Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 22 Maret 2019 / Redaksi

Anak Sering Pakai Sepatu Anda? Ini Penyebabnya

Sepertinya hampir semua anak pasti pernah mencoba memakai sepatu orang tuanya. Walaupun (sangat) kebesaran, namun anak terlihat nyaman saja memakainya. Tidak hanya itu, anak juga sering mengenakan pakaian orang tuanya. Entah itu gaun Mama, dasi Papa, atau bahkan pakaian dalam!

Bagaimana reaksi Anda ketika melihat tingkah Si Kecil saat mengenakan sepatu atau pakaian Anda? Kami mengerti, pasti antara lucu, tetapi juga khawatir sepatu kebesaran itu akan membuatnya tersandung. Apalagi, kalau dia ngotot ingin berjalan-jalan mengelilingi rumah sambil memakai sepatu Anda. Kalau dilarang, biasanya Si Kecil malahan akan marah. Sedangkan ketika Anda sodorkan sepatu miliknya sendiri, pilihannya hanya dua: ditolak atau dipakai hanya selama 3 menit untuk kemudian ia copot lagi.




Duh, Menggemaskan sih, Tapi...

Mungkin Anda merasa sebal dengan perilaku Si Kecil ini, juga merasa malu melihat anak lelaki Anda berkeliling dengan sepatu hak tinggi Anda. Perlukah perilaku ini ditanyakan ke dokter?

Jawabannya, “Tidak perlu,” kata Dr. Polly Carmichael, konsultan psikologis di Great Ormond Street Hospital, London, Inggris. “Sepatu adalah benda yang biasanya berada di sekitar mereka. Sama seperti barang-barang lain di sekitarnya, mereka tentu saja bisa tertarik dengan warnanya atau pernak-pernik aksesorinya, seperti tali sepatu atau kancing sepatu.”




Ini Caranya Bersenang-senang

“Sepatu juga merupakan salah satu cara mereka belajar membuat keputusan, untuk memilih yang mereka inginkan dan melakukan eksplorasi dengan bermain. Memakai sepatu orang lain, membuat mereka berimajinasi menjadi orang tersebut, misalnya menjadi Mama dengan memakai sepatu hak tinggi Anda, atau menjadi Papa dengan memakai jas suami Anda. Seringkali perilaku ini pada awalnya mengundang tawa, membuatnya merasa mendapat tanggapan positif. Ini merupakan cara untuk bermain dan bergembira bersama Anda atau orang yang menjaganya.” tambah Dr. Carmichael.

Tidak ada salahnya jika Anda mengumpulkan sepatu lama yang bisa menarik perhatiannya dan biarkan dia mencoba-coba untuk membuatnya senang. Percayalah, Anda juga bisa terhibur bermain bersama Si Kecil dengan cara seperti itu. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

10 Fakta Down Syndrome pada Balita

7 Tipe Balita Teman Playdate Anak yang Perlu Anda Tahu

7 Cara Ajarkan Anak Bertanggung Jawab

OTHER ARTICLES

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

8 Rahasia Hidup Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar

Hal-Hal Memalukan yang Dialami saat Anda sedang Hamil

Hati-Hati! Orang Dewasa Juga Bisa Kena Cacar Air, Lho