Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 26 Maret 2019 / Redaksi

Tips Mencairkan ASI Beku yang Benar dan Aman untuk Bayi

Bagi ibu bekerja atau yang memiliki produksi ASI melimpah, memompa ASI untuk kemudian disimpan di lemari pendingin atau freezer bisa menjadi solusi tepat. Moms bisa gunakan ASI perah (ASIP) yang sudah disimpan tersebut di kemudian hari untuk diberikan pada bayi Anda.

Tapi kita semua tahu bahwa ASI yang beku tidak bisa langsung diberikan pada Si Kecil. Moms perlu mencairkannya terlebih dahulu. Yang perlu diingat, hindari langsung mencairkannya dengan cara memasaknya menggunakan panci atau memanaskannya di microwave. Mencairkan ASIP dengan cara tersebut berisiko merusak nutrisi dan antibodi yang terkandung di dalamnya.

Lalu bagaimana cara mencairkan ASI beku yang benar dan aman? Berikut cara yang bisa Anda lakukan, Moms.




Mencairkan ASI Beku yang Benar dan Aman

Untuk mencairkan ASI, Anda perlu melakukannya secara perlahan, Moms. Dengan demikian, nutrisi dan antibodi yang terkandung dalam ASI tidak menjadi rusak dan tetap bermanfaat buat Si Kecil. Berikut ini cara mencairkan ASI beku yang benar dan aman.

1. Pilih ASIP yang lebih awal disimpan

Bila Moms sudah menaruh banyak stok ASIP di dalam freezer, saat Anda ingin memberikannya pada Si Kecil, pilih ASIP yang yang sudah lama dimasukkan, sesuai dengan prinsip first in first out, yaitu berikan ASIP yang telah disimpan terlebih dahulu.

Karena itu, Moms perlu memberi label bertuliskan tanggal pada setiap botol atau wadah ASIP sebelum menyimpannya di freezer. Dengan begitu, Anda akan tahu sudah berapa lama ASIP disimpan dan mana yang harus digunakan terlebih dahulu.

Sebagai informasi, Jika disimpan di freezer kulkas 1 pintu, maka ASIP akan bisa bertahan selama 2 minggu. ASIP yang disimpan dalam freezer kulkas 2 pintu bisa bertahan 3-4 bulan. Sedangkan ASIP yang disimpan dalam freezer khusus ASI bisa bertahan 6-12 bulan.

2. Pindahkan ASI dari freezer ke kulkas bagian bawah



Ketika akan menggunakan ASIP beku, ASIP yang disimpan di dalam freezer perlu Moms pindahkan dulu ke bagian bawah kulkas yang memiliki suhu lebih hangat dari freezer. Perlu waktu sekitar 24 jam untuk mencairkan ASIP yang beku tersebut. Karena itu, jika Moms ingin memberikan ASIP buat Si Kecil, maka siapkan ASIP yang akan dicairkan sehari sebelumnya.

3. Cairkan dengan bantuan air

Selain membiarkan ASIP beku mencair dengan sendiri di kulkas, Moms juga bisa mencairkan dengan bantuan air, yaitu dengan mengalirkan air dingin pada wadah ASIP yang beku, lalu diikuti dengan mengalirkan memakai air hangat.

Jika ingin lebih cepat, Moms bisa menaruh wadah berisi ASIP beku di dalam wadah lebih besar berisi air hangat. Tapi ingat ya Moms, pakai air hangat (di bawah suhu 37 derajat Celsius), bukan air panas. Hindari menggunakan air panas karena berpotensi merusak nutrisi dan antibodi ASI Anda. Apalagi memanaskannya dengan bantuan microwave. Sayang kan, kalau ASI yang diminum bayi Anda tidak ada manfaatnya untuk Si Kecil.

4. Kocok ASIP yang sudah mencair sebelum diberikan pada bayi

Setelah ASIP Anda mencair, akan terlihat dua lapisan susu, lapisan lemak di bagian atas dan lapisan cairan di bagian bawah. Nah, sebelum diberikan pada Si Kecil, kocok dahulu ASIP tersebut dengan lembut. Hal ini dilakukan agar kedua lapisan tersebut dapat tercampur secara merata.

Jika ASIP beku yang sudah dicairkan ternyata masih tersisa atau malahan tidak jadi terpakai, jangan dimasukkan kembali ke dalam freezer ya Moms, karena bisa merusak kualitasnya. Dan jangan pula memberikan ASIP yang sudah dicairkan lebih dari 2 jam untuk Si Kecil. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Tips Mudah Memerah ASI dengan Tangan

Ketahui Cara Memompa ASI Hingga Lancar dengan Benar

Moms, Ketahui 5 Ciri-Ciri ASI Basi

OTHER ARTICLES

Tips Lancar Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Masalah Setelah Melahirkan: Varises dan Wasir

Masalah Setelah Melahirkan: Prolaps Organ Panggul (POP)

Pertanyaan Seputar Rupa Calon Bayi yang Ingin Anda Tahu

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Sahur