Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 14 Maret 2019 / Redaksi

5 Tips Jitu Mengasah Percaya Diri Anak

Moms, memasuki usia sekolah, kemampuan anak Anda semakin kompleks. Kepribadiannya pun sudah semakin terlihat, seperti saat bersosialisasi dengan kawan-kawannya atau saat memutuskan suatu hal. Nah, salah satu hal yang penting untuk tumbuh kembang Si Kecil adalah memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Percaya diri merupakan keyakinan pada kemampuan sendiri untuk melakukan sesuatu. 


Pentingnya Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri Si Kecil memang harus dibangun sejak dini. Karena rasa percaya diri yang ia miliki tidak hanya berguna untuk mempertahankan hidupnya, namun juga sebagai modal untuk dirinya terus berkembang. 



Jika anak memiliki rasa percaya diri, banyak hal positif yang akan timbul dalam dirinya. Si Kecil akan lebih nyaman berada dalam lingkungannya, berani mencoba hal baru, dan tentunya tidak 'menempel' terus pada orang tua. Bahkan, salah satu kunci untuk sukses yang pertama adalah merasa yakin dan percaya pada diri kita sendiri bahwa kita pasti bisa melakukannya. Hal ini perlu dimiliki agar Si Kecil mampu menggapai cita-citanya atau menjadi juara di bidangnya.


Meningkatkan Percaya Diri Anak

Agar Si Kecil semakin percaya diri akan kemampuan yang ia miliki, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk meningkatkan rasa percaya dirinya, yaitu:

1. Cintai anak. Rasa cinta yang ia dapat dari orang tua dan keluarganya menjadi fondasi yang kuat untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Si Kecil butuh merasa dicintai dan diterima, mulai dari keluarganya, lalu meluas pada teman-teman sekolahnya, dan lingkungan sosialnya.

2. Syukuri kelebihan diri. Bantu Si Kecil untuk menerima keadaan diri sendiri, atau mensyukuri kelebihan yang ia punya. Sehingga dengan begitu, rasa percaya dirinya juga akan muncul. Moms juga sebaiknya fokus pada kelebihan yang dimiliki anak, bukan pada kekurangannya.

3. Beri anak pujian. Pujian penting diberikan karena Si Kecil mengukur nilai dan prestasinya dari apa yang Anda pikirkan atau katakan. Namun, perlu diingat, pujian yang Moms berikan juga harus realistis. Jika ia melakukan kegagalan tetap puji usahanya, bukan hasilnya. Tanamkan pula padanya bahwa ia tidak harus melakukan semua hal dengan sempurna, ada hal yang perlu ia lakukan dengan usaha keras dan latihan secara berulang.

4. Tanamkan semangat positif. Terkadang anak gagal dalam melakukan sesuatu. Meskipun demikian, berikan Si Kecil penilaian yang positif. Saat ia merasa tidak percaya diri, ajak ia mengucapkan kata-kata ‘ajaib’ seperti “Aku percaya aku bisa!”, sehingga ia akan memiliki semangat positif dan tidak mudah menyerah.

5. Beri dukungan. Selalu dukung anak dalam setiap kesempatan. Hal ini sangat signifikan dalam meningkatkan percaya diri Si Kecil. Moms juga bisa contohkan salah satu tokoh sukses sebagai role model bagi anak untuk memotivasinya.


Tampil di Depan Umum

Orang bijak mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Hal yang sama juga berlaku untuk anak, Moms. Pengalaman akan membuatnya belajar untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Contohnya, jika Si Kecil mendapat pengalaman baik, seperti tampil di muka umum dan mendapat tepuk tangan meriah, hal ini akan menambah rasa percaya diri dan optimismenya. Sebaliknya, jika ia mendapat pengalaman buruk, seperti menyanyi di depan banyak orang, tapi ia lalu lupa liriknya, mungkin saja Si Kecil akan merasa minder dan jadi anak yang pesimis. Meskipun begitu, sebagai orang tua, Moms bisa membantu Si Kecil mengatasi pengalaman buruknya itu. Usir rasa takut dan groginya dengan cara berikut.

• Ajak anak untuk latihan sehari-hari di depan cermin agar ia terbiasa.



• Tumbuhkan rasa percaya diri yang kuat di dalam diri anak. Katakan pada anak untuk jangan takut salah, karena pada dasarnya kita semua masih belajar

• Ajak anak untuk latihan mengurangi rasa panik, seperti dengan menghirup napas dalam-dalam, tertawa, atau berbicara dengan lantang. Penampilan yang menarik juga bisa membantunya menambah percaya diri dan mengatasi panik.


Kids Story Competition

Salah satu cara untuk membantu menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah dengan membiasakan diri tampil maju di depan umum sedari kecil. Bingung bagaimana caranya, Moms? Yuk, ajak saja buah hati Anda untuk berani bercerita di acara Kids Story Bakmi GM. Selain bisa melatih percaya diri Si Kecil, ia juga bisa memenangkan hadiah senilai jutaan rupiah serta berbagai hadiah menarik lainnya lho, Moms. Ikuti juga workshop “Public Speaking for Kids” yang merupakan rangkaian acara dari Kids Story Bakmi GM.

Anda juga akan mendapatkan “Free Roadshow Kids Story Bakmi GM Ke Sekolah” hanya dengan mendaftarkan sekolah anak Anda dengan minimum 20 anak sebagai peserta kompetisi Kids Story Bakmi GM.

Periode kompetisi akan berlangsung pada Maret-Juli 2019 (Tanggal akan diinfokan kembali di sosial media Bakmi GM).

Cara pendaftarannya cukup mudah, Moms.

• Melalui Sosial Media: Kirim pesan pendaftaran Kids Story Competition ke Facebook atau Instagram Bakmi GM dengan menyertakan nama anak, alamat, nama sekolah, nomor telepon & pilihan tema cerita.

• Melalui Sekolah: Isi form pendaftaran yang sudah diberikan jika sekolah Si Kecil sudah dikunjungi oleh Bakmi GM.

• Kunjungi Store Bakmi GM terdekat dan isi form pendaftaran jika sekolah Si Kecil belum dikunjungi oleh Bakmi GM.

Untuk informasi lebih lanjut, Moms bisa hubungi Store Bakmi GM terdekat atau kirim e-mail ke [email protected] atau telepon ke 021-5655-008.

Yuk Moms, saksikan Festival Kids Story Bakmi GM di mal-mal Jabodetabek (coming soon) dan tumbuhkan rasa percaya diri Si Kecil lewat event ini! (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Perhatikan Ini saat Ajak Balita Pindah ke Rumah Baru

Diet untuk Balita, Bolehkah Diterapkan?

3 Penyebab Batita Bangun Lebih Cepat dari Biasanya

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda