Home - Kesehatan - Kesehatan / 13 Maret 2019 / Redaksi

5 Bahan Kimia Sehari-hari yang Aman untuk Ibu Hamil

Wanita mana yang tak bahagia saat mengetahui dirinya hamil? Tetapi, kebahagiaan itu biasanya juga akan diikuti dengan beberapa kecemasan. Bila sebelum hamil Anda bisa mewarnai rambut, menenggak aspirin atau obat lainnya saat sakit kepala atau flu, dan makan atau minum apa pun yang Anda inginkan tanpa harus berpikir dua kali, kini setelah hamil semuanya tentu akan berbeda.

Sebelum melakukan sesuatu, Anda pastinya akan berpikir dulu, “Ini aman tidak ya buat bayi saya?” Kecemasan itu tak hanya berlaku saat bumil memilih makanan, tetapi juga saat menggunakan bahan kimia sehari-hari, mulai dari menggunakan produk pembersih, mencuci pakaian, hingga mengecat ruangan. Duh, semuanya butuh ekstra perhatian Moms, karena Anda mungkin saja merasa khawatir Si Kecil dalam perut Anda akan terkena dampak negatifnya.

Untuk itu, ketahui 5 bahan kimia yang sering Anda gunakan setiap hari, dan ternyata aman untuk bumil.




1. Produk Pembersih

Faktanya: Soal bahaya produk kimia pembersih rumah bagi janin masih jadi bahan perdebatan. Bila Anda menggunakannya, jangan lupa memakai sarung tangan dan hindari kontrak secara langsung dengan produk-produk dengan wangi yang menyengat juga segala jenis pestisida.


2. Penyegar Ruangan dan Aerosol

Faktanya: Banyak aerosol dan penyegar ruangan menyebarkan zat organik yang dapat berdampak negatif bagi kehamilan. Bila Anda terpaksa menggunakannya, jangan gunakan di ruangan tertutup dan usahakan agar ventilasi di dalam ruangan berfungsi dengan baik.




3. VDU dan Fotokopi

Faktanya: Banyak wanita hamil cemas dengan efek fotokopi dan komputer selama kehamilan. Radiasi fotokopi dan VDU (visual display unit) sebenarnya hanya sedikit dan tak perlu dicemaskan.


4. Cat

Faktanya: Sebisa mungkin, hindari mengecat ruangan untuk mengurangi paparan bahan kimia. Namun bila terpaksa, lebih aman Anda pakai cat berbahan dasar air, seperti emulsi, dan hindari cat berbahan dasar minyak, cat semprot, cairan penghapus cat, dan terpentin. Gunakan sarung tangan dan usahakan ventilasi yang baik ya, Moms.


5. Dry Clean

Faktanya: Wanita hamil aman mengenakan pakaian yang di-dry clean, karena jumlah bahan pembersih yang tertinggal pada pakaian hanya sedikit sekali. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)

share to BBM

 

 


RELATED ARTICLE

Moms, Ini Aturan Soal Kebiasaan Minum Kopi saat Hamil

Amankah Mengonsumsi MSG saat Hamil?

Hormon Ibu Pengaruhi Kemampuan Berhitung Anak

OTHER ARTICLES

6 Jenis Alat Kontrasepsi Hormonal untuk Wanita

Cara Mudah Mengeluarkan Ingus pada Bayi

7 Cara Ajarkan Anak Bertanggung Jawab

Tips Menyiapkan Kamar Bayi yang Aman dan Nyaman

Belanja Produk Lokal Penuh Promo di Market & Museum