Home - Kesehatan - Gaya Hidup Sehat / 16 Maret 2019 / Redaksi

7 Langkah Merawat Kulit agar Sehat dan Awet Muda

“Tidak semua kulit diciptakan sama. Anda tidak bisa meremehkan nilai genetik,” ujar Paula Bourelly, MD, profesor dermatologi di Georgetown University. Tetapi, gen hanyalah poin awal. Mendapatkan kulit cantik dan sehat juga terkait dengan praktik perawatan sehari-hari yang baik. Bagaimana saja sih cara merawat kulit agar selalu sehat? Ikuti panduan do’s dan dont’s berikut ini yuk, Moms.


Do: Bersihkan make up sebelum tidur



Don’t: Melupakan eksfoliasi

Meski sangat lelah, membersihkan wajah sebelum tidur adalah ritual yang tidak boleh dilupakan. Bagaimana pun, kulit juga perlu bernapas, dan lupa membersihkan make up bisa membuatnya tersumbat. Kalau sudah begini, kulit bisa berjerawat dan timbul komedo.

Anda juga tidak boleh lupa eksfoliasi kulit wajah, setidaknya 1-2 kali seminggu. Ini bisa dilakukan dengan mengoleskan pasta yang terbuat dari campuran bubuk kacang kenari dan yoghurt.


Do: Tidur 8 jam

Don’t: Begadang

Dianjurkan untuk tidur 8 jam sehari, karena kurang tidur bisa membuat kulit kelelahan, kendur, dan menimbulkan kantung mata.

“Jangan lupa juga untuk membersihkan wajah serta mengoleskan pelembap sebelum tidur,” saran dr. Rahul Nagar, dermatolog dari Max Hospital. Untuk kulit kering, oleskan banyak pelembap.


Do: Konsumsi makanan sehat

Don’t: Makanan yang digoreng, pedas, dan tinggi garam

Seperti dilansir dari Mayo Clinic, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet kaya vitamin C, rendah lemak tak sehat, maupun karbohidrat olahan, bisa membuat kulit terlihat lebih muda lho, Moms.


Do: Olahraga rutin

Don’t: Mengabaikan penggunaan toner



Tak perlu olahraga berat, Anda cukup lari, naik sepeda, atau yoga untuk melancarkan sirkulasi tubuh. Ketika Anda berkeringat, maka ini pertanda racun-racun di tubuh Anda juga ikut keluar, Moms. Selain membuang kotoran, olahraga juga meningkatkan produksi kelenjar minyak serta memperbanyak aliran darah ke kulit. Hal ini penting karena darah membawa oksigen dan nutrisi yang menjaga kesehatan kulit.

Pastikan untuk menggunakan toner sebelum dan setelah berolahraga. Toner membantu mengurangi produksi minyak sebelum berolahraga. Setelah olahraga dan membersihkan diri, oleskan shea butter atau minyak zaitun untuk melembapkan kulit.


Do: Kelola stres

Don’t: Merokok

Merokok dan stres bisa membuat kulit lelah dan cepat tua! Merokok menguras oksigen dan nutrisi kulit yang penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Merokok juga merusak kolagen serta elastin, serabut yang memberikan kekuatan dan elastitisitas pada kulit.

Jika Anda perokok, cara terbaik untuk melindungi kulit tentu saja dengan berhenti merokok. Sementara stres yang tidak terkontrol bisa membuat kulit lebih sensitif dan memicu masalah kulit lainnya.


Do: Gunakan pelembap dan tabir surya

Don’t: Melupakan tabir surya

Bahkan ketika cuaca mending sekali pun, Anda tetap perlu memakai tabir surya dan pelembap. Kalau Anda terbiasa menggunakan pelembap yang sama selama bertahun-tahun, mungkin bisa mencoba yang baru.

“Cari pelembap yang mengandung ekstrak kopi atau ceramide,” saran dr. Barankin. Di malam hari, gunakan krim berbahan vitamin C, yang bertindak sebagai agen pencegah penuaan dini dan pengangkat lapisan kulit mati.


Do: Gunakan pembersih saat membersihkan wajah

Don’t: Pemakaian sabun

Cleanser adalah pilihan terbaik,” saran dr. Benjamin Barankin, dermatolog di Toronto Dermatology Centre. Pilih pembersih yang tidak mengandung sodium lauryl sulphate (SLS), detergen yang tidak hanya membersihkan hingga ke kulit dalam tetapi juga membuat dehidrasi kulit. Setelah memakainya, bilas dengan air suam-suam kuku dan keringkan dengan ditepuk-tepuk, bukan digosok. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

7 Minuman Sehat untuk Anak-Anak

Tips Mengatasi Emotional Eating Ibu Baru Melahirkan

Tips Sehat dan Cantik dengan Pijat Wajah

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda