Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 19 Maret 2019 / Redaksi

8 Rekomendasi Mainan untuk Bayi usia 5 Bulan

Moms, memasuki usia 5 bulan, buah hati Anda sudah semakin interaktif, sehingga ia sudah semakin asyik untuk diajak bermain.

Di usianya yang ke-5 bulan, kemampuan motorik bayi juga sudah berkembang. Otot-otot tangan dan kakinya semakin kuat. Si Kecil pun semakin aktif menggunakan kedua tangan dan kakinya untuk mendorong atau menendang. Ia juga mampu menggeser, membalikkan, bahkan menggulingkan tubuhnya.

Si Kecil umumnya juga akan mencoba untuk bisa duduk sendiri dari posisi tengkurap dengan cara menopang tubuh dengan kedua tangannya.



Di usia ini, mainan sangat direkomendasikan untuk mengasah perkembangan kognitif dan juga motorik Si Kecil. Berikut beberapa rekomendasi mainan bayi untuk usia 5 bulan, Moms.


1. Crib Toys

Mainan ini umumnya jadi yang pertama dibeli oleh orang tua untuk anak mereka. Mainan yang digantungkan di atas boks bayi ini berguna untuk melatih stimulasi visual pada bayi dan mengasah koordinasi mata dan tangannya. Pilih mainan jenis ini dengan aneka warna cerah serta memiliki musik yang lembut ya, Moms.


2. Mainan Pop-up

Mainan berupa boneka yang bisa mencelat keluar (pop-up) ini bisa memberi efek kejutan menyenangkan buat Si Kecil karena mengeluarkan suara dan benda. Selain itu, mainan ini juga bisa membuat bayi belajar mengenal konsep sebab-akibat dan konsep hilang-timbul.


3. Buku Kain

Si Kecil juga sudah bisa diperkenalkan pada buku lho, Moms. Pilihlah buku yang materialnya terbuat dari kain dan anti robek. Anda juga bisa membeli buku sensori yang setiap halamannya berisi berbagai macam bentuk, warna, serta tekstur untuk menstimulasi bayi. Hindari buku yang berbahan kertas, karena selain mudah robek, serpihan kertas berisiko tertelan oleh Si Kecil.




4. Boneka

Boneka yang lembut dan dapat dipegang atau dipeluk bisa jadi pilihan mainan yang menyenangkan untuk Si Kecil. Namun, Moms perlu pastikan agar boneka yang ia mainkan tidak memiliki bagian-bagian yang kecil karena berisiko tertelan Si Kecil, tali atau benang, serta bagian atau material yang tajam yang bisa membahayakan keamanannya. Pilih juga boneka yang ukurannya tidak terlalu besar agar Si Kecil nyaman memainkannya.


5. Alat Musik

Semua mainan yang bisa mengeluarkan bunyi pasti akan menarik hati Si Kecil. Mainan alat musik juga bisa membantu melatih motorik bayi dengan cara dipukul atau dipencet sehingga menghasilkan bunyi. Si Kecil pun akan bisa belajar mengenali sumber bunyi dari mainan ini.


6. Teether

Selain berfungsi sebagai mainan, teether juga bisa membantu mengatasi rasa tidak nyaman bayi saat ia mengalami tumbuh gigi dan merangsang pertumbuhan giginya. Namun, pastikan juga Anda sudah mencuci dan membersihkan mainan ini dengan seksama sebelum memberikannya pada si kecil ya, Moms.


7. Bola

Bola menjadi mainan yang sangat menarik bagi bayi usia 5 bulan. Moms juga bisa menggunakan bola untuk melatih motorik kasar Si Kecil. Caranya, taruh bola agak jauh dari jangkauan bayi sehingga ia akan bergerak dan berusaha meraihnya. Setelah itu, minta ia melempar bola tersebut, Moms. Yang perlu diingat, beli bola yang sesuai ukurannya, tidak terlalu besar ataupun tidak juga terlalu kecil.


8. Mainan Pencet

Mainan yang mengeluarkan bunyi atau musik saat dipencet ini umumnya terbuat dari bahan plastik atau karet dengan bentuk yang beragam. Mainan ini berguna untuk merangsang motorik anak dan kognitifnya. Ia akan belajar bahwa dengan memencet akan membuat mainan tersebut mengeluarkan bunyi atau musik. Moms juga bisa mengajarkan Si Kecil bertepuk tangan saat musiknya berbunyi. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Perlukan Bayi Distimulasi Berjalan dengan Dititah?

Ini yang Bisa Dilakukan Bayi saat Usianya 1 Tahun (2)

Apakah Susu Formula Membuat Anak Sangat Aktif?

OTHER ARTICLES

Trik Cerdas Memilih Aksesori Rambut untuk Anak

Cara Mudah dan Murah Belanja Produk Kesehatan

Kenali Polyhidramnios, Penumpukan Air Ketuban

5 Tips Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Trik Memilih Nama untuk Bayi Anda