Mother&Baby Indonesia
Ini Jenis-Jenis Vitamin yang Baik untuk Anak 1 Tahun

Ini Jenis-Jenis Vitamin yang Baik untuk Anak 1 Tahun

Seiring pertumbuhan usia bayi, kebutuhan nutrisi Si Kecil pun bertambah. Terutama, setelah memasuki usia 1 tahun, ia memerlukan nutrisi seimbang dari vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, dan protein. Selain agar tumbuh kembang lebih optimal, sistem imunitas mereka juga bisa lebih kuat.

Salah satu yang masih menjadi perhatian orang tua adalah memberikan vitamin untuk anak usia 1 tahun. Di usia ini, Moms memang tidak bisa memberikan satu vitamin khusus saja, karena tubuh Si Kecil membutuhkan beragam vitamin, agar ia tidak rentan terkena penyakit.




Vitamin untuk Anak 1 Tahun

Ada beragam jenis vitamin yang perlu diberikan kepada Si Kecil, terutama saat usia mereka memasuki 1 tahun. Agar Moms tidak bingung, lihat penjelasannya di sini:

1. Vitamin A

Berguna untuk menjaga kesehatan mata, terutama dalam membedakan warna dan kekuatan pandangan di malam hari. Sistem imun tubuh juga meningkat, sehingga tubuh dapat melawan bakteri pemicu infeksi. Vitamin ini dapat ditemukan pada wortel, hati ayam, atau sayur dan buah berwarna jingga (belewah).

2. Vitamin B

Vitamin B memiliki ragam jenis lainnya, seperti B6, B12, biotin, juga folat, yang mampu mengurai makanan menjadi energi. Tak hanya itu, mencukupi kebutuhan vitamin ini dapat membuat anak terhindar dari risiko anemia. Anda bisa memberikan ayam, ikan, daging, sayuran berwarna hijau, juga susu yang kaya akan vitamin B.

3. Vitamin C

Untuk menghindari pilek dan batuk pada anak, pemenuhan vitamin C menjadi sangat penting, Moms. Selain untuk melawan infeksi, vitamin C juga dapat mempercepat penyembuhan luka Si Kecil saat terjatuh atau tergores ketika bermain. Buah seperti jeruk, tomat, stoberi, pepaya, juga sayur brokoli bisa menjadi pilihan makanan untuknya.

4. Vitamin D



Anak tentu membutuhkan kalsium sebagai mineral untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium sehingga Si Kecil bisa lebih kuat. Selain dari sinar matahari pagi yang baik dan membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh, vitamin ini juga bisa ditemukan pada susu, ikan tuna, dan telur.

5. Vitamin E

Fungsi vitamin E yang baik untuk menjaga kulit orang dewasa juga sangat bagus diberikan kepada anak usia 1 tahun. Vitamin ini dapat meningkatkan sistem ketahanan tubuh, sehingga mampu melawan mikroorganisme yang menyebabkan penyakit. Sel-sel tubuh juga bisa bekerja sesuai fungsinya dengan baik. Aliran darah anak Anda juga menjadi lebih lancar. Vitamin E bisa didapat dengan memberikan Si Kecil kiwi, kacang almond, juga biji bunga matahari.


Pemberian Suplemen Tambahan

Selain dari sumber makanan di atas, beragam jenis vitamin juga bisa didapatkan dari suplemen tambahan. Tak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin, suplemen juga memiliki tujuan yang berbeda-beda, seperti untuk menambah nafsu makan.

Namun, beragam suplemen yang ada di pasaran saat ini belum tentu baik untuk Si Kecil. Sebab, suplemen yang berbentuk permen atau manisan tersebut mengandung gula yang tinggi. Hal ini bisa menjadi sesuatu yang disukai anak, karena rasa manisnya yang enak bagi mereka.

Apabila hal ini terjadi dan membuat Si Kecil makan vitamin terlalu banyak, hal tersebut bisa membuatnya overdosis hingga menyebabkan sakit. Jika anak Anda sudah bisa diajak berdiskusi, sebaiknya jelaskan padanya hanya boleh makan suplemen satu kali saja, yaitu saat Moms memberikannya.

Sebelum memberikan suplemen, Anda pun perlu mengetahui kebutuhan vitamin apa yang hendak diberikan untuk Si Kecil. Sebab, meski baik untuk tubuh, kelebihan vitamin yang sebenarnya bisa diproduksi oleh tubuh sendiri dapat berdampak pada tubuh anak Anda. Jadi, biasakan untuk memilih vitamin yang terbaik untuk anak ya, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak 1 tahun,   vitamin,   suplemen










Cover Mei-Juni-Juli 2020