Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 20 Maret 2019 / Redaksi

Moms Ini Perkembangan Kepala Bayi yang Perlu Anda Tahu

Mengamati perkembangan buah hati Anda yang menggemaskan benar-benar sebuah pengalaman yang menakjubkan ya, Moms. Termasuk juga di dalamnya adalah perkembangan kepalanya Nah, Moms, berikut ini perkembangan kepala bayi sesuai tahapan usianya yang perlu Anda ketahui.


0-6 Bulan

Jangan kaget Moms, saat bayi Anda lahir, Anda mungkin akan melihat bentuk kepalanya seperti agak lonjong dan tidak bulat sempurna. Ini terjadi karena tengkorak kepala Si Kecil yang terdiri dari tulang lunak terhimpit di jalan lahir saat ia dilahirkan. Hal ini normal kok, Moms. Dan setelah beberapa minggu tinggal di luar rahim, kepala bayi Anda akan membulat dengan sendirinya.



Saat ini, otot-otot leher bayi Anda belum terbangun. Jadi Anda perlu mendukung kepala Si Kecil saat memeluk atau menggendongnya. Tenang saja, otot-ototnya tersebut semakin lama akan semakin kuat, dan di usia 3-4 bulan, bayi Anda akan sudah bisa mengontrol kepalanya sendiri.


6-12 Bulan

Pada saat ini, bayi Anda yang imut dan pintar sudah dapat menahan kepalanya lebih tegak tanpa bergetar. Lihat saja bagaimana ia menolehkan kepalanya saat Anda memanggil namanya atau menjauhkan kepalanya saat Anda hendak menyuapi makanan yang tidak disukainya.

Otot-otot pengontrol bayi Anda juga mulai berkembang, jadi sekarang ia sudah mulai mengembangkan sejumlah kemampuan baru, seperti duduk sendiri. Letakkan bantal-bantal kecil di sekelilingnya untuk mendukungnya. Si Kecil juga suka menegakkan kepalanya dan melihat berkeliling untuk mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya.




12-18 Bulan

Kemampuan bayi Anda untuk mengontrol otot kepala dan lehernya sekrang telah sempurna. Anda mungkin memerhatikan proporsi kepala dan tubuh bayi Anda saat ini belum seimbang. Kepalanya kelihatan lebih besar daripada tubuhnya.

Walaupun dada, lengan dan kakinya telah menguat, keseimbangan Si Kecil masih dipengaruhi oleh kepalanya yang masih lebih besar daripada anggota tubuh yang lain. Oleh sebab itu, Si Kecil butuh sedikit waktu untuk menyempurnakan kemampuan berjalannya.


18 Bulan ke Atas

Di usia ini, bagian lunak kepala bayi atau fontanella akan menghilang dan tulang di tengkoraknya pun akan menyatu. Saat lahir, otak Si Kecil hanya sepertiga dari ukuran otak yang sebenarnya, dan kini otak Si Kecil telah tumbuh sekitar 70 persen dari ukuran orang dewasa.

Berikan Si Kecil banyak stimulasi, seperti permainan yang mengasyikkan untuk membantu Si Kecil meraih potensi yang optimal ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

8 Rekomendasi Mainan untuk Bayi usia 5 Bulan

Perlukan Bayi Distimulasi Berjalan dengan Dititah?

Ini yang Bisa Dilakukan Bayi saat Usianya 1 Tahun (2)

OTHER ARTICLES

Bulu-Bulu Halus pada Tubuh Bayi Baru Lahir, Apa Itu?

Orang Dewasa Juga Wajib Vaksin! Ini 6 Jenis Utamanya

Yuk, Kenali Tahapan Perkembangan Emosi Anak, Moms!

Apa yang Harus Dilakukan saat ASI Tak Keluar?

Milia, Bintik Putih pada Wajah Bayi, Bahaya atau Tidak?