Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 20 Maret 2019 / Redaksi

Pengaruh Musik terhadap Tumbuh Kembang Bayi

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi, memberikan makanan kaya nutrisi saja tidak cukup, Moms. Orang tua juga perlu memberikan stimulasi untuk mengembangkan berbagai kecerdasan anak. Salah satu bentuk stimulasi yang mudah dan menyenangkan adalah memperdengarkan musik untuk bayi. Aktivitas yang satu ini tak hanya seru, tetapi juga memberikan banyak manfaat untuk bayi lho, Moms.

Mengerti akan pentingnya musik bagi tumbuh kembang bayi, Playgro Indonesia mengadakan talk show bersama pakar, dengan tajuk “Pengaruh Musik terhadap Tumbuh Kembang Bayi” yang diadakan pada Sabtu, 16 Maret 2019 kemarin. Acara ini menghadirkan Fania Kusharyani, M.Psi, psikolog, sang pakar psikologi anak dari Tiga Generasi. Hadir juga Ui Birowo, co-founder Tiga Generasi. Acara juga diramaikan dengan kehadiran beberapa Moms dari komunitas Cerita Ibu Cerdas  dan Playgro Brand Representatives.




Sementara para Moms mengikuti talkshow, para babies bisa bermain di playground yang dilengkapi dengan berbagai pilihan mainan dari Playgro. Juga ada tim Playgro yang menemani para babies di playground. Dijamin seru dan aman deh, Moms!

Acara yang dipandu oleh Mesty Hanita ini berlangsung seru dan penuh informasi penting. “Berdekatan dengan Hari Musik Nasional yang jatuh setiap tanggal 8 Maret, maka kami rasa talk show bertema manfaat musik untuk anak ini sangat penting untuk diadakan. Tujuannya tentu untuk berbagi informasi dengan para orang tua, agar lebih mengetahui manfaat musik untuk anak, dan agar anak-anak juga lebih mengenal dan mencintai musik,” papar Adellia Debyane Lontoh, Marketing Communication Playgro Indonesia.


Untuk itu, Fania dan Ui memberikan penjelasan tentang pentingnya memperdengarkan musik pada anak sejak dini. “Memberikan musik untuk anak sudah bisa dilakukan sejak ia masih di dalam kandungan. Ada penelitian yang mengatakan kalau janin sering mendengarkan musik, maka saat lahir mereka akan lebih mudah ditenangkan jika mendengar lagu yang sama,” ujar Fania.

Apalagi ya info penting yang disampaikan Fania dan Ui di talk show ini? Berikut rangkumannya:


1. Stimulasi disesuaikan dengan perkembangan anak

Misalnya mereka di usia sensori motor (usia 0-1 tahun) itu berarti sensorinya yang harus kita stimulasi. Karena kita memberikan stimulasi motor tersebut, otak mereka akan berkembang dengan baik. Jadi di 1 tahun pertama kehidupan anak, sangat penting untuk menstimulasi dengan mendengarkan musik, misalnya. Moms bisa memberikan berbagai mainan musik yang aman untuk bayi.


2. Mainan musik mengembangkan motorik halus anak

Contoh saja rattle atau yang sering disebut dengan kicrikan, anak harus menggenggam rattle ini untuk memainkannya. Aktivitas itu juga membuat anak belajar sebab akibat, ketika ia menggerakkan rattle, maka rattle akan mengeluarkan bunyi.




3. Musik bisa mempererat bonding ibu dan anak

Tidak hanya seru, musik juga mempererat bonding ibu dan anak. Musik membantu membentuk secure attachment antara ibu dan anak, terutama di 1 tahun pertama kehidupan anak


4. Tidak ada batasan waktu mendengarkan musik, tapi…

Berapa lama bayi boleh mendengarkan musik? Menurut Fania, sebenarnya tidak ada batasan waktu, namun ingat, bayi juga perlu mendapatkan stimulasi lainnya, bukan stimulasi musik saja. Ibu tetap perlu mengajaknya ngobrol, bermain, dan aktivitas lainnya yang bisa mengembangkan berbagai kecerdasan anak.


5. Musik untuk janin

Fania sangat menyarankan untuk memperdengarkan musik sejak anak masih di dalam kandungan. Namun ini tetap ada aturannya, Moms. Menurut Fania, mendengarkan musik ke perut ibu hamil itu sebaiknya maksimal 1 jam saja per hari. Volumenya pun harus diperhatikan, jangan sampai lebih dari 65 desibel ya, karena janin pun bisa merasa bising. Jangan dekatkan speaker ke perut ibu hamil juga ya, Moms!


Masih banyak lagi informasi menarik yang disampaikan di talk show persembahan Playgro ini. Tak heran saat sesi tanya jawab berlangsung, para narasumber langsung diberondong pertanyaan dari para Moms yang hadir. Setelah sesi tanya jawab, tibalah sesi yang paling dinanti, yaitu games seru dengan hadiah-hadiah menarik.


Begitu banyak ilmu, keseruan, dan hadiah yang dibagikan di acara ini. Bagi Moms yang belum berkesempatan hadir, nantikan talk show seru berikutnya, ya. Sampai jumpa, Moms! (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Playgro Indonesia)

 

 


RELATED ARTICLE

8 Rekomendasi Mainan untuk Bayi usia 5 Bulan

Perlukan Bayi Distimulasi Berjalan dengan Dititah?

Ini yang Bisa Dilakukan Bayi saat Usianya 1 Tahun (2)

OTHER ARTICLES

Tips Memilih dan Mengonsumsi Susu UHT yang Aman

Ini Alasan Bayi Baru Lahir Jangan Langsung Dimandikan

Rekomendasi 4 Area Glamping untuk Keluarga

5 Pelajaran Penting untuk Mendidik Anak Usia 3 Tahun

Bulu-Bulu Halus pada Tubuh Bayi Baru Lahir, Apa Itu?