Home - Keluarga - Keuangan Keluarga / 3 Maret 2019 / Redaksi

Moms, Intip Trik Mudah agar Tidak Menjadi Impulsif!

Pada dasarnya, wanita memang suka belanja. Apalagi, mal dan online shop semakin marak belakangan ini dengan berbagai produk yang mampu memuaskan mata. Rasanya ingin beli semua barang yang ada dan Anda pun jadi impulsif.

Jika hal ini terus terjadi, akan bisa membuat perencanaan keuangan Anda terganggu, Moms. Tak terkecuali keuangan keluarga juga dapat terpengaruh jika sikap implusif ini tidak segera diatasi. Simak tips M&B agar Anda tak jadi impulsive buyer berikut ini:

1. Jangan iseng ke mal atau membuka situs online shop. Pergilah ke mal atau browsing jual-beli online hanya jika Anda butuh saja, lalu langsung ke tempat tujuan Anda (toko di mal atau bagian di online shopping).



2. Jika Anda memang ingin sekali jalan-jalan ke mal karena penat dan ingin refreshing, tidak perlu bawa dompet. Bawalah uang tunai secukupnya saja di kantung atau tas Anda. Pastikan juga untuk tidak membawa kartu kredit atau debit, karena kartu kredit atau debit akan memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran. Atau jika uang tunai yang dibawa kurang, akan muncul pikiran untuk mengambil uang di ATM. Karena itu, selalu bayar dengan uang tunai. Cara ini menghindarkan Anda dari membeli barang yang tak diperlukan.



3. Sebelum Anda menyentuh barang yang diinginkan atau meng-klik foto di online shop, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah ini benar-benar saya perlukan?” Jika jawabannya tidak, tinggalkan! Begitu juga saat ingin membayar, berikanlah waktu untuk diri Anda berpikir. Diamlah selama 10-15 menit hingga Anda berpikir ulang. Pasti Anda akan berkata “Oh ya, saya kan tidak perlu barang ini!” Hal ini efektif untuk dapat membuat pikiran menjadi lebih selektif dalam membeli barang yang dibutuhkan atau tidak. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

5 Hal yang Perlu Anda Lakukan setelah Gajian

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Anak

7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar Hemat

OTHER ARTICLES

7 Jurus Ampuh Anti Mengompol untuk Balita Anda

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Minuman Berenergi?

Tahu Lebih Banyak Soal Sariawan pada Bayi

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Tips Berkendara Aman dan Nyaman Bersama Si Kecil