Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 16 Maret 2019 / Redaksi

Ini yang Bisa Dilakukan Bayi saat Usianya 1 Tahun (2)

Usia 1 tahun adalah masa penting peralihan dari bayi menuju balita. Si Kecil mungkin bukan lagi bayi manis yang aktivitasnya hanya tidur saja. Ia akan menjadi bayi yang aktif bergerak dan juga ingin tahu mengenai banyak hal, karena otak Si Kecil sudah sangat berkembang pesat di usia ini.

Kemampuan motorik halus dan kasar Si Kecil pun semakin terlihat. Semua panca inderanya pun berkembang dengan luar biasa. Ia akan mempelajari banyak hal, jika mendapat stimulasi tepat dari lingkungan sekitarnya. Dan berikut ini yang akan bisa ia lakukan di usia 1 tahunnya, Moms.




Ahli Sains Cilik

• Si Kecil tidak akan ragu untuk melakukan percobaan-percobaan fisika. Ia akan rajin membanting, memukul, melempar, atau mengguncang benda-benda yang dipegangnya. Jangan hambat ‘percobaannya’ itu dengan melarangnya melakukan ini dan itu.

• Terlihat senang jika menemukan benda-benda miliknya yang sengaja Anda sembunyikan.

• Melihat benda yang tepat saat nama itu disebutkan.

• Mengikuti gestur tubuh.

• Bisa memakai benda-benda sesuai dengan fungsinya. Misalnya, sisir untuk merapikan rambut, menelepon dengan telepon, atau memakai gelas untuk minum.

Sebaiknya Moms menyesuaikan lingkungan dengan kebutuhan Si Kecil dengan melakukan eksplorasi karena hal tersebut sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Misalnya, karena tahu semua anak usia 1 tahun akan membanting-banting semua benda, maka Anda bisa mengamankan benda-benda berbahaya dari lingkungan sekitar Si Kecil.

Gunakan bahan-bahan tahan banting untuk mainan dan wadah makan atau minum Si Kecil. Namun pastikan wadah plastik yang Anda pilih aman untuk anak, agar Si Kecil tidak keracunan plastik. Tentu saja, Moms tetap harus menjelaskan kepada Si Kecil bahwa ia boleh saja membanting benda-benda, tetapi Anda lebih suka benda-benda itu tidak dirusaknya. Ia mungkin akan mengganti metode penelitiannya dengan mengutak-atik benda-benda yang ditemukannya.


Si Penguji Emosi

• Si Kecil akan punya hobi baru, mengetes reaksi Anda. Ia akan melakukannya setiap saat, misalnya saat makan. Ia akan menantikan reaksi Anda dengan melakukan berbagai hal, mulai dari menutup rapat mulutnya, menyemburkan makanan, atau tidak sabar saat disuapi.



• Ia juga akan menguji Anda dengan bereaksi saat Anda meninggalkannya. Ia akan mencoba apakah Anda kasihan jika ia menangis atau senang saat ia diam saja ketika Anda pergi. Ia akan merekam reaksi Anda itu dan cenderung melakukan hal-hal tertentu berulang kali demi mendapatkan perhatian Anda.

• Ini adalah salah satu bukti tumbuh kembang emosi dan sosial si anak setahun. Ia mulai menunjukkan rasa malu dan tidak nyaman jika berdekatan dengan orang asing.

• Mulai menirukan gerakan atau mimik orang lain.

• Mulai menunjukkan rasa suka dan memilih mainan atau orang yang boleh mendekatinya. Ia akan punya kecenderungan untuk memilih Anda atau pengasuhnya di saat merasa tidak nyaman atau takut.

• Menunjukkan rasa takut atau jijik.

• Mengempeng jemarinya untuk menenangkan diri.

• Bisa mengangkat tangan dan kakinya saat dipakaikan pakaian. Itu adalah upaya kecilnya untuk menolong pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.

Ada masanya anak akan 'kecanduan' perhatian Anda, baik positif atau negatif. Ingat di usia ini, Si Kecil belum mengerti reaksi baik atau buruk, yang penting untuknya, ia mendapat perhatian. Jika Anda sering marah, ia akan menganggap untuk mendapat perhatian Anda, ia harus membuat Anda marah.

Jika reaksi positif Anda tertawa, ia akan mengulanginya lagi. Jadi tidak heran, ada anak yang selalu memancing amarah orang tuanya, sering bersikap baik, dan ada juga yang suka membanyol. Anak mana yang Anda inginkan? Bangun kepribadiannya sejak dini, ya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Ini yang Bisa Dilakukan Bayi saat Usianya 1 Tahun (1)

5 Kebiasaan ‘Aneh’ Bayi dan Penyebabnya

Perkembangan Emosi Bayi di 2 Tahun Awal Kehidupannya

OTHER ARTICLES

Air Ketuban bisa Berubah Warna, Apa Penyebabnya?

Tips Mengajak Anak Salat Tarawih di Masjid

Jika Ayah Cemburu Karena Anak Lebih Dekat dengan Ibu

10 Rekomendasi Krim Anti Ruam Popok Ampuh untuk Bayi

Kolaborasi Spesial Live-Action Aladdin dari Indonesia