Home - Nutrisi - Nutrisi / 6 Maret 2019 / Redaksi

Satu Lagi Manfaat Sayuran Hijau, Mempertajam Ingatan!

Moms, kita mungkin sudah tahu bahwa mengonsumi sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Sayuran hijau menjadi salah satu menu makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi. Mengonsumsi jenis makanan ini pastinya akan memberikan segudang manfaat untuk kesehatan, terlebih jika Anda dan keluarga mengonsumsinya secara rutin.

Beberapa manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi sayuran hijau antara lain adalah membantu melawan infeksi serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, kekebalan tubuh, dan peredaran darah.

Sayuran hijau mengandung klorofil, serat, lutein, zeaxanthin, kalsium, folat, vitamin C, dan beta karoten. Nutrisi dalam sayuran ini antara lain bertujuan untuk mengurangi risiko kanker, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan melawan radikal bebas yang berbahaya.





Sayuran Hijau Mempertajam Ingatan

Nah, ada kabar baik bagi Anda yang senang mengonsumsi sayuran hijau! Penelitian terbaru yang dipresentasikan dalam American Society for Nutrition (ASN) Annual Meeting during Experimental Biology menyebutkan bahwa vitamin K yang terdapat dalam sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, dan sawi hijau memiliki efek yang baik untuk mempertajam ingatan.

Sama seperti organ tubuh yang lain, otak kita tidak bisa melawan proses alamiah tubuh manusia, yaitu proses penuaan. Semakin bertambah usia seseorang, semakin menurun pula kemampuan otaknya.



Salah satu penyakit yang berhubungan dengan ingatan dan kerap dialami karena faktor pertambahan usia adalah alzheimer. Ini merupakan kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat yang sifatnya perlahan-lahan.

“Mengalami penurunan daya ingat di usia senja merupakan ketakutan semua orang. Apalagi, hal itu juga erat kaitannya dengan penyakit alzheimer dan demensia. Karenanya, mengonsumsi sayuran hijau sangat dianjurkan untuk mencegah kondisi tersebut,” jelas Martha Morris, Sc.D, asisten rektor di Rush University Medical Center dan ketua dari penelitian ini.

Penelitian dilakukan sekitar 5 tahun dan melibatkan lebih dari 950 orang dewasa. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi sayuran hijau 1-2 kali sehari memiliki daya ingat 11 tahun lebih muda dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Penelitian juga membuktikan, sama seperti folat, lutein, dan beta karoten, vitamin K dalam sayuran hijau dapat menjaga kesehatan otak. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Omega-3 bisa Kurangi Sikap Agresif pada Anak Lho, Moms

Makanan Sehat untuk Jaga Konsentrasi saat Beraktivitas

Garam, Gula, dan Lemak Berbahaya untuk Anak, Benarkah?

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda