Mother&Baby Indonesia
9 Makanan Padat Terbaik untuk Bayi 6-12 Bulan

9 Makanan Padat Terbaik untuk Bayi 6-12 Bulan

Memasuki usia 6 bulan, Si Kecil harus diberikan MPASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Apa saja jenis makanan yang tepat baginya?

Pada usia 6 bulan, Si Kecil akan semakin lincah dan aktif bergerak. Karenanya, ASI saja tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan energinya. Di usia ini, perkembangan sistem pencernaan Si Kecil pun semakin baik, ia sudah dapat mengonsumsi makanan padat secara bertahap.

Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, pemberian MPASI juga akan menstimulasi kemampuan oromotor dan mengenalkannya pada warna serta tekstur makan yang berbeda-beda. Inilah 9 makanan padat terbaik dengan nutrisi tepat dan lezat untuk Si Kecil.




1. Sereal Beras Merah

Menurut Dr. Alan Greene, dokter anak dari Stanford University, pemberian sereal beras merah sangat dianjurkan bagi anak yang baru mulai mengonsumsi MPASI. Kandungan vitamin B kompleks, kalsium, dan serat di dalamnya sangat penting bagi pertumbuhan serta perkembangan Si Kecil. Sereal juga merupakan kebutuhan hariannya. Penyajian sereal sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurnya dengan ASI atau susu, air hangat, bahkan yoghurt.


2. Buncis

Walau Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan tidak terbukti memperkenalkan sayuran terlebih dahulu pada bayi bisa membuatnya lebih suka makan sayur kelak, namun tidak ada salahnya mengenalkan sayuran untuk MPASI perdana anak. 

Buncis adalah pilihan yang tepat untuk anak. Rasanya yang manis dan lezat pasti akan disukai oleh Si Kecil. Sayuran yang satu ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.


3. Alpukat

Hampir semua nutrisi penting terdapat dalam buah yang satu ini. Alpukat mampu memenuhi 8 persen kebutuhan harian asam folat, 4 persen kebutuhan serat, kalium, dan vitamin E, serta 2 persen kebutuhan zat besi. Alpukat juga mengandung karotenoid dan beta-karoten yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf pusat, serta otak Si Kecil. Kandungan lemak baiknya juga berguna bagi pertumbuhan Si Kecil.


4. Applesauce

Jika bayi Anda sudah berusia di atas 8 bulan, maka Anda dapat mencampur applesauce dengan sereal atau kayu manis untuk memperkaya rasa. Applesauce mengandung banyak zat gizi penting untuk tumbuh kembang anak, seperti vitamin A dan C, kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium.




5. Pisang

Cara penyajiannya yang sangat mudah, cukup kupas kulit pisang, keruk daging buahnya, dan Anda bisa langsung memberikannya pada Si Kecil. Anda juga bisa mengolahnya menjadi puree dengan memotong pisang dan menambahkan perasan jeruk untuk memberi rasa segar, serta memperlambat perubahan warnanya. Lalu masukkan dalam blender, tambahkan ASI atau susu formula, dan haluskan. Pisang mengandung banyak nutrisi, di antaranya kalium, fosfor, vitamin A, dan asam folat.


6. Ubi Jalar

Rasa ubi jalar yang manis membuatnya jadi favorit Si Kecil. Anda dapat mengolahnya menjadi puree atau memanggangnya dan dicampur dengan yoghurt. Ubi jalar sangat baik bagi Si Kecil, karena mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Selain itu, ubi jalar juga kaya akan vitamin D yang baik untuk gigi dan tulang, mengandung zat besi, serta memiliki kalori tinggi.


7. Blueberry

Cuci blueberry, steam, dan jadikan puree yang disukai Si Kecil. Anda juga bisa menambahkan yoghurt agar rasanya menjadi lebih lezat. Blueberry merupakan buah dengan antioksidan yang tinggi dan baik untuk meningkatkan fungsi otak. Seiring pertambahan usia Si Kecil, Anda bisa memberikan blueberry utuh kepadanya dan biarkan ia menikmati buah tersebut menggunakan tangan-tangan kecilnya. Hal ini pun akan melatih motorik dan kemampuan koordinasinya.


8. Oatmeal

Pada usia 7 bulan, Anda sudah bisa memberikan oatmeal kepada Si Kecil. Oatmeal merupakan sumber karbohidrat dan kaya akan serat fitokemikal, vitamin, mineral, protein yang baik untuk kesehatan. Kandungan serat di dalamnya dapat mencegah sembelit yang mungkin menyerang Si Kecil. Penyajiannya mudah, cukup rebus gandum dengan sedikit air hingga lembut dan tambahkan susu atau buah agar lebih lezat.


9. Wortel

Wortel memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh. Vitamin A yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk penglihatan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, wortel mampu melegakan pernapasan dan dapat mencegah terjadinya asma pada Si Kecil. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: mpasi,   makanan,   bayi,   nutrisi,   buah,   sayuran








Cover Januari - Februari 2020