Home - Kesehatan - Kesehatan / 22 Maret 2019 / Redaksi

Cerita Cinta untuk Para Pejuang Kanker Tiroid

Fakta memamparkan bahwa pada tahun 2015, Indonesia menempati posisi sebagai negara dengan gangguan tiroid tertinggi di Asia Tenggara. Riset IMS Health pun menyatakan sebanyak 17 juta masyarakat Indonesia mengalami gangguan tiroid, dan jumlah ini bisa jadi lebih tinggi karena masih banyak kasus gangguan tiroid yang belum terdiagnosis. Kanker jenis ini juga sulit dideteksi, karena gejalanya sangat umum. Bahkan pada tahap awal, seringkali tidak menimbulkan gejala sama sekali, dan baru terdiagnosis di stadium lanjut.

Sebagai persembahan untuk para pejuang tiroid Indonesia yang tergabung dalam komunitas Pita Tosca dan sahabatnya, Dwi Aryaningtyas (founder Pita Tosca, perempuan inspiratif kategori kesehatan) yang juga merupakan survivor kanker tiroid, Diah Kusumawardani Wijayanti, founder Yayasan Belantara Budaya Indonesia, menggagas sebuah pagelaran amal berupa drama musikal tradisional berjudul “Cerita Cinta”.

Drama musikal ini menceritakan seorang anak bernama Cinta dan sahabat-sahabatnya Alam, Lanang, Bunga, dan Manyar dengan mimpinya masing-masing. Cinta ingin sekali membuat rumah sakit untuk orang tuanya yang menderita kanker tiroid. Dibantu oleh para sahabatnya, ia membuat Rumah Sehat Cinta. 




Pagelaran yang menggabungkan musik tradisional angklung, lagu tradisional, tari tradisional, dan lagu nostalgia di tahun 90-an ini menampilkan sebanyak 99 anak didik Yayasan Belantara Budaya, juga penampilan khusus tarian tradisional dari para survivor kanker tiroid.



Selain itu, acara yang dibuka oleh Ibu Puan Maharani selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Prof. Nurhadi Magetsari selaku Guru Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia ini juga menampilkan artis-artis Tanah Air seperti Indra Bruggman, Dimas Beck, Rebecca Reijman, Shahnaz Haque, serta Ayu Dyah Pasha. Pagelaran ini juga didukung oleh berbagai pihak, yaitu Mother&Baby, Bintang Bersinar Indonesia, Zoya Cosmetics, Dakara Indonesia, Click 5 Studio, Bambu Spa, Altrovis, Tabloid Nova, DAAI TV, Jawapos TV, serta 103 POP FM Jakarta.


Harapannya, pagelaran ini akan membangkitkan semangat pelestarian budaya dan tradisi dengan tontonan yang mengambarkan semangat kebhinekaan. Semoga dengan adanya kegiatan ini, kita juga bisa terus memberikan semangat dan harapan agar para pejuang kanker tiroid dapat kembali hidup sehat secara fisik dan psikologis ya, Moms! (Nanda Djohan/SW/Dok. Yayasan Belantara Budaya Indonesia)

 

 


RELATED ARTICLE

6 Persiapan Penting untuk Hamil Lagi

5 Bahan Kimia Sehari-hari yang Aman untuk Ibu Hamil

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

OTHER ARTICLES

Ini Alasan Bayi Baru Lahir Jangan Langsung Dimandikan

Rekomendasi 4 Area Glamping untuk Keluarga

5 Pelajaran Penting untuk Mendidik Anak Usia 3 Tahun

Bulu-Bulu Halus pada Tubuh Bayi Baru Lahir, Apa Itu?

Ibu Hamil Mudah Mengantuk? Ini Alasannya!