Home - Kesehatan - Kesehatan / 14 Maret 2019 / Redaksi

10 Tips Memilih Sepatu untuk Ibu Hamil

Pilihan jenis, bahan, dan model sepatu yang tepat tentu akan menambah kenyamanan serta mempermudah kelancaran beraktivitas semasa hamil. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda cermati saat memilih alas kaki yang tepat ketika Anda sedang hamil, Moms.


1. Sesuaikan dengan Usia Kehamilan

Sesuaikan usia kehamilan Anda dengan jenis sepatu atau sandal yang akan Anda kenakan. Semakin besar kehamilan Anda, alas kaki harus semakin nyaman untuk dikenakan. Ukuran kaki juga dapat berubah seiring bertambahnya usia kehamilan.



Ganti ukuran sepatu atau sandal ke nomor yang lebih besar. Jangan memaksakan diri menggunakan sepatu atau sandal dengan ukuran yang lama karena hanya akan membuat kaki Anda jadi cepat lelah dan lecet.


2. Jangan Terlalu Tinggi

Pilihlah sepatu atau sandal dengan hak yang tidak terlalu tinggi. Untuk ibu bekerja yang penuh aktivitas sepanjang hari, pilihan sepatu dengan tinggi hak maksimal 2 cm saja sudah cukup. Sepatu tinggi membuat tulang belakang bekerja dua kali lipat untuk menjaga keseimbangan saat berdiri atau berjalan. Hal ini akan menyebabkan Anda cepat merasa lelah.


3. Jangan Terlalu Datar

Sepatu bertumit datar (flat shoes) memang nyaman. Tetapi hati-hati, penggunaan sepatu yang terlalu datar seperti thongs justru tidak dianjurkan karena akan menyebabkan berat tubuh lebih bertumpu ke tumit. Akibatnya, Anda akan lebih cepat merasa capek dan tumit pun jadi terasa nyeri. Pilih sepatu yang memiliki tonjolan pada alas kaki untuk membagi beban tubuh secara merata ke seluruh telapak kaki.


4. Sesekali Boleh Memakai Wedges

Sepatu bertumit tinggi seperti stileto memang tidak disarankan. Namun bila terpaksa dan harus mengenakan sepatu tinggi saat hami, Anda bisa memilih jenis wedges atau sepatu tinggi bertumit lebar, sehingga mampu menahan berat badan Anda dengan lebih merata.


5. Pilih Sol Sepatu yang Lebar

Beban perut ibu hamil tertumpu pada kaki. Untuk itu, pilihlah sepatu dengan sol atau ujung tumit yang cukup lebar. Sol atau tumit sepatu yang terlalu 'langsing' atau menyempit akan sulit untuk memperingan kerja otot, tulang, maupun urat kaki. Akibatnya, saat berdiri atau berjalan, tubuh jadi kurang stabil.




6. Antiselip dan Tidak Licin

Pastikan bagian bawah sepatu Anda terbuat dari bahan yang antiselip dan tidak licin. Pilih sol sepatu dari karet dan hindari bagian bawah sepatu yang terlalu 'polos' ya, Moms.


7. Lebih Baik Sepatu Olahraga

Sepatu kanvas atau sepatu olahraga merupakan pilihan yang tepat untuk dipakai saat Anda hamil, Moms. Sepatu jenis ini juga nyaman untuk aktivitas berjalan yang cukup panjang sekalipun.


8. Fleksibel Mengikuti Bentuk Kaki

Pilih bahan sepatu yang tidak kaku, lunak, lembut, dan fleksibel mengikuti bentuk kaki. Selama masa kehamilan, bentuk kaki dapat membesar atau membengkak. Untuk itu, hindari sepatu berujung runcing. Bila Anda menyukai model tersebut, pilih yang bertumit terbuka atau yang terbuat dari bahan yang lembut, seperti kain atau suede.


9. Pilih Jenis Peep Toe

Sepatu sandal tali atau sepatu yang memiliki ujung terbuka (open toe atau peep toe) sangat disarankan, karena jari-jari bumil jadi tidak terkurung dan bisa bebas bergerak.


10.Sandal yang 'Mengikat'

Sandal model thongs memang terlihat chic, tetapi pilih yang memiliki ban di bagian tengah kaki agar bersifat 'mengikat' sehingga sandal tidak mudah terlepas. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

5 Bahan Kimia Sehari-hari yang Aman untuk Ibu Hamil

Moms, Ini Aturan Soal Kebiasaan Minum Kopi saat Hamil

Amankah Mengonsumsi MSG saat Hamil?

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda