Mother&Baby Indonesia
10 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

10 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting buat ibu hamil. Hal ini dibutuhkan untuk kesehatan Anda dan kandungan serta tumbuh kembang janin yang optimal.

Salah satu makanan yang sering direkomendasikan untuk ibu hamil adalah kacang hijau. Kacang jenis ini memang sangat terkenal di Indonesia karena harganya yang relatif murah, bisa diolah menjadi beraneka makanan lezat, serta kaya akan nutrisi.

Kacang hijau bisa Moms jadikan makanan wajib untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda sehari-hari. Saat nutrisi ibu hamil terpenuhi maka hal itu akan membantu perkembangan dan pertumbuhan janin.



Ada banyak manfaat yang diperoleh ibu hamil dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Apa saja? Cek penjelasannya berikut ini ya, Moms.


1. Mengurangi Risiko Masalah Kehamilan

Kandungan folat pada kacang hijau cukup tinggi, Moms. Konsumsi folat pada masa kehamilan mampu memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, berat badan rendah saat lahir, dan membantu mencegah cacat tabung saraf (NTD) serta kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.


2. Menjaga Kesehatan

Kacang hijau kaya akan vitamin C. Seperti kita tahu, vitamin C merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mengusir radikal bebas di dalam tubuh sehingga akan menjaga kesehatan tubuh ibu hamil tetap prima.


3. Memperkuat Tulang

Kacang hijau juga mengandung vitamin K. Vitamin ini berperan besar dalam pembekuan darah dan penyembuhan luka. Selain itu, fungsi vitamin K yang tak kalah penting adalah mempertahankan kondisi tulang agar tetap kuat bagi ibu dan janin dalam kandungan.


4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan sering dialami oleh ibu hamil. Mengonsumsi kacang hijau bisa menjadi solusinya, karena kacang hijau kaya akan kandungan serat yang akan membantu Anda mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.




5. Sumber Energi

Kandungan lain pada kacang hijau yang cukup tinggi adalah karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Karena itu, dengan mengonsumsi kacang hijau, energi dalam tubuh akan tetap terjaga, Moms.


6. Mencegah Anemia

Anemia saat masa kehamilan sangat berbahaya karena berisiko memicu pendarahan saat persalinan dan keguguran. Kacang hijau mengandung zat besi yang membantu proses pembentukan hemoglobin dalam darah, sehingga dengan mengonsumsi makanan ini, bumil bisa terhindar dari anemia.


7. Menjaga Produksi Sel dan Cairan Tubuh

Kandungan kalium dalam kacang hijau akan membantu tubuh Anda untuk mempertahankan produksi sel dan menjaga cairan tubuh.


8. Mengurangi Morning Sickness

Pada kacang hijau juga terdapat kandungan vitamin B yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan dan mengurangi mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil di masa-masa awal kehamilan. Selain itu, vitamin B juga memiliki banyak manfaat untuk janin, misalnya mengoptimalkan perkembangan otak, sistem saraf, dan jantung.


9. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan lemak yang dimiliki kacang hijau tergolong rendah yang tentunya baik buat kesehatan Anda yang tengah hamil, Moms. Kacang hijau mengandung lemak tak jenuh yang penting untuk kesehatan organ jantung. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, konsumsi kacang hijau secara teratur akan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.


10. Membantu Tubuh Tetap Bugar

Mineral mangan yang terkandung dalam kacang hijau juga punya peran besar membantu dalam melawan radikal bebas. Karena itu, dengan mengonsumsi kacang hijau, tubuh Anda akan tetap bisa bugar dan sehat selama masa kehamilan. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   hamil,   kacang hijau,   makanan ibu hamil,   nutrisi ibu hamil