Home - Nutrisi - Nutrisi / 13 Maret 2019 / Redaksi

10 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Selama ini, buah yang paling dikenal mengandung sumber vitamin C tinggi adalah jeruk. Padahal, jika kita telusuri lebih jauh, selain jeruk, masih banyak buah lain yang memiliki kandungan tinggi vitamin C, bahkan lebih kaya kandungan vitamin C-nya daripada jeruk.

Vitamin C sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga sangat diperlukan dan penting bagi tubuh. Beberapa manfaat vitamin C untuk tubuh adalah meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, membantu pembentukan kolagen, serta sebagai antioksidan buat tubuh.

Berikut adalah 10 buah yang mengandung vitamin C tinggi selain jeruk.




1. Jambu Biji

Buah ini mengandung vitamin C paling tinggi. Dalam satu buah jambu biji, terdapat lebih dari 200 mg vitamin C, melebihi kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk (50-70 mg dalam satu buah). Jambu biji juga memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk tubuh.


Dok. Freepik.com


2. Kiwi

Buah ini juga mengandung banyak sekali vitamin C. Jumlahnya pun melebihi jeruk, yaitu 84 mg terdapat dalam satu buah kiwi. Kiwi juga kaya akan antioksidan yang sangat membantu dalam melawan berbagai macam radikal bebas di dalam tubuh.


Dok. Freepik.com


3. Pepaya

Setengah buah pepaya mengandung sekitar 95 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C pada jeruk. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat yang berfungsi memperlancar pencernaan, vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata, serta vitamin B yang bermanfaat dalam metabolisme tubuh.


Dok. Freepik.com


4. Nanas

Dalam 3,5 ons buah tropikal ini terdapat 48 mg vitamin C. Karena itu, nanas menjadi salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain, enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan berfungsi sebagai antiperadangan.


Dok. Freepik.com


5. Stroberi

Setengah gelas buah stroberi (125 ml jus stroberi asli) mengandung 52 mg vitamin C. Walaupun kandungan vitamin C-nya lebih sedikit daripada jeruk, stroberi tidak kalah bermanfaat buat tubuh. Mengonsumsi buah ini secara rutin akan membantu mencegah kanker, peradangan, dan penuaan dini.


Dok. Freepik.com




6. Mangga

Satu buah mangga mengandung 60 mg vitamin C. Jumlah tersebut sama dengan kebutuhan vitamin C sehari-hari yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Mangga juga kaya akan serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol, yang bisa membantu melindungi dari bahaya kanker.


Dok. Freepik.com


7. Leci

Terdapat 132 mg vitamin C dalam 100 gram buah ini. Leci juga mengandung polifenol yang menjadi antioksidan bagi tubuh sehingga sangat baik untuk menangkal radikal bebas, mencegah infeksi, dan mendukung sistem keseimbangan cairan dalam tubuh.


Dok. Freepik.com


8. Blackcurrants

Dalam 68 gram blackcurrants terdapat sekitar 200 mg vitamin C. Umumnya, buah ini dikonsumsi sebagai minuman dalam bentuk jus.


Dok. Freepik.com


9. Tomat

Setiap 100 gram tomat mengandung sekitar 100 mg vitamin C. Buah ini juga mengandung zat lycopene yang dapat meningkatkan hormon adiponectin di dalam tubuh. Hormon ini disebut mampu mengatur kadar lemak dan mencegah obesitas yang memicu kanker payudara. Zat tersebut juga mampu menghentikan sel kanker payudara tumbuh dan menyebar.


Dok. Freepik.com


10. Paprika

Paprika lebih sering digunakan sebagai sayuran pelengkap dalam masakan. Meskipun begitu, kandungan vitamin C dalam paprika cukup tinggi, yaitu sebesar 183 mg dalam setiap 100 gram buahnya. Jenis paprika yang paling baik untuk dikonsumsi dan mengandung banyak vitamin C adalah paprika yang berwarna kuning.


Dok. Freepik.com


(M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

10 Buah yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Moms, Ini Manfaat Buah Anggur

Menyembunyikan Sayur di Makanan Favorit Anak

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda