Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 17 Maret 2019 / Redaksi

Apakah Susu Formula Membuat Anak Sangat Aktif?

T: Saya seorang ibu dan saat ini anak laki-laki saya berusia 1 tahun. Karena merasa ASI saya tidak bisa mencukupi kebutuhannya, saya memutuskan untuk mencampurnya dengan susu formula. Namun sejak ia mendapatkan susu formula, saya perhatikan ia menjadi jauh lebih aktif dan tidak bisa diam. Apakah benar konsumsi susu formula bisa memicu anak untuk menjadi hiperaktif?

J: Mom, sebenarnya tidak ada hubungannya antara pemberian susu formula dengan aktif atau tidaknya seorang anak. Anak yang berusia 1 tahun memang harus aktif, karena di saat itu, ia akan memperlihatkan beragam perkembangan, seperti mulai berjalan dan berinteraksi dengan lingkungan. Kemampuan motoriknya pun semakin berkembang sehingga ia mulai tidak betah lagi duduk diam. Apalagi jika ia sudah bisa berjalan, melompat dan berlari, ia akan terlihat jauh lebih aktif lagi, seolah memiliki energi yang tak ada habisnya.

Hal ini wajar dan baik lho, Mom. Sebagai orangtua, Anda pun harus menstimulasi dan menunjang keaktifan anak dengan ikut serta aktif bersama Si Kecil saat ia melakukan aktivitas.



Namun, karena di usia 1 tahun susu bukanlah nutrisi utama lagi untuk Si Kecil, hal yang harus Anda perhatikan adalah membatasi asupan susu sekitar 500-600ml setiap hari dan berikan makanan padat dengan gizi seimbang untuk Si Kecil.



(Dijawab oleh dr. Rouli Nababan, Sp.A, Kiddie Care Centre, Sunter, Jakarta Utara)

(M&B/Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Ini yang Bisa Dilakukan Bayi saat Usianya 1 Tahun (2)

Ini yang Bisa Dilakukan Bayi saat Usianya 1 Tahun (1)

5 Kebiasaan ‘Aneh’ Bayi dan Penyebabnya

OTHER ARTICLES

Kenapa Balita Tidak Bisa Diam? Ini Penjelasannya, Moms

Manfaat dan Fakta Memandikan Bayi yang Perlu Moms Tahu

Moms, Intip Potret Liburan Seru 7 Keluarga Seleb Ini!

Ini 10 Manfaat Jika Ayah Ikut Andil Mengasuh Anak

Menggendong Kala Hamil. Apa Risikonya?