Mother&Baby Indonesia
5 Survival Tips untuk Commuter Moms

5 Survival Tips untuk Commuter Moms

Karier dan rumah tangga menuntut tanggung jawab, komitmen, dan waktu yang memadai untuk dijalankan. Kini ibu pekerja yang rumahnya jauh dari kantor dapat mengandalkan banyak moda transportasi. Mau naik mobil sendiri? Memilih memakai mobil pribadi plus supir? Atau naik kendaraan umum? Kali ini, khusus untuk ibu pekerja commuter line, M&B memberikan tips agar hari-hari kerja Anda tetap menyenangkan.


1. Pahami Jadwal Keberangkatan Commuter Line

Meskipun tidak selalu tepat, commuter line memiliki jadwal keberangkatan yang sebaiknya Anda pahami. Jadwal ini pun dapat digunakan untuk memperkirakan waktu keberangkatan Anda dari rumah. Anda juga dapat mengunduh jadwal keberangkatan commuter line melalui aplikasi khusus untuk smartphone. Melalui aplikasi tersebut, Anda bisa melihat posisi terkini dari commuter line yang akan Anda naiki.




2. Tepat Memilih Sepatu

Agar kaki tidak capk dan cedera, sebaiknya hindari pemakaian high heels saat menggunakan commuter line. Apalagi, ada kalanya Anda harus berlari mengejar waktu. Kenakan sepatu yang nyaman dan bawa sepatu ganti. Berhentilah sejenak untuk merapikan penampilan Anda, termasuk mengganti sepatu begitu sampai di kantor, sehingga saat masuk ke ruangan, Anda sudah siap bekerja.


3. Istirahat

Waktu perjalanan yang cukup panjang dapat Anda gunakan semaksimal mungkin. Jika jarak yang ditempuh cukup jauh, Anda bisa menggunakannya untuk tidur agar badan dan pikiran kembali segar. Anda juga bisa sesekali melakukan stretching di tempat duduk agar badan tidak kaku.




4. Mencicil Pekerjaan

Jika Anda tak ingin tidur atau ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan, Anda bisa menggunakan waktu yang ada untuk menuntaskannya. Jika memungkinkan, Anda bisa mencatat pekerjaan di notes atau mengetik di gadget Anda. Hal ini akan membantu meringankan pekerjaan Anda saat di kantor dibandingkan dengan hanya melamun di perjalanan lho, Moms.


5. Toleransi

Berdesak-desakkan, dorong-dorongan, atau tidak mau mengantre saat memasuki gerbong adalah masalah yang kerap ditemui saat memakai commuter line. Meski sudah ada gerbong khusus perempuan, hal ini tetap terjadi. Untuk mengatasinya, pilih jadwal perjalanan yang nyaman.

Biasanya kondisi commuter line di pagi hari lebih penuh dibandingkan jika Anda berangkat agak siang. Kenalilah jam pergi yang tepat dan nyaman untuk Anda, apalagi jika Anda memiliki jam kantor yang cukup fleksibel. Bersikap baiklah dengan sesama penumpang dengan tidak menyerobot antrean. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   wanita karier,   karier ibu,   commuter mom,   commuter line








Cover Januari - Februari 2020