Home - Bayi - Perawatan Bayi / 23 Maret 2019 / Redaksi

Tips Memotong dan Merapikan Kuku Bayi

Ooops…! Lihatlah Si Kecil tidak sengaja melukai wajahnya sendiri. Ternyata kukunya sudah panjang dan perlu dirapikan, Moms. Inilah saatnya Si Kecil mendapatkan perawatan kuku pertamanya. Namun bagaimana caranya?

Menggunting kuku Si Kecil memang harus menggunakan strategi tersendiri, mengingat jemari bayi masih sangat mungil. Karena itu, Moms perlu melakukannya dengan hati-hati. Tapi tak perlu takut, dengan sedikit panduan dari M&B berikut ini, Anda sudah bisa melakukannya, kok.




Langkah-Langkah Memotong dan Merapikan Kuku Bayi

1. Pertama, Anda harus memiliki nail clipper khusus untuk bayi. Selain itu, Anda juga harus punya gunting kuku bayi (yang memiliki bagian ujung tumpul) untuk merapikan bagian kuku yang tajam.

2. Sebaiknya potonglah kuku Si Kecil saat ia sedang tertidur lelap. Jika Anda melakukannya ketika ia sedang terjaga, kemungkinan besar ia akan banyak bergerak dan Anda sendiri pastinya akan merasa kesulitan untuk memotong dan merapikan kuku Si Kecil.

3. Memotong kuku bayi sebaiknya juga dilakukan saat kukunya lunak. Dengan begitu, Anda akan mudah untuk memotongnya. Nah, sehabis mandi adalah salah satu waktu yang tepat untuk memotong kuku Si Kecil.

4. Potonglah kuku bayi mengikuti bentuk jari Si Kecil. Jika Anda memotongnya dengan bentuk persegi atau segitiga, akan ada bagian tepi kuku yang menjadi tajam dan bagian tersebut malahan bisa melukai kulit Si Kecil nantinya, Moms.



5. Hindari memotong kuku Si Kecil terlalu dalam karena dapat memudahkan jarinya terluka. Bila jari kuku terluka, maka ia akan rentan terkena infeksi.

6. Di sela-sela antara jari dan kukunya juga terkadang terdapat kotoran. Anda dapat membersihkannya menggunakan air hangat dan kapas pembersih. Bersihkan terlebih dahulu, baru Anda bisa mulai memotong kukunya.

7. Periksa kembali kuku-kuku Si Kecil 2 atau 3 kali dalam seminggu. Kuku tangan biasanya tumbuh lebih cepat, jadi Anda perlu memotongnya secara rutin. Sedangkan kuku kaki tumbuh lebih lambat sehingga Anda cukup merapikannya seminggu sekali.

Selamat mencoba, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Moms, Ini Cara Menyimpan MPASI yang Aman dan Benar

Waspada dengan 6 Penyebab Bayi Menangis Kesakitan

Moms, Ini 4 Manfaat Pemberian Baby Oil untuk Bayi

OTHER ARTICLES

Benarkah Obstetric Cholestasis Jadi Penyebab Prematur?

Waspada Hepatitis A pada Anak! Ketahui 10 Fakta Ini

Cara Tepat Mencapai Tujuan Keuangan Keluarga Anda

Ini Tanda-Tanda Bayi Kelelahan dan Cara Mengatasinya

Tips Berpuasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung