balita dengan menggunakan sabun khusus bayi atau anak. Hal tersebut perlu menjadi pertimbangan, karena jika salah memilih jenis sabun akan bisa membuat kulit balita menjadi lebih kering.

Kelembapannya juga akan berkurang, sehingga dapat menyebabkan iritasi dan infeksi dari bakteri atau jamur yang mudah bertumbuh dalam kulit Si Kecil. Penggunaan sabun khusus anak ini memang dibuat dengan menyesuaikan perkembangan kulit anak.

Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan ketika memilihkan sabun untuk balita, di antaranya:


Perhatikan Tingkat Keasaman

Pastikan bahwa sabun Si Kecil memiliki pH atau tingkat keasaman yang hampir serupa dengan kulitnya, yaitu sekitar 5,5 sampai 7. Ini termasuk dalam pH yang normal atau seimbang dengan kulit balita.




Hindari Alkohol

Beberapa jenis sabun dewasa memiliki kandungan alkohol, sehingga bisa mengakibatkan kering dan iritasi pada kulit Si Kecil. Jadi, hindari sabun dengan kandungan alkohol di dalamnya. Anda bisa melihat komposisi alkohol dengan nama ethanol atau ethyl alcohol yang tercantum pada kemasan sabun.


Mengandung Vitamin E dan Canola Oil

Kandungan canola oil pada sabun anak dapat berfungsi menjaga kelembapan secara alami pada kulit Si Kecil. Sedangkan vitamun E adalah antioksidan yang mampu membuat kulit balita tidak mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan yang berpolusi seperti saat ini.


Hindari Bahan Antibakteri

Lembaga Food and Drug Administration AS, tidak menyarankan sabun yang memiliki kandungan bahan antibakteri seperti triclosan dengan alasan dapat menyebabkan infertilitas (tidak subur) dan pubertas dini. Oleh karena itu, sekotor apa pun kulit balita Anda setelah ia bermain seharian di luar, hindari memandikannya dengan menggunakan sabun yang mengandung bahan antibakteri.


Pilih yang Hipoalergenik

Kulit balita memang lebih sensitif dan lebih mudah mengalami iritasi. Karena itu, Moms sebaiknya memakaikan sabun yang hipoalergenik saat memandikan Si Kecil. Bagaimana kita tahu kalau sabun tersebut hipoalergenik? Biasanya itu akan tertulis di kemasan sabun tersebut, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   mandi,   sabun,   kulit,   kesehatan,   sabun anak








Cover Januari - Februari 2020