Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Bayi Anda

Moms, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Bayi Anda

Nutrisi adalah faktor penting untuk meningkatkan kecerdasan anak. Tidak ada makanan khusus yang harus diberikan orang tua kepada bayinya agar ia pintar. Orang tua hanya cukup memberikan berimbang dan bervariasi.

“Namun tak seperti orang dewasa, makanan anak di bawah usia 1 tahun harus dihaluskan. Perlu diperhatikan juga jika anak alergi, makanan seperti ikan dan telur harus dihindari,” ujar dr. Ariani Dewi Widodo Sp.A.

Ada beberapa nutrisi penting yang harus Anda berikan pada Si Kecil di tahun pertamanya, yaitu:




1. ASI

Berikan ASI eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan, dan jika memungkinkan ASI bisa diberikan sampai Si Kecil berusia 2 tahun karena baik untuk kekebalan tubuh anak. Menurut dr. Ariani, ASI sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan anak karena memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan.


2. Asam Folat

Tak hanya diberikan ketika bayi masih dalam kandungan, menurut dr. Ariani, asam folat juga perlu diberikan ketika bayi sudah lahir. Sayuran hijau seperti bayam, asparagus, kacang-kacangan, kuning telur, dan hati adalah contoh asupan yang kaya akan asam folat.




3. Zat Besi

Zat besi dibutuhkan bayi terutama ketika usia mereka menginjak 6 bulan. Kekurangan zat besi pada bayi bisa menyebabkan Si Kecil mudah lelah, sulit berkonsentrasi, serta gangguan kognitif. Dr. Ariani menyarankan untuk memberikan banyak sayuran untuk bayi Anda. Jika Si Kecil sudah berusia lebih dari 7 bulan, Anda bisa memberikan daging merah yang tinggi zat besi, dengan cara dihaluskan, 1-2 kali seminggu. Selain itu, pemberian zat besi juga sebaiknya dibarengi dengan konsumsi vitamin C, karena vitamin ini sangat baik untuk membantu tubuh menyerap zat besi.


4. Vitamin

Bayi masih membutuhkan semua jenis vitamin untuk mendukung pertumbuhannya, seperti vitamin A dan B yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan mata dan tulang bayi. Vitamin B bisa ditemukan dalam kacang-kacangan, sementara vitamin A bisa diperoleh dari tomat, wortel, kuning telur, dan hati.

“Sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan vitamin anak, cukup beri makanan dengan gizi seimbang. Dengan sendirinya vitamin akan tercukupi,” jelas dr. Ariani.


5. Omega 3

Ikan dipercaya sangat baik untuk pertumbuhan bayi karena mengandung zat omega 3 yang baik untuk perkembangan otak. Berikan Si Kecil jenis ikan yang mengandung tinggi omega 3 seperti jenis ikan salmon. Namun perhatikan pula reaksi alergi yang muncul pada anak. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   nutrisi,   nutrisi untuk anak,   nutrisi untuk bayi








Cover Maret 2020