Home - Keluarga - Karier Ibu / 6 Maret 2019 / Redaksi

5 Dampak Negatif Membawa Pulang Pekerjaan ke Rumah

Bagi Moms yang tak hanya berperan sebagai ibu tetapi juga bekerja, tentu Anda memiliki kesibukan ekstra. Terkadang karena ingin pulang cepat, hal tersebut membuat Moms akhirnya membawa pulang pekerjaan yang belum selesai ke rumah. Hal ini ternyata dapat memberikan dampak negatif, khususnya pada psikologi Anda, Moms.

Sebab, menurut studi dari University of Zurich, Swiss dan University of South Florida, AS, disebutkan bahwa orang-orang yang mengaburkan batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi berisiko mengalami kelelahan. Tak hanya itu, mereka yang membawa pekerjaan ke rumah merasa hidupnya kurang sejahtera. Ada banyak hal yang menyebabkan Anda bisa merasakan hal tersebut, seperti:




1. Kinerja Kurang Optimal

Karena Anda rela untuk membawa pekerjaan ke rumah, tentu saja hal ini akan mengganggu waktu istirahat. Alhasil, kinerja di kantor pun bisa menurun karena kelelahan. Konsentrasi dan fokus juga bisa terganggu, sehingga Anda sangat perlu membatasi waktu untuk bekerja dan istirahat.


2. Kurang Istirahat

Rumah menjadi tempat yang sangat tepat untuk beristirahat dari kesibukan dalam satu hari. Jadi, membawa pulang pekerjaan akan sangat mengganggu waktu Anda untuk rileks dan melepas kepenatan. Hal ini pun akan mencegah Anda terkena penyakit seperti darah tinggi dan jantung, atau gangguan tidur (insomnia).


3. Kurang Komunikasi

Saat bekerja dilakukan setelah pulang ke rumah, Anda mungkin butuh berdiskusi dengan atasan atau bawahan. Hal ini tidak bisa dilakukan secara langsung, karena rekan kerja mungkin tidak melanjutkan pekerjaan. Mereka pun bisa merasa terganggu jika Anda masih membahas pekerjaan di luar waktu bekerja atau saat mereka sedang beristirahat, Moms.




4. Biaya Berlebih

Moms, sadarkah Anda ketika masih bekerja di rumah, maka biaya listrik, internet, atau mungkin makan dan minum menjadi bertambah? Hal ini bisa terjadi karena Anda memaksakan untuk tetap bekerja yang membutuhkan semua hal tersebut untuk menunjang pekerjaan yang Anda coba selesaikan di rumah. Secara tidak langsung, keuangan keluarga bisa terpengaruh, lho!


5. Kebersamaan Keluarga Berkurang

Anda menghabiskan waktu 10-12 jam ketika bekerja, belum lagi ditambah waktu perjalanan pergi dan pulang dari tempat kerja yang macet. Jika Moms masih membawa pekerjaan ke rumah, otomatis waktu bekerja bertambah dan menganggu waktu bersama keluarga. Hal ini menjadi yang terpenting, agar Moms tetap bisa menjaga bonding antara Anda dan Si Kecil.

Sebaiknya, hindari membawa pekerjaan pulang ke rumah. Selain kurang efisien dari sisi komunikasi antar rekan kerja, Anda juga kurang berinteraksi dengan keluarga. Jadi, selesaikan pekerjaan semaksimal mungkin dan pulang tepat waktu agar pekerjaan di kantor juga tetap maksimal. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

5 Survival Tips untuk Commuter Moms

Peran Ibu dalam Bekerja dan Rumah Tangga

4 Cara Mudah untuk Tetap Bahagia di Kantor

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda